Thu. Feb 2nd, 2023

Ulasan Program Kompresi File Terbaik untuk 2022 – Jika Anda perlu menghemat ruang pada PC atau laptop Windows Anda, mengompresi file Anda adalah cara yang baik untuk melakukannya. Tapi apa perangkat lunak kompresi terbaik untuk digunakan? Dalam panduan ini, kami akan menyoroti 5 alat kompresi file teratas di pasaran pada tahun 2022 dan memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui untuk memilih yang terbaik untuk Anda.

Ulasan Program Kompresi File Terbaik untuk 2022

freearcPerangkat lunak kompresi file dapat membantu Anda menghemat ruang di perangkat Anda, mengirim dan mentransfer file dengan aman, dan bahkan membawa enkripsi dan fitur berguna lainnya ke meja juga.

Pada PC dan laptop Windows, ruang dapat mahal, dan membeli penyimpanan perangkat keras eksternal tidaklah murah.

Kompresi file memberikan solusi dan meskipun Zip adalah format yang paling terkenal, ada juga format lain di luar sana. Dalam panduan ini, kami akan menjelajahi dunia perangkat lunak kompresi file pada tahun 2022 dan merekomendasikan 5 alat perangkat lunak kompresi file teratas yang ada di pasaran saat ini.

Apa yang Anda butuhkan dari perangkat lunak kompresi file

Apa yang Anda butuhkan dari perangkat lunak kompresi file yang bagus? Pendekatan yang mudah digunakan untuk kompresi file adalah awal seperti kemampuan untuk bekerja dengan berbagai jenis file kompresi secara ideal. Banyak orang akan menginginkan perangkat lunak yang cepat dan dapat berjalan di latar belakang saat mereka melakukan hal lain juga.

Baca Juga : Cara Mengompres File Besar di Windows

Beberapa orang akan berpikir mereka tidak benar-benar membutuhkan perangkat lunak kompresi file sama sekali. Ini adalah pendapat yang dapat dimengerti mengingat kecepatan pertumbuhan ukuran hard drive dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi dengan semakin banyak orang mengunduh dan menyimpan file media besar dan harga hard drive SSD yang tinggi, kompresi file masih menjadi pilihan terbaik bagi banyak orang.

Ini juga sangat berguna saat Anda perlu mengirim dan mentransfer file, terutama melalui email. Banyak layanan email populer seperti Outlook dan Gmail memiliki batas ukuran lampiran dan mengompresi file berarti Anda dapat mengirim lebih banyak file dalam satu email.

Ini juga sedikit keliru untuk berpikir bahwa perangkat lunak kompresi hanya melakukan satu hal; kompres file. Ini mungkin fungsi utamanya tetapi banyak perangkat lunak kompresi file menggabungkan berbagai fungsi terkait lainnya yang terbukti bermanfaat.

Yang paling umum dari ini adalah kemampuan untuk mengenkripsi file Anda agar tetap aman dan terjamin baik saat Anda mengirimnya melalui internet atau jika Anda menyimpannya di tempat yang berpotensi rentan seperti situs penyimpanan cloud.

Banyak pengguna PC dan laptop Windows tidak akan melihat lebih jauh dari file Zip dalam hal kompresi file. Ini berfungsi dengan baik tetapi ada lebih banyak opsi di luar sana sehingga ada baiknya mencari tahu perangkat lunak kompresi file mana yang terbaik di pasaran untuk Anda.

1. WinZip

WinZip adalah alat kompresi file yang paling terkenal dan meskipun telah tersedia selama lebih dari 30 tahun, WinZip tetap berada di urutan teratas.

Ini adalah alat yang mengikuti perkembangan zaman dan menawarkan antarmuka yang ramah pengguna dan fleksibel yang bekerja dengan baik untuk pengguna mouse atau keyboard. Ini menampilkan sejumlah alat berbagi file canggih dan mendukung semua penyedia penyimpanan cloud besar.

WinZip mendukung sejumlah besar file kompresi termasuk ZIP, ZIPX, RAR (ekstraksi saja), 7z, TAR, GZIP, VHD, dan XZ. Itu juga dapat diintegrasikan dengan sejumlah program online populer yang ada khususnya Microsoft Office.

Fitur praktis termasuk kemampuan untuk memecah file zip besar menjadi lebih kecil baik untuk kemudahan penyimpanan atau untuk memungkinkan Anda mengirimnya melalui email. Anda juga dapat membuat dan mengekstrak file melalui antarmuka program atau jendela program sesuai keinginan.

Kelemahan besar dari WinZip adalah harganya. Harganya keren $39,95 dan ini tidak bisa dinegosiasikan. Tidak ada uji coba gratis dan juga tidak ada versi gratis yang dikupas. Pada saat ada beberapa alat kompresi file yang sangat bagus tersedia tanpa biaya apa pun, ini adalah langkah yang berani. Tetapi jika Anda banyak menggunakan kompresi file, tidak dapat disangkal bahwa WinZip adalah yang terbaik.

2.WinRAR

WinRAR adalah kompresi file yang dibangun di sekitar format kompresi RAR. Format ini menawarkan tingkat kompresi yang luar biasa dan sementara banyak alat kompresi file dapat mengekstrak file RAR, hanya WinRAR yang dapat membuatnya.

Itu dapat membuat file terkompresi dalam banyak format file lain juga dan Anda dapat melakukan ini di hampir semua jenis perangkat yang dapat Anda pikirkan.

Kecepatan kompresi WinRAR sangat mengesankan dan juga menawarkan alat enkripsi yang sangat bagus. Ini juga menawarkan pembuatan arsip dan tema yang mengekstraksi sendiri jika Anda ingin mendalami alat ini.

Kelemahan WinRAR terutama ditemukan pada antarmuka yang sama sekali tidak ramah pengguna dan jika Anda benar-benar pemula dapat terlihat cukup menakutkan. Sebenarnya antarmuka WinRAR terlalu sibuk dan berbelit-belit serta menawarkan terlalu banyak opsi dan pengaturan sekaligus.

Ada mode wizard yang dimaksudkan untuk membuat segalanya lebih sederhana dan meskipun ini disambut baik, itu tetap tidak menghilangkan rasa kerumitan.

WinRAR juga bukan alat gratis. Lisensi penuh akan dikenakan biaya sekitar $30, yang tampaknya cukup mahal bagi banyak orang. Jika Anda perlu mengompres file besar secara teratur, format RAR mungkin menarik dan harganya masuk akal. Ada juga uji coba gratis yang memungkinkan Anda melihat apakah WinRAR adalah alat yang tepat untuk Anda.

3. 7-Zip

Jika Anda mencari alat kompresi file gratis, maka rekomendasi teratas kami untuk Anda adalah 7-Zip. Alat luar biasa ini bekerja dengan hampir semua format file dan juga mampu memampatkan file yang sangat besar dengan mudah.

Selain mendukung semua format file kompresi utama seperti Zip dan RAR, 7-Zip juga memiliki formatnya sendiri yang disebut 7z. Format ini memiliki format kompresi file yang sangat besar dan menurut tim di belakang 7-Zip, ini mampu memampatkan file paling besar yang dapat Anda gambar, dengan ukuran hingga 16 miliar GB disebutkan.

Kapasitas ini sangat mengesankan dan juga dapat memampatkan file ke ukuran yang sangat kecil yang bisa sangat berguna. Tetapi jika Anda ingin file Anda dikompresi dengan cepat, 7-Zip mungkin bukan alat yang tepat untuk Anda karena kecepatannya tidak luar biasa.

Antarmukanya juga agak lebih rumit dari yang seharusnya dan itu menciptakan banyak entri menu konteks yang dapat membuat hal-hal tampak lebih menakutkan untuk dilihat, terutama untuk pemula. Dimungkinkan untuk menyesuaikan hal-hal untuk menghilangkan beberapa kekacauan, tetapi ini sendiri merupakan proses yang cukup rumit untuk pemula.

Meskipun tampilan dan kegunaan 7-zip memang meninggalkan sedikit yang diinginkan, ini masih merupakan alat yang kokoh. Dan keuntungan terbesarnya adalah sepenuhnya gratis untuk diunduh dan digunakan. Jadi, kecuali jika Anda mengompresi file besar secara teratur, 7-zip mungkin menawarkan semua yang Anda butuhkan dari alat kompresi file.

4. Zip Archiver

Jika kegunaan penting bagi Anda, maka Zip Archiver adalah pilihan yang sangat bagus untuk dipertimbangkan. Ini memiliki antarmuka yang dirancang dengan sangat baik dan bahkan pengguna Windows yang paling pemula pun harus dapat menguasai alat ini dengan mudah.

Fitur seret dan lepas berarti bahwa yang harus Anda lakukan untuk mengompres atau mendekompresi file adalah menyeretnya ke jendela yang sesuai dan melepaskannya. Zip Archiver akan melakukan segalanya untuk Anda.

Alat ini dapat menangani semua format kompresi file dan juga diatur untuk bekerja dengan semua solusi penyimpanan cloud besar. Ini berarti Anda dapat membuat file terkompresi, mengunggahnya ke drive cloud Anda, dan bahkan membuat tautan untuk membagikannya dengan orang lain hanya dengan beberapa klik.

Antarmuka seret dan lepas populer tetapi tidak wajib. Jika Anda lebih suka sesuatu yang lebih berorientasi pada menu, Anda dapat menyesuaikan Zip Archiver untuk mengirimkannya.

Sulit untuk menemukan terlalu banyak kerugian di Zip Archiver, tetapi jika ada, faktanya alat ini hanya berfungsi dengan Windows, jadi tidak ada peluang untuk menggunakannya di beberapa platform berbeda atau di perangkat seluler Anda.

5.PeaZip

Alat kompresi file lain yang gratis untuk digunakan, sederhana dan lugas, namun juga kuat dan mengesankan, adalah PeaZip.

PeaZip memungkinkan Anda memilih di antara jenis format kompresi yang ingin Anda gunakan untuk menyimpan file dan memiliki rentang yang lengkap. Jika Anda ingin membuat file RAR, tetapi tidak suka membayar untuk WinRAR, PeaZip mungkin yang Anda butuhkan. Itu dapat membuat dan mengekstrak file RAR, tetapi Anda memerlukan versi uji coba gratis WinRAR yang diinstal pada perangkat Anda agar dapat melakukan ini.

Perangkat lunak kompresi gratis ini juga dilengkapi dengan beberapa opsi keamanan penting. Ini menawarkan enkripsi AES 256-bit yang merupakan jenis yang digunakan oleh VPN premium dan secara umum diakui sebagai tidak dapat dipecahkan. Jika itu tidak cukup aman untuk Anda, ada juga opsi untuk menambahkan otentikasi dua faktor (2FA) dan juga fitur pengelola kata sandi bawaan.

Antarmuka yang digunakan PeaZip cukup rapi dan ramah dan kecepatan yang dapat dikompresi file Anda tidak terlalu lamban tetapi juga bukan yang tercepat yang pernah kami temui.

Secara keseluruhan, PeaZip adalah kompresor file yang cukup mengesankan dan sebagai alat gratis, PeaZip memiliki banyak manfaat.

Kesimpulan

Kompresi file adalah cara terbaik untuk menghemat ruang di perangkat atau hard drive Anda, menyimpan file dengan aman, dan membagikannya dengan cepat dan mudah. Tetapi menemukan alat kompresi file terbaik untuk Anda bisa menjadi suatu tantangan.

Dalam panduan ini, kami telah menyoroti pilihan kami dari lima alat perangkat lunak kompresi file teratas yang tersedia pada tahun 2022. Ini mencakup alat berbayar dan gratis untuk memenuhi setiap kemungkinan kebutuhan.

Kami telah memprofilkan masing-masing dan menyoroti pro dan kontra yang mereka tawarkan. Meskipun kami telah memeringkatnya berdasarkan preferensi kami, Anda mungkin menemukan salah satu dari daftar ini menawarkan solusi kompresi file yang sempurna untuk Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang aspek apa pun dari panduan ini atau tip apa pun untuk pembaca kami tentang kompresi file dan perangkat lunak lain yang mungkin, silakan bagikan komentar Anda dengan kami menggunakan kotak komentar di bawah.

By arcfree