Sat. Jun 15th, 2024

Cara Mengompres Video dan Mengurangi Ukuran File – Perlu mengompres video? Inilah cara Anda mengurangi ukuran video di sistem operasi apa pun.

Cara Mengompres Video dan Mengurangi Ukuran File

freearc – Apakah video Anda terlalu besar? Lebih sering daripada tidak, itulah yang terjadi akhir-akhir ini. Untungnya, ada berbagai alat dan metode yang dapat Anda gunakan untuk mengompresi video dan memperkecil ukuran file video.

Di sini kami menunjukkan cara mengompres video di Windows, Mac, iPhone, dan Android.

Baca Juga : Cara Mengompres Video di iPhone dalam Waktu Kurang dari 10 Menit

Cara Mengompres Video di Windows

Anda tidak perlu tahu cara kerja kompresi file untuk mengompres video di Windows 10. Ada beberapa cara untuk mengompres file video di Windows. Inilah tiga cara tersebut.

1. Kompres Video dengan Meng-zip-nya

Arsip ZIP membantu Anda mengompres dan menggabungkan file Anda. Anda dapat membuat arsip file (seperti arsip ZIP atau 7Zip) untuk video Anda, yang merupakan cara terbaik untuk mengurangi ukuran video di Windows 10.

Inilah cara Anda melakukannya:

  • Untuk mengompres banyak video, letakkan semuanya dalam satu folder di PC Anda.
  • Buka folder itu, pilih semua video yang ingin Anda kompres, klik kanan pada salah satu video, dan pilih Kirim ke > Folder terkompresi (zip) .
  • Windows akan membuat arsip baru dan menyimpannya di folder yang sama dengan video Anda.
  • Ukuran arsip yang berisi video Anda ini akan jauh lebih kecil daripada ukuran video asli Anda. Ini berfungsi pada sebagian besar jenis file standar, seperti jika Anda ingin mengompres file MP4 di Windows 10.

Ingin melakukannya dengan satu video? Mulailah dari langkah 2 dalam daftar di atas, menggunakan satu video yang ingin Anda kompres.

2. Kompres Ukuran Video Anda Lebih Kecil Menggunakan Editor Video Bawaan

Windows memiliki editor video terintegrasi, yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi ukuran video di Windows 10. Ada beberapa opsi untuk mengompres video di aplikasi ini. Inilah cara Anda menggunakannya:

  • Cari Video editor menggunakan Start Menu dan pilih Best Match.
  • Klik tanda + (plus) pada kartu proyek video baru untuk membuat proyek baru.
  • Klik Tambah dan tambahkan video yang ingin Anda kompres.
  • Klik kanan pada video Anda dan pilih Place in the storyboard .
  • Klik Selesaikan video di pojok kanan atas.
  • Pilih opsi dari menu tarik-turun Kualitas Video untuk mengompres video Anda. Berikut cara menurunkan
  • kualitas video; semakin rendah resolusi yang Anda pilih, semakin kecil video yang dihasilkan. Lalu, tekan Ekspor .

Perhatikan bahwa memilih ukuran resolusi kecil dapat menurunkan kualitas video Anda. Jika Anda ingin tahu cara menurunkan kualitas video, ini adalah cara yang bagus untuk melakukannya. Anda mungkin harus bermain-main dengan pengaturan kompresi video untuk menemukan titik manis antara kualitas dan ukuran file.

3. Kurangi Ukuran File Video Menggunakan VLC Media Player

Pemutar media VLC bukan hanya aplikasi pemutar media. Ini lebih dari itu. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk menyandikan video Anda menggunakan berbagai codec, dan ini akan membantu Anda mengompres video di Windows 10. Anda juga dapat mengurangi ukuran file video di Windows 10 dengan cara ini.

Inilah cara Anda menggunakan VLC sebagai alat kompresi:

  • Buka VLC, klik menu Media di bagian atas, dan pilih Convert/Save .
  • Klik tombol Tambah , tambahkan file video Anda, dan tekan Konversi/Simpan di bagian bawah.
  • Menu tarik-turun Profil adalah yang memungkinkan Anda mengompres file video Anda. Klik menu ini, pilih profil yang paling sesuai dengan perangkat tempat Anda akan memutar video ini, pilih tujuan, dan klik Mulai di bagian bawah.
  • Jika Anda ingin mengubah resolusi video atau menentukan setelan lainnya, Anda dapat melakukannya dengan mengeklik ikon kunci pas di sebelah menu tarik-turun Profil .

Jika Anda ingin tahu cara mengompres file MP4 di Windows 10, ini adalah cara yang bagus untuk melakukannya karena VLC secara native mendukung banyak jenis file yang berbeda.

Cara Mengecilkan Video di Mac

Ada metode internal dan eksternal untuk mengurangi ukuran file video di Mac Anda. Jika Anda menginginkan opsi yang lebih sederhana, metode bawaannya sangat bagus. Untuk lebih banyak fleksibilitas dan penyesuaian, gunakan metode eksternal.

Anda dapat menggunakan kedua metode tersebut sebagai berikut.

1. Buat Video Lebih Kecil Menggunakan QuickTime Player

QuickTime Player adalah aplikasi pemutar media, tetapi jika Anda tahu cara menurunkan kualitas video dalam program ini, Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan video dalam resolusi yang lebih rendah. Ini memungkinkan Anda membuat salinan video Anda yang jauh lebih kecil daripada file video aslinya. Seperti bentuk kompresi lainnya, Anda mungkin mengalami penurunan kualitas pada file video keluaran.

Inilah cara Anda melakukannya:

  • Buka video Anda di QuickTime Player.
  • Klik File di bagian atas, pilih Export As , dan pilih resolusi untuk video Anda.
  • Pilih folder untuk menyimpan video Anda dan tekan Save .

2. Gunakan HandBrake untuk Mengompres Video

QuickTime Player tidak memiliki banyak opsi untuk menyesuaikan tugas kompresi file Anda. Jika Anda mencari lebih banyak opsi tentang cara mengompresi video, alat seperti HandBrake dapat membantu Anda.

HandBrake adalah aplikasi sumber terbuka dan gratis yang memungkinkan Anda mengonversi dan menyandikan video menggunakan berbagai codec. Ini memiliki banyak opsi yang dapat disesuaikan, dan ini memungkinkan Anda menghasilkan file terkompresi persis seperti yang Anda inginkan.

Anda dapat menggunakan HandBrake sebagai berikut untuk mengompres video Anda:

  • Luncurkan HandBrake, klik Open Source, dan muat file video yang ingin Anda kompres.
  • Klik menu Preset dan pilih salah satu dari sekian banyak preset untuk mengompres file Anda. Sebagian besar opsi sudah cukup jelas, jadi Anda seharusnya tidak memiliki masalah.
  • Sesuaikan opsi lain yang Anda inginkan.
  • Saat Anda siap, klik Mulai untuk mulai mengompresi video Anda.

HandBrake adalah alat yang sangat baik untuk macOS, tetapi juga tersedia untuk pengguna Windows.

Cara Mengurangi Ukuran File Video di iPhone

Anda tidak perlu mentransfer video iPhone Anda ke komputer untuk mengompresnya. Ada aplikasi di iOS App Store resmi yang memungkinkan Anda mengompres video langsung di perangkat iOS Anda.

Video Compress adalah salah satu aplikasi yang memungkinkan Anda mengurangi ukuran video Anda. Cukup muat video Anda di aplikasi, pilih opsi yang sesuai, dan dapatkan versi video yang diperkecil.

Berikut cara mengompres video di iPhone Anda:

  • Luncurkan aplikasi dan ketuk ikon merah di tengah layar. Kemudian, izinkan aplikasi untuk mengakses konten ponsel Anda.
  • Ketuk salah satu video di galeri Anda yang ingin Anda konversi. Kemudian, ketuk tanda centang di bagian atas.
  • Pada layar berikut, seret penggeser untuk menentukan rasio kompresi untuk video Anda. Menyeret penggeser ke kiri akan mengurangi ukuran file video, tetapi ini akan memengaruhi kualitas video. Jaga keseimbangan, lalu ketuk ikon di pojok kanan atas.
  • Biarkan video Anda dikompres, lalu ketuk Simpan untuk menyimpannya ke aplikasi Foto.

Cara Mengompres Video di Perangkat Android

Perangkat Android juga memiliki beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan jika Anda tahu cara mengompres video. Salah satu aplikasi ini adalah Video Compress.

Gunakan aplikasi ini sebagai berikut untuk mengompres video langsung di perangkat Android Anda:

  • Buka aplikasi dan izinkan untuk mengakses file Anda.
  • Ketuk video yang ingin Anda perkecil ukurannya dan pilih Compress Video .
  • Layar berikut menampilkan berbagai opsi kompresi. Ketuk yang Anda setujui, dan aplikasi akan memulai proses kompresi.
  • Gunakan tab Kustom di bagian atas untuk mengonfigurasi pengaturan untuk proses tersebut.

By arcfree