Wed. Aug 17th, 2022

 Sejarah,Penjelasan dan Implementasi File Zip – Kembali pada tahun delapan puluhan dan awal tahun sembilan puluhan, sebelum Internet tersedia secara luas, penggemar komputer rumahan menggunakan modem dial-up untuk terhubung ke Bulletin Board Systems (BBSes) melalui jaringan telepon.

 Sejarah,Penjelasan dan Implementasi File Zip

 freearc.org – BBS adalah sistem komputer interaktif yang biasanya memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan, bermain game, dan berbagi file. Yang diperlukan untuk online hanyalah komputer, modem, dan nomor telepon BBS yang bagus—sesuatu yang dapat ditemukan dalam daftar yang diterbitkan oleh majalah komputer , dan di BBS lainnya.

Baca Juga : Cara Zip File dan Membuka Zip File di Windows 10

Salah satu alat penting untuk mempermudah berbagi file adalah pengarsip . Pengarsip menyimpan satu atau lebih file ke dalam satu file, arsip , memungkinkan file disimpan atau ditransfer sebagai satu unit, dan idealnya juga mengompresnya untuk menghemat ruang penyimpanan dan waktu transfer. Salah satu pengarsip yang populer dengan adegan BBS adalah Arc , yang ditulis oleh Thom Henderson dari System Enhancement Associates (SEA), sebuah perusahaan kecil yang ia dirikan bersama saudara iparnya.

Pada akhir tahun delapan puluhan, seorang programmer bernama Phil Katz merilis program Arc-nya sendiri, PKArc. Itu kompatibel dengan SEA’s Arc, tetapi lebih cepat karena rutinitas yang ditulis dalam perakitan, dan memiliki metode kompresi baru yang ditambahkan oleh Katz. Program ini menjadi populer, dan Katz berhenti dari pekerjaannya dan mendirikan PKWare untuk fokus mengembangkannya. Menurut legenda, sebagian besar pekerjaan dilakukan di meja dapur ibunya Hildegard di Glendale, Wisconsin.

SEA, bagaimanapun, tidak senang dengan inisiatif Katz. Mereka menggugat atas pelanggaran merek dagang dan pelanggaran hak cipta. Perselisihan dan perdebatan sekitarnya di dunia BBS dan PC dikenal sebagai Arc Wars . Pada akhirnya, kasus ini diselesaikan untuk keuntungan SEA.

Beranjak dari Arc, pada tahun 1989 Katz menciptakan format arsip baru yang ia beri nama Zip dan didedikasikan untuk domain publik :

Format file dari file yang dibuat oleh program ini, yang format filenya asli dengan rilis pertama perangkat lunak ini, dengan ini didedikasikan untuk domain publik. Selanjutnya, ekstensi nama file “.ZIP”, pertama kali digunakan sehubungan dengan perangkat lunak kompresi data pada rilis pertama perangkat lunak ini, juga dengan ini didedikasikan untuk domain publik, dengan harapan yang sungguh-sungguh dan tulus bahwa itu tidak akan dicoba untuk diapropriasi oleh orang lain untuk penggunaan eksklusif mereka, melainkan akan digunakan untuk merujuk pada kompresi data dan perangkat lunak perpustakaan secara umum, dari kelas atau jenis yang membuat file yang memiliki format yang umumnya kompatibel dengan perangkat lunak ini.

Program Katz untuk membuat file semacam itu disebut PKZip, dan segera diadopsi oleh dunia BBS dan PC.

Salah satu aspek yang kemungkinan besar berkontribusi pada keberhasilan format Zip adalah PKZip dilengkapi dengan dokumen, Catatan Aplikasi , yang menjelaskan dengan tepat cara kerja format tersebut. Ini memungkinkan orang lain untuk mempelajari format dan membuat program yang membuat, mengekstrak, atau berinteraksi dengan file Zip dengan cara yang kompatibel.

Zip adalah format kompresi lossless : setelah dekompresi, data identik dengan data sebelum kompresi. Ia bekerja dengan menemukan redundansi dalam data sumber dan merepresentasikannya dengan lebih efisien. Ini berbeda dengan kompresi lossy , yang digunakan dalam format gambar dan suara seperti JPEG dan MP3, yang bekerja dengan menghilangkan fitur dari data yang kurang terlihat oleh mata atau telinga manusia, dll.

PKZip didistribusikan sebagai Shareware: dapat digunakan dan disalin secara bebas, tetapi pengguna didorong untuk “mendaftar” program. Untuk $47, seseorang akan menerima manual tercetak, dukungan premium, dan versi perangkat lunak yang disempurnakan.

Format Zip telah diadopsi oleh banyak format file lainnya. Misalnya, Arsip Java (file .jar) dan Paket Aplikasi Android (file .apk), serta file .docx Microsoft Office, semuanya menggunakan format Zip. Format dan protokol file lain menggunakan kembali algoritma kompresi yang digunakan dalam file Zip, Deflate. Misalnya, halaman web ini kemungkinan besar ditransfer ke browser web Anda sebagai file gzip, format yang menggunakan kompresi Deflate.Phil Katz meninggal pada tahun 2000. PKWare masih ada dan mempertahankan format Zip, meskipun mereka berfokus terutama pada perangkat lunak keamanan data.

By arcfree