Tue. Aug 16th, 2022

Software Kompresi File Terbaik 2022 – File terkompresi lebih mudah disimpan dan dikirim. Kompresi file dapat menghemat waktu dan uang Anda dan mengambil banyak usaha ekstra dari tangan Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah perangkat lunak kompresi file yang tepat. Dan inilah yang kita cari hari ini.

Software Kompresi File Terbaik 2022

freearc – Kompresi file adalah proses pengurangan ukuran file. Ini biasanya dicapai dengan pengkodean ulang data file untuk menggunakan lebih sedikit penyimpanan daripada yang digunakan dalam file asli.

Bagaimana Cara Kerja Kompresi File?

Biasanya, Kompresi data melibatkan pemindaian file, mengidentifikasi data dan pola yang serupa atau berulang dan mengganti duplikat yang ditemukan dengan pengidentifikasi unik. Pengidentifikasi umumnya berukuran jauh lebih kecil daripada aslinya dan menghabiskan lebih sedikit ruang. Hasilnya, Anda mendapatkan file terkompresi yang jauh lebih kecil dari aslinya.

Baca Juga : Review Program Kompresi Files Bandizip untuk Windows

Meskipun tidak ada pengukuran pasti yang dapat memberi tahu kami berapa banyak file yang benar-benar akan berkurang, perkiraan umum adalah bahwa ukuran file dapat dikurangi sebesar 50% hingga 90%.

Kapan Anda Perlu Mengompresi File?

Ada banyak contoh ketika Anda mungkin ingin mengompresi file. Beberapa keuntungan utama dari kompresi termasuk pengurangan substansial dalam ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan file, pengurangan waktu transmisi data dan konsumsi bandwidth yang lebih rendah. Jadi, mengompresi file dapat menghasilkan penghematan biaya dan waktu yang signifikan.

Anda mungkin ingin mengompresi file dalam salah satu kasus berikut:

  • Anda membutuhkan lebih banyak penyimpanan di perangkat Anda. File terkompresi membutuhkan lebih sedikit ruang daripada file yang tidak terkompresi. Dengan cara ini, Anda dapat mengosongkan ruang di perangkat Anda dan mungkin menghindari membeli penyimpanan tambahan — baik di perangkat keras atau di cloud.
  • Anda perlu mentransfer file. File besar sangat sulit untuk ditransfer. Sebagian besar program menetapkan batasan yang sangat ketat pada ukuran file yang dapat Anda kirim. Dalam hal ini, mengompresi file Anda dapat membantu Anda membuatnya lebih kecil dan lebih mudah untuk dikirim.
  • Anda tidak ingin menggunakan terlalu banyak bandwidth. Mengirim melalui file yang lebih besar bisa mahal jika Anda tidak menggunakan Wi-Fi. Mengompresi file akan menurunkan kebutuhan bandwidth dan memungkinkan Anda membawa file ke tujuannya lebih cepat dan dengan biaya lebih rendah.

Apa itu Format Kompresi File?

Ada berbagai cara di mana Anda dapat mengompresi file — dan, dengan demikian, ada sejumlah besar format kompresi file yang berbeda. Beberapa di antaranya adalah format berpemilik yang digunakan oleh program tertentu (seperti RAR), dan beberapa di antaranya standar terbuka dan tersedia melalui berbagai platform.

Format kompresi yang paling umum adalah sebagai berikut:

.arc,.arj, .as, .b64, .btoa, .bz, .cab, .cpt, .gz, .hqx, .iso, .lha, .lzh, .mim, .mme, .pak, .pf , .rar, .rpm, .sea, .sit, .sitx, .tar.gz, .tbz, .tbz2, .tgz, .uu, .uue, .z, .zip, .zipx, .zoo

Jadi, bagaimana Anda memilih kompresor file? Ada beberapa faktor yang mungkin perlu Anda pertimbangkan. Apakah perangkat lunak tersebut gratis atau berbayar? Format kompresi apa yang tersedia? Apakah mengompresi file aman?

Di bawah ini, kita akan melihat beberapa alat kompresi file terbaik yang tersedia saat ini.

Alat Kompresi File Terbaik di tahun 2021

Berikut adalah beberapa pilihan teratas kami untuk perangkat lunak kompresi file:

WinZip

Kelebihan:

Mendukung banyak format kompresi
Dapat membagi file besar
Fitur-fitur canggih di papan

WinZip tetap menjadi salah satu alat kompresi paling populer — bahkan setelah 30 tahun di pasar. Ini adalah program berbayar saja, tetapi Anda mendapatkan satu set tambahan yang bagus untuk harganya.

WinZip mendukung berbagai format, termasuk ZIP, ZIPX, RAR (ekstraksi saja), 7z, TAR, GZIP, VHD, dan XZ, dan menawarkan integrasi dengan beberapa program, seperti Office, untuk zip yang mudah saat bepergian.

Ekstra lainnya termasuk opsi untuk membagi file besar menjadi potongan-potongan kecil, dukungan cloud, fitur manajemen Zip, dan banyak lagi. Antarmukanya sangat ramah dan dapat dengan mudah beradaptasi dengan berbagai pengaturan, mulai dari mouse dan keyboard hingga perangkat layar sentuh.

Secara keseluruhan, WinZip adalah alat yang hebat untuk dimiliki dalam perangkat digital Anda jika Anda tidak keberatan melakukan investasi kecil. Ini fleksibel dan dapat dengan mudah menyesuaikan dengan kebutuhan Anda: Anda dapat membuat dan mengekstrak file menggunakan antarmuka program atau melalui jendela program.

WinRAR

Kelebihan:

Satu-satunya cara resmi untuk membuat file RAR
Tingkat kompresi tinggi
Bekerja dengan banyak format

WinRAR telah membuat nama untuk dirinya sendiri berkat format RAR miliknya, yang mampu

tingkat kompresi yang luar biasa. Meskipun sebagian besar perangkat lunak ekstraksi dapat mengekstrak arsip RAR, hanya WinRAR (setidaknya secara resmi) yang dapat membuatnya. Eksklusivitas ini tidak gratis — dan sama seperti WinZip, WinRAR adalah perangkat lunak berbayar saja.

Anda dapat menggunakan WinRAR untuk mengompres file ke dalam berbagai format, dan program ini tersedia di hampir semua platform di bawah matahari.

Antarmuka program ini bukan yang termudah untuk dinavigasi. Faktanya, bahkan jika Anda memilih untuk menggunakan

Menu konteks Explorer untuk membuat atau mengekstrak arsip, Anda mungkin merasa sedikit kewalahan dengan semua opsi dan pengaturan yang ditampilkan. Untungnya, WinRAR juga dilengkapi dengan mode wizard yang dapat menangani banyak hal secara otomatis.

WinRAR memiliki beberapa hal untuk itu (meskipun formatnya hanya berbayar dan antarmuka yang canggung): dukungan RAR penuh, enkripsi, kecepatan, pembuatan arsip yang mengekstraksi sendiri, dan banyak lagi membuatnya layak untuk investasi.

7-zip

Kelebihan:

Gratis
Format eksklusif
Bekerja dengan file yang sangat besar

Sejauh ini, 7-Zip adalah opsi gratis pertama dalam daftar kami. Meskipun gratis, ia dapat menangani hampir semua tugas kompresi yang Anda lakukan dan telah mendapatkan reputasi yang sangat baik di antara pengguna.

7-Zip hadir dengan format file terkompresi sendiri yang disebut 7z. Ini tidak hanya memungkinkan Anda mengompres file yang sangat besar (hingga 16 miliar gigabyte) tetapi juga memiliki tingkat kompresi yang sangat mengesankan.

7-Zip tidak hadir dengan antarmuka terbaik — cukup padat, dan program cenderung membuat terlalu banyak entri menu konteks. Namun, perjalanan singkat ke menu Opsi dapat membantu Anda menyingkirkan semua komplikasi yang tidak perlu.

Secara keseluruhan, 7-Zip adalah program kompresi yang stabil dan solid — dan, selain itu, gratis untuk digunakan.

Zip Archiver

Kelebihan:

Gratis
Antarmuka seret dan lepas yang ramah
Mendukung berbagai format

Zip Archiver mungkin bukan anak yang paling populer di blok itu, tetapi ia memiliki pengikut yang setia. Pengguna menyukainya karena perangkat lunak ini hadir dengan antarmuka yang dirancang dengan cermat dan dukungan format yang luas — semuanya gratis.

Salah satu hal utama yang dimiliki Zip Archiver adalah antarmuka pengguna yang intuitif. Untuk membuat dan mengekstrak file, Anda dapat menggunakan proses drag-and-drop sederhana. Ada juga dukungan cloud di dalamnya. Ini berarti Anda dapat membuat file terkompresi, mengunggahnya ke platform pilihan Anda (Dropbox, OneDrive, atau Google Drive) dan menghasilkan tautan yang dapat dibagikan dalam satu langkah cepat. Jika Anda tidak terlalu menyukai antarmuka drag-and-drop, Anda dapat memilih untuk menggunakan menu konteks Windows untuk mengelola prosesnya.

Zip Archiver dapat mengelola lusinan format kompresi. Satu-satunya batasan perangkat lunak ini adalah hanya tersedia untuk Windows.

PeaZip

Kelebihan:

Bekerja dengan Windows dan Linux
Mengonversi format arsip
Fitur keamanan ekstra

PeaZip adalah alat perangkat lunak kompresi gratis lainnya, dan berfungsi di Windows dan Linux. Ini terlihat cukup sederhana tetapi menawarkan kompresi yang kuat dan banyak opsi keamanan. Misalnya, Anda mendapatkan enkripsi berbasis AES256, otentikasi dua faktor, dan pengelola kata sandi yang Anda inginkan.

Salah satu fitur unik yang dimiliki PeaZip adalah dapat, dengan cara tertentu, membuat file RAR. Jika Anda telah menginstal WinRar pada perangkat Anda (apakah versi lengkap atau percobaan), PeaZip dapat menggunakan perangkat lunak untuk mendapatkan dukungan RAR penuh.

Ashampoo Zip Free

Kelebihan:

Mudah digunakan
Mendukung semua format RAR
Enkripsi onboard yang kuat

Ashampoo Zip Free adalah alat kompresi yang sederhana namun efektif. Ia melakukan persis seperti yang Anda harapkan dari perangkat lunak kompresi file: ia membaca dan menulis file arsip. Plus, ada beberapa tambahan onboard yang berguna yang dapat membantu Anda memperbaiki dan mengedit file Zip.

Dengan Ashampoo Zip Free, Anda dapat membuat dan mengekstrak file dalam format ZIP, 7-ZIP, CAB, TAR (TAR, TAR.GZ, TAR.BZ2, TAR.XZ), dan LHA. Ada juga dukungan yang tersedia untuk semua versi RAR.

Perangkat lunak ini juga memperhatikan keamanan file dengan serius, menawarkan enkripsi AES yang kuat dengan kekuatan 256-bit.

Bandizip

Kelebihan:

Beberapa format kompresi
Antarmuka seret dan lepas
Enkripsi standar tinggi

Bandizip adalah alat gratis untuk mengompresi dan mengekstrak file dalam berbagai format. Perangkat lunak ini bekerja dengan lebih dari 30 format berbeda, termasuk RAR, RAR5, 7Z, ZIP, dan lainnya.

Fitur yang bagus adalah alat ini dapat mengekstrak file langsung ke folder tujuan, melewati folder sementara. Muncul dengan antarmuka drag-and-drop yang mudah digunakan dan opsi pemrosesan multi-core. Terlebih lagi, Anda juga dapat memilih tingkat kompresi dari “maksimum” hingga “tanpa kompresi”.

Ada algoritme enkripsi standar tinggi untuk menjaga keamanan data Anda.

Express Zip

Kelebihan:

Antarmuka yang bersih
Banyak format file yang didukung
Enkripsi dan perlindungan kata sandi

Express Zip adalah alat pengarsipan file lain yang mudah digunakan. Dengannya, Anda dapat membuka zip arsip dan membuat folder dan file yang kompatibel dengan Zip. Ada berbagai macam file yang didukung: ISO, GZIP, MULTIDISK, ZIPX, LZH, ZIP, RAR, CAB, TAR, 7Z, ARJ, PKPASS, dan banyak lagi. Arsip juga dapat dikonversi ke format file seperti ZIP, TAR, TGZ, WIM, ARJ, dan LZH. Mengirim file arsip Anda melalui email hanya membutuhkan beberapa klik.

Antarmuka program ini tidak banyak, tetapi sangat mudah dinavigasi. Tata letaknya sangat mirip bisnis, dan semua fitur diberi label dengan jelas dan cepat ditemukan. Alat ini juga mendukung arsip terenkripsi dan fitur perlindungan kata sandi.

ZipGenius

Kelebihan:

Sepenuhnya kompatibel dengan Windows
Banyak format kompresi yang didukung
Antarmuka yang bersih dan opsi enkripsi

ZipGenius adalah perangkat lunak kompresi yang dirancang khusus untuk Windows. Mudah digunakan dan mendukung lebih dari 20 jenis file terkompresi. Anda dapat menggunakan ZipGenius untuk membuat, mengedit, dan berbagi folder dan file zip .

Sama seperti Express Zip, antarmukanya sangat mudah. Program ini menampilkan ikon warna-warni besar yang mudah dikenali dan dibaca, yang membuat navigasi menjadi cepat dan mudah.

Dengan ZipGenius, Anda dapat melakukan tugas batch menggunakan format baris perintah. Ada juga sistem enkripsi CZIP onboard untuk melindungi data Anda.

B1 Free Archiver

Kelebihan:

Bekerja di Windows, Linux, Android, dan macOS
Penyiapan dan tutorial
Enkripsi data

Kami melengkapi daftar kami dengan alat gratis lainnya — Pengarsip Gratis B1. Perangkat lunak ini hadir dengan dukungan penuh untuk format B1 dan zip asli. Itu juga dapat mendekompresi lebih dari 20 format arsip populer.

B1 Free Archiver dapat digunakan di semua sistem operasi utama seperti Windows, Linux, Android, dan macOS. Ini menggunakan standar AES 256-bit untuk melindungi privasi data.

Perangkat lunak ini mudah digunakan, dan ada pengantar tentang cara kerja program — dan cara kerja pengarsipan secara umum. Antarmukanya mudah dinavigasi, dan ada opsi drag-and-drop untuk tindakan cepat.

Secara fitur, B1 Free Archiver tidak terlalu menonjol di antara program serupa lainnya. Namun, keuntungan utamanya adalah dapat digunakan pada banyak platform yang tidak didukung oleh pengarsip lain.

Sekarang setelah Anda memiliki pilihan alat kompresi file, hanya ada satu hal lagi yang perlu kita tangani.

Meskipun ada kepercayaan umum bahwa kompresi berguna saat Anda mengirim file melalui email atau membagikannya melalui layanan cloud, ini bukan satu-satunya pilihan Anda. Faktanya, mungkin ada berbagai situasi ketika mengompresi file mungkin bukan cara terbaik. Pertama, mengekstrak file atau folder bisa menjadi proses yang agak sulit — dan orang yang Anda kirimi mungkin tidak ingin berurusan dengan komplikasi tambahan. Kedua, Anda perlu memastikan bahwa penerima file Anda menggunakan perangkat lunak ekstraksi yang kompatibel dengan file arsip Anda. Akhirnya, meskipun ini jarang terjadi, kehilangan data dan kerusakan file memang terjadi selama ekstraksi.

Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu lagi mengompres file Anda. FileWhopper hadir untuk membantu Anda mentransfer file dan folder dalam berbagai ukuran tanpa kompresi.

Dengan FileWhopper , Anda dapat mentransfer file atau folder dengan ukuran berapa pun (bahkan jika itu adalah folder video 10TB). Yang diperlukan hanyalah sebuah aplikasi kecil (yang akan otomatis terhapus ketika tugasnya selesai) dan beberapa klik. Penerima data dapat mulai mengunduhnya segera setelah Anda mulai mengunggah — tidak perlu menunggu hingga data terunggah sepenuhnya di pihak Anda.

Untuk mentransfer file atau folder, Anda tidak perlu mendaftar untuk berlangganan yang mahal. Anda hanya perlu membayar untuk data yang Anda transfer — dan Anda juga dapat meminta penerima untuk melakukan pembayaran. Biaya transfer file Anda dihitung berdasarkan ukuran item, dan merupakan pembayaran satu kali yang cepat dan aman.

FileWhopper berusaha keras untuk memastikan data Anda aman. Layanan ini menggunakan enkripsi tanpa pengetahuan, yang merupakan bentuk perlindungan data tertinggi yang tersedia. Dengan itu, tidak ada yang dapat mengakses data Anda — kecuali Anda.

FileWhopper sangat mudah digunakan, dan ada instruksi yang jelas untuk setiap langkah prosesnya. Terlebih lagi, sebagai pengguna baru, Anda mendapatkan transfer file 5GB pertama secara gratis sehingga Anda dapat melihat semua fitur platform secara gratis.

By arcfree