Sat. Jun 15th, 2024

Cara Menggunakan Kompresor MP4 Secara Efektif – MP4 adalah salah satu format terpopuler saat ini, didukung di PC, Mac, dan perangkat seluler. Namun masih ada satu masalah yang mungkin Anda temui ukuran file. Sudah diketahui umum bahwa video definisi tinggi dan berkualitas tinggi dapat menghabiskan banyak ruang disk.

Cara Menggunakan Kompresor MP4 Secara Efektif

freearc – Jika video ini disimpan di komputer Anda, Anda dapat memindahkannya ke perangkat penyimpanan eksternal, tetapi itu tidak akan berfungsi untuk perangkat seluler. Jadi, apakah ada cara untuk menyimpan film favorit Anda tanpa menghabiskan semua ruang penyimpanan Anda? Jawabannya sederhana: kompres video dengan konverter video !

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda mungkin perlu mengompres file MP4 Anda.

Cara menggunakan kompresor MP4

Secara umum, ada tiga cara untuk mengompres MP4. Anda dapat mengubah kecepatan kompresi MP4, mengonversinya ke format yang lebih ringan, atau memotong bagian yang tidak diperlukan. Di bawah ini, kami akan menjelaskan cara melakukannya menggunakan Movavi Video Converter. Untuk mencoba tutorial di bawah ini, unduh file penginstalan untuk OS Anda, jalankan, dan luncurkan kompresor MP4 saat penginstalan selesai.

Baca Juga : Cara Mengompres Video dan Mengurangi Ukuran File

Opsi 1. Kompres file MP4 dengan mengubah tingkat kompresi

Cara pertama untuk mengompresi video MP4 adalah dengan mengatur tingkat kompresi yang lebih tinggi. Kerugian utama dari metode ini adalah semakin banyak pengurangan yang Anda dapatkan, semakin buruk kualitas videonya. Kami sangat menyarankan untuk menggunakannya hanya jika Anda membutuhkan penurunan kecil, misalnya hingga 10% dari ukuran aslinya. Jika tidak, Anda berisiko mendapatkan video yang sangat buram.

Untuk mengompres video MP4 dengan cara ini, seret dan jatuhkan video ke jendela program. Kemudian, di tab Video , klik MP4 dan pilih preset MP4 H.264 – Original Size .

Sekarang, klik perkiraan ukuran keluaran dalam daftar file yang ditambahkan. Di jendela pop-up, atur nilai ukuran keluaran yang diinginkan menggunakan penggeser Ukuran file . Dengan mengklik Convert sample , Anda dapat melihat apakah file yang dihasilkan masih terlihat cukup bagus. Terakhir, klik Konversi . Program akan menyimpan file menyusut ke folder “Movavi Library”.

Opsi 2. Kompres video MP4 dengan menurunkan resolusi video

Terkadang alasan file MP4 Anda begitu besar adalah karena resolusinya. Jika Anda memiliki film dalam 4K yang disimpan di ponsel cerdas Anda, film tersebut menghabiskan terlalu banyak ruang tanpa memberi Anda manfaat untuk menontonnya di monitor 4K. Jadi, untuk mengecilkan MP4, Anda dapat memperkecil resolusinya. Kelemahannya adalah jika Anda memilih resolusi yang terlalu kecil untuk layar, Anda akan kehilangan kualitas. Pastikan untuk memeriksa resolusi yang didukung perangkat Anda sebelum melakukan perampingan dan memilih parameter yang paling sesuai. Jika Anda ingin mencoba opsi ini, berikut cara mengompres MP4 dengan mengubah resolusi video.

Sekali lagi, buka file video dengan Movavi Video Converter. Buka tab Video dan buka daftar preset MP4 . Pilih preset dengan resolusi lebih kecil dari video aslinya tetapi tetap sesuai dengan perangkat Anda (misalnya jika videonya Full HD (1080p), Anda dapat memilih HD (720p). Jika Anda ingin menonton video di perangkat tertentu (seperti ponsel cerdas atau tablet Android, iPhone, iPad, PSP, atau bahkan TV), Anda dapat memeriksa tab Perangkat untuk prasetel yang dirancang khusus untuk gadget Anda. Sekarang, klik Konversi . Setelah proses selesai, periksa keluar file di folder target.

Opsi 3. Kecilkan MP4 dengan memangkas rekaman

Opsi ini paling baik untuk kasus ketika Anda perlu mengirim video ke seseorang. Dengan memangkas kelebihan atau memisahkan video menjadi beberapa bagian, Anda dapat menggunakan messenger atau email untuk mengirimkannya. Anda juga dapat memotong kredit lama dari film jika Anda perlu menghemat ruang di hard drive Anda.

Tambahkan video ke Movavi Video Converter, pilih format keluaran, dan klik Edit di sebelah kanan video dalam program. Di jendela yang terbuka, atur penanda ke tempat yang ingin Anda potong. Untuk lebih tepatnya, perbesar garis waktu dengan penggeser Skala . Saat penanda tepat berada di tempat Anda ingin membuat potongan, klik ikon Gunting di sebelah penanda. Ulangi ini sebanyak yang Anda butuhkan. Anda dapat menghapus bagian yang tidak diinginkan atau menyimpan setiap segmen sebagai file video terpisah. Untuk menghapus potongan, klik ikon Tempat Sampah di sebelahnya. Untuk menyimpan setiap bagian secara terpisah, di bagian Simpan segmen, pilih Sebagai file terpisah . Setelah semua pengeditan selesai, klik Simpan dan Tutup . Terakhir, klikKonversi .

Sekarang Anda mengetahui tiga cara mengompresi MP4 yang dijelaskan menggunakan Movavi Video Converter. Cara-cara ini harus bekerja untuk video beresolusi tinggi dan beresolusi rendah. Namun, misalkan video Anda memiliki resolusi Full HD 1080p atau lebih tinggi. Dalam hal ini, Anda dapat mengurangi ukuran MP4 dengan mengubah resolusinya menjadi lebih kecil (misalnya, HD 720p). Opsi ini berfungsi jika Anda ingin menonton video terkompresi di layar kecil, misalnya dari ponsel atau tablet kecil. Untuk melakukannya, buka video di program, dan di tab Video , klik MP4 dan pilih MP4 H.264 – HD 720p. Di bawah ini, Anda dapat melihat perkiraan ukuran file terkompresi setelah mengubah resolusi video dari Full HD 1080p menjadi HD 720p menggunakan Movavi Video Converter.

Cara kompres video MP4 ke ukuran lebih kecil secara online & gratis

Saat mencari kompresor video MP4, Anda dapat menemukan banyak opsi online. Tentu saja, memiliki berbagai perangkat lunak untuk dipilih itu bagus, tetapi Anda dapat dengan mudah tersesat di antara lusinan penyusutan MP4 yang semuanya terlihat sama dari kejauhan. Kami telah memeriksa tujuh kompresor video gratis dan online terbaik untuk video MP4, dan sekarang kami siap berbagi dengan Anda semua keuntungan dan kerugian dari setiap perangkat lunak.

1. Pengonversi Video Gratis Movavi

Movavi Free Video Converter adalah versi alternatif dari Movavi Video Converter. Perbedaan di antara keduanya adalah versi gratisnya tidak memiliki mode pengeditan video (yang sangat penting jika Anda ingin memotong sebagian video atau membagi video menjadi beberapa bagian) dan beberapa fitur lainnya. Namun, jika yang Anda inginkan hanyalah mengompres MP4 di Windows dan Mac dengan mengubah bitrate, format, atau resolusi, versi gratisnya akan berfungsi dengan baik.

Untuk mengompres MP4 dengan Movavi Video Converter versi gratis, Anda dapat mengikuti petunjuk di atas. Berikut rekap singkat cara menggunakan kompresor file MP4 gratis ini:

Unduh dan instal Movavi Free Video Converter dari halaman program:

  • Halaman web Movavi Free Video Converter
  • Seret dan lepas file Anda ke jendela program.
  • Pilih tab Video , buka pilihan preset MP4 , dan klik MP4 H.264 – Ukuran Asli .
  • Klik perkiraan ukuran file dan atur tingkat kompresi baru. Klik tombol Konversi sampel untuk melihat apakah kualitas yang dihasilkan cocok untuk Anda.
  • Tekan tombol Konversi . File terkompresi akan muncul di folder “Movavi Library”.

2. Pemutar media VLC

VLC adalah pemutar media sumber terbuka dan gratis yang terkenal. Jika Anda terbiasa menonton video menggunakannya, Anda akan senang mengetahui bahwa ada lebih dari sekadar memenuhi mata. Pemutar media VLC juga dapat berfungsi sebagai konverter video dan kompresor file MP4. Namun, antarmuka kompresi tidak intuitif. Tidak ada cara untuk mengetahui sebelumnya seperti apa file yang dihasilkan atau apakah akan lebih kecil dari aslinya. Menggunakannya mungkin memerlukan proses trial-and-error yang panjang. Juga, antarmuka Windows dan Mac berbeda, dan instruksi untuk yang satu tidak akan berfungsi untuk yang lain. Jika, terlepas dari semua ketidaknyamanannya, Anda memutuskan untuk mencoba perangkat lunak tersebut karena dapat mengompres secara gratis, berikut panduan perkiraan untuk membantu Anda memulai prosesnya:

Buka situs web resmi VLC untuk mengunduh file instalasi:

  • Situs web pemutar media VLC
  • Luncurkan file yang diunduh dan ikuti proses instalasi.
  • Dalam panduan ini, kami telah menggunakan perangkat lunak versi Windows. Jika Anda menggunakan Mac, panduan ini kemungkinan tidak akan berfungsi untuk Anda karena perbedaan antarmuka.
  • Luncurkan perangkat lunak, buka menu Media , dan klik Konversi/Simpan . Anda akan melihat jendela baru muncul.
  • Di tab File , klik Tambah dan cari file yang ingin Anda kompres. Kemudian klik tombol Konversi/Simpan .
  • Sekarang, Anda harus memilih profil untuk video Anda. Karena kita ingin video tetap sebagai MP4, mari pilih Video – H.264 + MP3 (MP4) .

Untuk mengatur parameter kompresi, klik ikon Kunci Inggris . Di jendela yang terbuka, buka tab Video codec . Setel bitrate pada nilai yang lebih rendah daripada yang dimiliki video saat ini. Sayangnya, perangkat lunak tidak memungkinkan Anda melihat bitrate video Anda saat ini; Anda harus menebaknya sendiri. Di sinilah letak trial-and-error dari proses. Anda mungkin harus mencoba bitrate yang berbeda untuk melihat mana yang bekerja paling baik. Saat bitrate disetel, klik Save .

Sekarang kita perlu mencari folder untuk menyimpan file. Klik Telusuri , temukan folder target yang diinginkan, dan, di bidang Nama file , masukkan nama untuk file yang akan datang, termasuk ekstensi “.mp4”. Jika Anda tidak memasukkan nama file dengan ekstensi, file yang dihasilkan mungkin akan gagal, sehingga Anda tidak dapat membukanya. Klik tombol Simpan lagi.

Ketika semuanya sudah diatur, klik Mulai . Aplikasi tidak akan menampilkan bilah kemajuan, tetapi perlu waktu untuk memproses seluruh file. Jadi, istirahatlah beberapa menit lalu kembali untuk memeriksa file keluaran.

3. Pembuat Film Windows

Windows Movie Maker adalah editor video ikonik untuk banyak pengguna Windows berpengalaman. Jika Anda telah menggunakan PC Windows sejak sebelum 2017, Anda mungkin masih menginstalnya. Namun, program ini tidak mungkin diperoleh pengguna lain melalui platform Microsoft resmi mana pun: Anda tidak dapat mengunduhnya dari situs web atau mendapatkannya dari Microsoft Store. Kami tidak menyarankan mencari melalui sumber lain untuk mendapatkan perangkat lunak karena apa yang disediakan situs web lain mungkin merupakan malware yang disamarkan sebagai Windows Movie Maker. Jadi, jika Anda belum menginstal program ini, silakan lewati perangkat lunak ini. Sekarang, mari kita lihat apa yang diperlukan untuk menggunakan Windows Movie Maker sebagai pengurang ukuran file MP4:

  • Luncurkan Windows Movie Maker.
  • Seret dan lepas file Anda ke jendela program.
  • Buka menu File , pilih Save movie , dan klik Create custom settings .

Di jendela pop-up, masukkan nama untuk preset mendatang. Sekarang, ubah properti file keluaran. Anda dapat mengubah tinggi dan panjang video (yang sama dengan mengubah resolusi) atau bitrate (artinya menurunkan kualitas). Tetapkan nilai yang diinginkan, pratinjau ukuran file yang akan datang, klik Simpan , pilih folder untuk menyimpan prasetel baru, dan klik Simpan lagi.

Tutup jendela dialog Create Custom Settings , klik File , arahkan kursor ke Save movie , dan klik pengaturan kustom yang baru saja Anda buat. Di jendela baru, pilih folder, nama, dan format untuk video keluaran. Klik Simpan .

4. Rem Tangan

HandBrake adalah perangkat lunak sumber terbuka untuk mengompresi video MP4 ke ukuran yang lebih kecil secara gratis. Dengan versi yang tersedia untuk Mac, Windows, dan Linux, perangkat lunak ini dapat diakses oleh hampir semua orang. Pengguna yang tidak terbiasa bekerja dengan freeware dan perangkat lunak sumber terbuka mungkin memiliki sedikit kesulitan belajar, karena tidak banyak dukungan pelanggan yang tersedia. Namun, jika Anda pandai memecahkan masalah dan menginginkan kompresor video MP4 gratis, ini mungkin pilihan yang baik untuk Anda. Cara mengompres file MP4 dengan HandBrake:

  • Unduh dan instal HandBrake di komputer Anda.
  • Unduh HandBrake.dll
  • Buka program dan klik Open Source di sudut kiri atas jendela.
  • Pilih file video Anda dan klik Buka .
  • Klik Telusuri untuk memilih di mana Anda ingin menyimpan file yang dikonversi.
  • Pilih Save As dan ketikkan nama yang Anda inginkan untuk MP4 terkompresi Anda. Klik Simpan .
  • Pilih File MP4 dari dropdown Format .
  • Pilih H.264 sebagai codec video Anda. Masukkan bitrate antara 5000 dan 10000. Ubah ukuran dan resolusi bingkai video sesuai keinginan.
  • Setelah Anda puas dengan semua pengaturan Anda, klik Mulai Enkode untuk mengompres file Anda.

5. Klideo

Clideo adalah aplikasi web yang memungkinkan Anda mengompres video MP4 ke ukuran yang lebih kecil secara online secara gratis dengan watermark. Ini menawarkan antarmuka yang mudah dan konversi yang mudah, tetapi video keluaran akan menyertakan tanda air. Namun, Anda dapat memilih untuk membayar layanan premium untuk menghapus tanda air. Cara mengompres file MP4 online dengan Clideo:

  • Buka situs web Clideo .
  • Klik tombol Pilih file untuk memilih file dari komputer Anda, atau Anda dapat memilih file dari Google Drive, Dropbox, atau URL dengan mengeklik panah bawah di samping tombol.
  • Setelah Anda memilih file Anda, kompresi akan dimulai secara otomatis.
  • Tunggu file Anda dikompresi, lalu pilih apakah Anda ingin mengunduhnya dengan tanda air atau membayar untuk menghapus tanda air.

Kesimpulan

Ada banyak cara online dan gratis untuk mengompresi video MP4. Umumnya, semuanya mengikuti salah satu dari empat metode untuk memperkecil ukuran video: menurunkan tingkat kompresi, resolusi, memotong bagian yang tidak perlu, atau mengubah format. Kami menyarankan Anda mendasarkan pilihan perangkat lunak pada tingkat pengalaman Anda dan jumlah waktu yang Anda miliki untuk tugas tersebut.

Jika Anda memiliki banyak waktu dan pandai memahami antarmuka baru dan opsi format, Anda bahkan dapat menangani aplikasi yang paling menuntut seperti VLC. Jika Anda seorang pemula dan ingin perangkat lunak membuat prosesnya lebih mudah dan lebih mudah dipahami, kami sarankan untuk mencoba Movavi Video Converter.

Program ini memiliki contoh konversi yang akan membantu Anda memeriksa kualitas video terkompresi. Dengan antarmuka pemotongan yang tepat, Anda dapat membagi video menjadi beberapa bagian atau memotong bagian yang tidak diperlukan. Dapatkan versi uji coba dan lihat apakah perangkat lunak tersebut cocok untuk Anda!

By arcfree