Thu. Dec 8th, 2022

Program Kompresi File Video Gratis Terbaik untuk Windows 10 – Ukuran video yang Anda rekam dengan Smartphone atau kamera digital terkadang terlalu besar untuk penggunaan online. Video yang direkam dalam resolusi Full HD atau 4K dapat memakan waktu berjam-jam untuk diunggah ke salah satu layanan hosting file video dan sering kali melebihi batasan ukuran video di jaringan media sosial.

Program Kompresi File Video Gratis Terbaik untuk Windows 10

freearc – Pemilik PC yang sering mengunggah konten video ke akun media sosial mereka atau menjalankan saluran YouTube dapat dengan mudah mengompres rekaman mereka di Windows 10. Ada sejumlah opsi yang memungkinkan Anda untuk mengurangi ukuran video pada versi terbaru dari OS Windows, tetapi yang mana yang akan Anda pilih tergantung pada sejumlah faktor yang berkisar dari metode pilihan Anda untuk mengurangi ukuran file video. ukuran seberapa cepat proses kompresi.

Pada artikel ini, kami akan membawa Anda melalui sembilan kompresor video gratis terbaik untuk Windows 10 dan membantu Anda menemukan yang Anda rasa nyaman untuk digunakan.

Baca Juga : Ulasan PeaZip Kompresi File yang Serbaguna dan Berfitur Lengkap

Anda tidak memerlukan pengalaman mengedit video untuk mengompres video video dengan masing-masing kompresor video gratis untuk Windows 10 yang kami tampilkan dalam artikel ini. Sebelum Anda memilih satu kompresor video gratis atau yang lain, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa kemampuan kompresi filenya memenuhi permintaan Anda. Jadi, mari kita lihat kompresor video gratis terbaik untuk Windows 10.

1.Photos App

Original Photo App Windows 10 menawarkan spektrum luas alat pengeditan foto dan video yang dapat digunakan bahkan oleh editor foto dan video pemula. Selain fitur pengeditan foto standar yang memungkinkan Anda menyempurnakan foto hanya dengan beberapa klik, Aplikasi Foto juga memungkinkan Anda memangkas, menggabungkan, atau menambahkan hamparan teks dan filter ke video Anda.

Untuk mengompresi file video dengan Photo App , Anda perlu membuat proyek baru dengan mengeklik menu tarik-turun Video Baru dan memilih opsi Proyek Video Baru. Anda kemudian dapat mengimpor klip video yang ingin Anda kompres ke proyek yang Anda buat dan melakukan semua tugas pengeditan video lain yang Anda inginkan.

Setelah selesai, Anda harus mengklik tombol Selesai video dan memilih dari ukuran video keluaran Kecil, Sedang atau Besar sebelum Anda mulai mengekspor video. Satu-satunya downside adalah Anda tidak dapat memilih format file video yang Anda ekspor dari Photo App . Meski begitu, Anda dapat mengompres video MP4 ke ukuran yang lebih kecil dengan Photo App secara gratis, yang berguna jika Anda ingin mengompres video dengan cepat sebelum membagikannya di media sosial.

2. VLC

Ini mungkin salah satu pemutar media sumber terbuka terbaik yang pernah dibuat karena mendukung semua format file video. Selain kemampuan pemutaran video, VLC juga menawarkan sejumlah fitur pengeditan video yang dapat membantu Anda menghapus bagian klip video yang tidak diinginkan atau menerapkan filter dan efek. Ada tiga cara berbeda untuk mengompresi video di VLC.

Anda dapat mengonversi file dengan mengubah format file outputnya, menyesuaikan bitrate dan frame rate atau dengan memotong dan merekam segmen klip video yang ingin Anda kompres.

Cara tercepat dan termudah untuk mengurangi ukuran video di VCL adalah dengan mengubah format filenya. Anda dapat melakukannya dengan mengeklik opsi Konversi/Simpan di menu Media. Anda kemudian dapat memilih salah satu prasetel profil yang tersedia dari menu tarik-turun Profil dan memilih opsi yang paling sesuai untuk konteks di mana video akan digunakan. Secara opsional, Anda dapat mengeklik ikon Pengaturan di sebelah menu tarik-turun Profil jika Anda ingin menyesuaikan resolusi video secara manual.

3. Freemake Video Converter

Freemake Video Converter kompatibel dengan semua versi OS Windows yang dirilis sejak 2006, yang menjadikannya salah satu kompresor video gratis terbaik untuk Windows 10. Ini mendukung lebih dari lima ratus format file video, dan memungkinkan Anda mengubah foto dan audio file ke dalam video.

Setelah Anda menginstal dan menjalankan Freemake Video Converter, Anda harus mengimpor video ke dalam aplikasi dengan mengklik ikon +Video. Anda kemudian dapat memilih format output serta menentukan batas ukuran khusus dan klik OK untuk mengonfirmasi perubahan. Anda kemudian dapat menyelesaikan proses konversi file dengan mengklik tombol Convert.

Selain itu, Freemake Video Converter menawarkan fitur konversi batch dan memungkinkan Anda mengonversi banyak file secara bersamaan. Anda juga dapat menggunakan pengonversi file berbasis Windows ini untuk mengompresi file video Full HD dan 4K tanpa kehilangan kualitas.

4. HandBrake Video Transcoder

Jika Anda mencari kompresor video open source yang kompatibel dengan sistem operasi macOS, Windows 10 dan Linux, maka Anda tidak perlu mencari lebih jauh dari HandBrake Video Transcoder. Bagian terbaiknya adalah Anda dapat mengompres file video hanya dalam beberapa klik dengan transcoder video open source. Ada ratusan preset perangkat bawaan untuk dipilih, yang memungkinkan Anda mengoptimalkan video untuk ditampilkan di perangkat yang berbeda.

Yang harus Anda lakukan adalah mengimpor satu atau lebih klip video ke HandBrake Video Transcoder dan kemudian mengubah format file outputnya ke MP4. Setelah itu, Anda harus menuju ke tab Dimensi dan mengatur ukuran video terkompresi secara manual. Beralih ke tab Video untuk memilih prasetel pembuat enkode video baru dan klik tombol Mulai untuk mulai mengompresi video Anda.

5. AnyVideo Converter

Miro adalah salah satu konverter video termudah untuk Windows 10, yang gratis. Alasan pemujaan tersebut adalah bahwa perangkat lunak memiliki opsi drag and drop yang sederhana. Selain itu, aplikasi ini juga dapat diinstal pada sistem operasi Mac.

Seperti kebanyakan alat, Miro Video Converter memberi Anda dua opsi kompresi. Anda dapat mengompresi video dengan memilih pengaturan yang disesuaikan atau memilih format yang berbeda (salah satu yang memampatkan video seminimal mungkin). Selain itu, alat ini memungkinkan Anda untuk melakukan konversi video massal dengan memilih format standar.

Untuk mengompres video melalui Miro, instal program di PC Anda dan buka. Seret dan lepas video ke antarmuka Miro, atau cukup pilih lokasi folder tempat video itu ada. Kemudian klik pada tab “Format” dan pilih “MP4” (jangan ragu untuk memilih format pilihan Anda). Terakhir, klik tombol “Konversi”.

Anda dapat mengharapkan file video 1MB dikompresi menjadi 230KB setelah memilih format MP4. Namun, perbedaan konversi ini tidak tetap. Gagasan memberi tahu Anda tentang kesenjangan ukuran video ini adalah untuk membantu Anda memahami betapa hebatnya Miro bekerja dengan kompresi video.

6. VSDC Video Converter

VSDC Video Converter adalah alat kompresi video sumber terbuka yang tersedia secara gratis. Program ini mendukung semua format video utama, termasuk MP4 dan AVI. Demikian juga, ia bekerja mendukung semua sistem operasi Windows. Ini juga memiliki beberapa fitur lain, seperti editor bawaan untuk menghapus, membagi, dan menggabungkan file. Preset lanjutan untuk mengekspor video Anda ke perangkat dan format populer. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan bingkai video atau trek audio individual.

Untuk mengompres video, Anda harus terlebih dahulu mengunduh VSDC Video Converter dan menginstalnya di PC Anda. Setelah selesai, buka perangkat lunak dan klik pada tab “Format”. Selanjutnya, klik pada tab “PC” untuk mengunggah file Anda. Kemudian, klik “Ke” AVI, MPG, MOV, dll. Selanjutnya, pilih kualitas dari menu tarik-turun dan mulai konversi. Ingatlah bahwa kompresi video tergantung pada kualitas yang Anda pilih.

VSDC Video Converter adalah alat yang hebat untuk mengonversi file video berat menjadi versi terkompresi. Anda juga dapat bermain-main dengan opsi lain sebelum mengompresi file. Misalnya, Anda dapat memotong video sebelum mengompresnya ke kualitas apa pun.

7. XMedia Recode

XMedia Recode adalah kompresor video gratis. Perangkat lunak ini dapat diunduh di Windows 7, 8, 8.1, dan 10. Ini mendukung banyak format video, termasuk beberapa yang paling langka, seperti VP9 dan H.265. Itu karena untuk memastikan bahwa video dikompresi sekecil mungkin.

Selain fitur kompresi video, XMedia Recode juga menawarkan beberapa opsi yang bermanfaat, seperti penyesuaian bitrate audio dan video, penskalaan, fps, dan ukuran bingkai. Selain itu, ada banyak fitur pengeditan video lainnya, termasuk memotong, memutar, dan banyak lagi.

Anda akan menemukan antarmuka yang membingungkan jika Anda menggunakan XMedia Recode untuk pertama kalinya. Masalah yang paling umum adalah bahwa pengguna baru tidak dapat mengklik tombol “Encode” untuk memulai proses konversi video, karena mereka tidak memilih tombol “Add to Queue”. Jadi, inilah yang perlu Anda lakukan untuk mengompresi video Anda secara gratis di Windows 10 dengan XMedia Recode.

Setelah mengunduh dan menginstal XMedia Recode di komputer Anda, pilih opsi “File” dan pilih “Open File” untuk menambahkan video yang ingin Anda kompres. Kemudian, klik pada tab “Format” dan pilih profil target atau format output. Selanjutnya, klik pada tab “Video”, dan pilih “Salin” atau “Konversi” dari menu tarik-turun “Mode”. Terakhir, klik tombol “Tambahkan ke Antrian” di menu atas dan klik tombol “Encode”.

Jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, tombol “Encode” harus diaktifkan. Juga, kami sarankan untuk memilih opsi “Salin” dari menu “Mode”. Kenapa begitu? Itu karena akan memampatkan file tanpa kehilangan kualitasnya. Namun, jika Anda ingin mengonversinya tanpa khawatir akan gangguan kualitas, Anda dapat memilih opsi “Konversi”.

By arcfree