Keuntungan dari Penggunaan Kompresi File

Keuntungan dari Penggunaan Kompresi File

Keuntungan dari Penggunaan Kompresi File – Buat Anda yang pernah mencoba mengupload file ke website atau attachment di email, tentu Anda akan mendapatkan pesan jika file yang akan dikirimkan terlalu besar ukurannya. Tentu yang harus Anda lakukan adalah melakukan cara-cara supaya file Anda dapat diupload tanpa harus mengurangi kualitas dari file tersebut. Salah satu cara terbaik yang akan membantu Anda mengecilkan ukuran file dengan tetap menjaga kualitasnya adalah dengan melakukan kompresi file.

Mungkin sebagian Anda ada yang belum tau apa itu kompresi file? Kompresi file merupakan proses dimana file-file yang akan Anda kirimkan nanti dikecilkan ukurannya. Software-software kompresi file akan memperbolehkan Anda mengambil banyak file kemudian menjadikannya ke dalam sebuah file yang mana ukuran file gabungan ini akan lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran file yang originalnya. Untuk kompresi file sendiri dapat memiliki beberapa artian dan yang paling sederhana adalah mengurangi ukuran dari sebuah file. Jadi jika Anda nanti ingin upload file baik dalam bentuk dokumen, gambar ataupun yang lainnya, maka ada batas ukuran yang dapat diperbilehkan. Dan biasanya batas ukuran file adalah 25MB. Jadi jika ukuran file yang akan Anda kirimkan lebih dari itu maka Anda perlu mengurangi lagi ukurannya.

Selain mengurangi ukurannya, kompresi file juga digunakan ketika Anda ingin mendeskripsikan proses yang akan membuat beberapa file tergabung ke dalam satu file. Biasanya nanti file-file yang digabung tersebut akan berubah menjadi format RAR ataupun ZIP jadi lebih praktis ketika akan dibagikan ke orang lain. Tidak hanya itu, file yang dibagikan dalam format gabungan tentu akan jauh lebih mudah sebab ukurannya sendiri yang semakin kecil.

Kompresi file dibuat tentu bukan tanpa tujuan. Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas bahwa kompresi file dibuat dengan tujuan agar penyimpanan data akan jauh lebih maksimal. Ada banyak keuntungan yang akan didapatkan ketika melakukan kompresi file. Dengan kompresi file, tentu penyimpanan file jauh lebih efisien. Anda dapat menyimpan dan backup data dengan jauh lebih cepat sebab ukuran dari file yang dikirimkan jauh lebih kecil. Jika Anda pernah mengupload file sebelumnya ke website Anda dikarenakan sizenya yang terlalu besar, maka dengan kompresi file ini size tersebut akan diubah menjadi lebih kecil jadi memudahkan proses pengupload-annya. Tentunya, size yang lebih kecil juga tidak hanya memungkinkan file tersebut mudah diupload tapi juga mudah didownload.

Selain itu, keuntungan menggunakan kompresi file adalah supaya bisa di attach di email. Jadi, layanan email juga akan memberikan batasan kepada ukuran file yang nantinya akan diupload. Misalnya saja Anda akan menggunakan Gmail, Anda tidak bisa mengirimkan file lewat Gmail jika file yang dikirim lebih besar dari 25MB. Tapi lebih dari size itu tentu filenya akan langsung diupload ke Google Drive secara otomatis oleh Google. Dan supaya file Anda dapat diupload sebagai attachment di email, tentu Anda perlu ukuran file yang lebih kecil. Dan disinilah Anda akan sangat membutuhkan kompresi file.

Jika Anda ingin melakukan kompresi file dengan tujuan untuk mengurangi ukuran filenya, ada banyak website gratis yang kini bisa Anda gunakan. Dengan ukuran gambar yang lebih kecil, Anda dapat mengoptimasi kecepatan dari website judi bola Anda. Jadi banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan dari kompresi file. Anda perlu mencari software yang mudah Anda pahami supaya penggunaan software tersebut juga maksimal.