Sat. Jul 13th, 2024

3 Cara Mengompres File Besar – Pernahkah Anda mencoba mengirim file besar atau mengunduh video besar dari web? Anda pasti menemukan file terkompresi atau membutuhkan kompresor file untuk mengurangi ukuran file.

3 Cara Mengompres File Besar

freearc – Tidak apa-apa, Anda tidak sendirian. Sejak dahulu kala, para ilmuwan telah mencari cara terbaik untuk mengecilkan ukuran file dan folder serta mengirim file dengan aman dan cepat di web. Keingintahuan ini mengarah pada penemuan dua jenis kompresi yang berbeda kompresi lossless dan lossy.

Pada artikel ini, Anda akan mempelajari apa itu kompresi file, mengapa Anda membutuhkannya, dan 3 cara licik untuk mengompresi berbagai jenis file tanpa kehilangan kualitas.

Anda juga dapat melihat Movavi Video Converter alat sederhana dan efektif untuk mengompresi file dan beralih antara format video, audio, dan gambar.

Apa itu kompresi file dan mengapa mengompresi file itu penting?

Sederhananya, kompresi file adalah kata buzz industri yang mengacu pada proses ‘pengemasan’ file. Pengemasan dalam konteks ini melibatkan pengurangan ukuran file dengan mengganti beberapa kode bawaan dengan placeholder berukuran kecil.

Oleh karena itu, Anda memiliki pesan (file) yang sama tetapi dikemas dengan cara yang berbeda. File-file ini biasanya disimpan dalam format ZIP, RAR, TAR, dan 7z. Sekarang, mengapa Anda harus peduli dengan kompresi file?

Kompresi file juga menawarkan banyak manfaat bagi bisnis dan individu. Ini menghemat waktu, uang, dan ruang Anda. Berikut adalah beberapa alasan untuk mengompres file.

Baca Juga : Cara Mengkompres Video di HP Android 

Pertama, penting untuk mengetahui bahwa ada batasan ukuran file, Anda dapat mengirim melalui Email, sehingga tidak mungkin mengirim file besar tanpa kompresi. Mengompresi file semacam itu mengurangi ukuran ke ukuran minimal, tanpa harus merusak kualitasnya. Faktanya, Anda tidak akan mengetahui perbedaannya sampai Anda membandingkan kode kedua file tersebut.

Kedua, mengirim file besar secara online tidak hanya menghabiskan data dan uang Anda, tetapi juga menghabiskan banyak ruang di perangkat Anda. Dan di sinilah peran kompresi file. Kompresi file membantu Anda mengurangi file besar menjadi ukuran kecil sehingga Anda dapat mentransfer file dengan cepat dan juga menghemat ruang disk.

Ketiga, kompresi file juga memungkinkan Anda untuk mengenkripsi file Anda, sehingga membantu Anda melindungi file rahasia (seperti file Word atau Excel) untuk dikirim melalui email atau diunggah ke cloud.

Terakhir, kompresi file memungkinkan Anda mengompres beberapa file menjadi satu file, sehingga menghemat waktu, uang, dan ruang Anda.

Namun, penting untuk dicatat bahwa, meskipun semua file dapat dikompresi, tingkat kompresinya bervariasi antara jenis file. File seperti dokumen word, misalnya, dapat dikompresi hingga 90% dari ukuran aslinya. Sedangkan file seperti MP3, MP4, dan JPEG hanya dapat dikompresi sedikit saja, karena sudah dikompresi. Jadi, jangan panik jika ukuran file terkompresi hanya sepelemparan kecil dari file aslinya.

Perangkat lunak kompresi file terbaik

7-Zip

7-Zip adalah pengarsipan file gratis untuk Windows. Anda dapat menggunakannya di komputer mana pun, bahkan di organisasi komersial. 7-Zip memungkinkan Anda mengompres file dalam format 7z dengan kompresi LZMA dan LZMA2.

Program ini memberikan rasio kompresi yang tinggi, yaitu 2–10% lebih baik daripada yang ditawarkan oleh PKZip dan WinZip. Ini mendukung pengemasan dan pembongkaran untuk format populer dan memungkinkan Anda mengompres beberapa file secara bersamaan. Keuntungan lainnya adalah aplikasi ini memiliki pelokalan untuk 79 bahasa, yang menjadikannya salah satu perangkat lunak kompresi gratis favorit dunia.

WinRAR

Salah satu perangkat lunak kompresi paling terkenal yang disetujui oleh lebih dari 500 juta pengguna di seluruh dunia. WinRAR kompatibel dengan Windows dan tersedia dalam lebih dari 50 bahasa. Program secara otomatis mengenali dan memilih metode kompresi terbaik untuk mendapatkan file dan pustaka objek dengan benar.

Anda dapat dengan mudah membagi arsip menjadi volume terpisah untuk menyimpannya di beberapa perangkat. WinRAR juga memungkinkan Anda untuk berbagi data. Kata sandi dan enkripsi 256-bit akan membantu Anda mengirim file tanpa kesalahan.

Zipware

Zipware adalah perangkat lunak kompresi sederhana dan gratis untuk Windows. Ini mendukung format populer, termasuk RAR5, ISO, TAR, dan banyak lagi. Anda juga dapat menggunakannya untuk bekerja dengan beberapa arsip Linux seperti TAR dan GZIP. Dengan enkripsi AES-256 yang dilindungi kata sandi, Anda selalu dapat mengarsipkan file Anda tanpa kehilangan data. Dengan bantuan Zipware, Anda juga dapat mengonversi file yang diarsipkan ke zip, exe, atau 7z.

PeaZip

PeaZip adalah pengarsipan file gratis lainnya. Anda dapat menggunakannya di Windows dan Linux. Perangkat lunak kompresi sederhana dan ramah pengguna ini menawarkan pengarsipan rasio kompresi tinggi dan membuka serta mengekstrak 200+ format.

Program mengamankan semua unduhan, sehingga data Anda selalu aman. PeaZip dapat digunakan sebagai program multifungsi yang memungkinkan Anda untuk melihat, mengedit, menelusuri, dan mencari file yang diarsipkan.

Express Zip File Compression

Express Zip File Compression akan membantu Anda membuat dan mengarsipkan file Anda dengan cepat dan benar. Dengan program ini, Anda dapat membuat file ZIP baru dan bekerja dengan yang lain. Buka, bongkar, dan ekstrak format populer seperti RAR, TAR, ZIPX, ISO, dan banyak lagi.

Kompresi File Zip Ekspres memungkinkan Anda mengonversi file yang diarsipkan ke format populer dan mengelolanya dengan mengedit konten. Dimungkinkan juga untuk membagi file ZIP besar untuk dibagikan secara instan. Karena program memiliki perlindungan kata sandi, dokumen Anda akan selalu aman.

3 Tips cara mengompres file

Demi panduan ini, kami akan membatasi opsi kami pada tiga cara terbaik untuk mengompres file tanpa kehilangan kualitas. Meskipun hampir semua Windows dilengkapi dengan sistem kompresi file bawaan, penting untuk diperhatikan bahwa sistem ini tidak seefisien perangkat lunak pihak ketiga.

Faktanya, ukuran file yang dapat dikompres biasanya dibatasi pada Windows. Oleh karena itu, Anda mungkin perlu menggunakan beberapa perangkat lunak kompresi file pihak ketiga untuk membawa harga pulang. Lebih baik lagi, perangkat lunak ini juga berfungsi di Windows dan di Mac.

Cara mengompres file menggunakan perangkat lunak kompresi folder – 7-Zip

7-Zip adalah perangkat lunak luar biasa untuk mengompresi file atau folder. Kompresor file ini tidak hanya gratis untuk diunduh, tetapi juga sangat mudah digunakan. Cukup ikuti langkah-langkah ini untuk memulai.

  • Kunjungi beranda 7-Zip untuk mengunduh program, lalu instal dan jalankan program di perangkat Anda untuk memulai.
  • Temukan opsi File Manager di program.
  • Buka folder yang diberi nama File Manager dan tambahkan file yang Anda inginkan melalui ikon + , yang mewakili ADD .
  • Saat menambahkan file Anda, pastikan untuk memperhatikan format Arsip . Pastikan selalu disetel ke ZIP.
  • Setelah menambahkan file sebanyak yang Anda inginkan, cukup klik opsi OK untuk memulai kompresi file.

File Anda akan berhasil dikompresi dalam hitungan menit dan selesai. Anda dapat mengekspor file ke folder apa pun atau membagikannya secara online.

Foto di bawah menunjukkan seberapa banyak ruang yang dapat Anda hemat dengan 7-Zip.

Cara mengompres file menggunakan freeware – Avidemux

Aplikasi gratis ini adalah pilihan yang bagus bagi banyak orang yang menginginkan sejumlah tugas kompresi video. Anda dapat mengubah codec file Anda dan mengompresnya dalam waktu singkat. Untuk melakukan ini, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Unduh, instal, dan jalankan freeware di perangkat Anda.
  • Temukan opsi File di freeware untuk menambahkan file yang ingin Anda kompres.
  • Tambahkan file yang diinginkan dan klik Salin untuk menampilkan codec yang kompatibel.
  • Pilih codec yang diinginkan dari daftar dan klik tombol Configure .
  • Selanjutnya, Anda diminta untuk memilih Two Pass – Video Size dari drop down pada pilihan yang dijuluki Encoding Mode .
  • Setelah itu Anda diperlihatkan antarmuka pada Target Video Size (MB) untuk memasukkan ukuran yang Anda inginkan untuk mengompres file. Pastikan untuk memilih ukuran yang sesuai dalam megabita (MB).
  • Klik OK untuk memulai proses kompresi file.
  • Kemudian, simpan file yang dikompresi dengan mengklik Simpan Video di menu File . Ingatlah untuk memasukkan nama/judul yang diinginkan untuk file tersebut.
  • Dan Anda selesai.

Foto-foto di bawah ini menunjukkan jumlah ukuran video yang dapat Anda perkecil hanya dengan menggunakan Avidemux.

Cara mengonversi file media dengan Movavi Video Converter

Movavi Video Converter harus menjadi solusi termudah dan tercepat untuk kompresi file saat ini. Program ini sangat mudah digunakan dan bekerja sempurna dengan semua jenis file – video, gambar, dan audio. Pengguna juga dapat menyimpan file terkompresi dalam format apa pun, termasuk PNG, MP4, WAV, GIF, MOV, dll. Berikut adalah 5 langkah sederhana untuk menikmati pengonversi file super cepat ini.

  • Unduh, instal, dan jalankan program untuk meluncurkannya di perangkat Anda.
  • Seret file yang Anda inginkan ke jendela program.
  • Pilih format apa pun yang ingin Anda simpan hasilnya.
  • Seret penggeser untuk mengatur ukuran file yang diinginkan.
  • Klik Konversi untuk mengonversi file.
  • Dan Anda selesai!

Konversi file tidak harus ilmu roket. Dengan perangkat lunak yang tepat dan langkah yang tepat, Anda dapat memperkecil ukuran file apa pun dan menghemat uang, waktu, dan ruang. Pastikan untuk mencoba salah satu metode kompresi file ini dan beri tahu kami seberapa baik hasilnya untuk Anda. Terima kasih sudah membaca!

By arcfree