Tue. Aug 16th, 2022

Cara Zip File dan Membuka Zip File di Windows 10, Komputer dan Ponsel, Seiring waktu, koleksi foto, video, dokumen, dan game Anda dapat menghabiskan banyak ruang. Untungnya, ada cara untuk mengosongkan ruang penyimpanan tanpa harus menghapus apa pun.

Anda dapat mengompres banyak file menjadi file ZIP, yang mengurangi ukuran file tanpa menghapus apa pun. Membuat zip file adalah cara yang bagus untuk membagikannya, atau untuk menyimpan file yang tidak sering Anda buka.

Berikut cara zip file di setiap perangkat dan sistem operasi populer.

Cara zip file di PC Windows

1. Pilih semua file yang ingin Anda zip. Anda dapat menyeret kotak di sekelilingnya, atau menahan Ctrl dan mengeklik masing-masing kotak satu per satu.

2. Klik kanan salah satu file dan pilih Send to , lalu pilih Compressed (zip) folder .

3. Sebuah file ZIP akan muncul berisi semua data terkompresi. Jangan ragu untuk mengganti nama atau memindahkan file ini sesuka Anda.

Jika Anda ingin lebih mengontrol cara file dikompresi, coba gunakan aplikasi seperti WinZip atau WinRar.

Cara zip file di Mac

1. Pilih semua file yang ingin Anda zip. Anda dapat menyeret kotak di sekitarnya, atau menahan Command dan mengklik masing-masing satu per satu.

2. Klik kanan salah satu file dan pilih Kompres .

3. Sebuah file ZIP akan muncul berisi semua data terkompresi. Jangan ragu untuk mengganti nama atau memindahkan file ini sesuka Anda.

Cara zip file di Chromebook

1. Di aplikasi File, pilih semua file yang ingin Anda zip. Anda dapat menyeret kotak di sekelilingnya, atau menahan Ctrl dan mengeklik masing-masing kotak satu per satu.

2. Klik kanan salah satu file dan pilih Zip selection .

3. Sebuah file ZIP akan muncul berisi semua data terkompresi. Jangan ragu untuk mengganti nama atau memindahkan file ini sesuka Anda.

Cara zip file di Linux

Menurut freearc.org Tidak seperti sistem lain, Anda harus menggunakan baris perintah untuk meng-zip file di komputer Linux.

1. Buka jendela perintah dengan menekan Ctrl + Alt + T .

2. Di jendela perintah, ketik:

zip [nama file zip yang Anda inginkan].zip [file yang ingin Anda zip]

Jadi misalnya, jika Anda ingin meng-zip file teks bernama “cat” dan gambar bernama “dog” ke dalam file ZIP bernama “animals”, Anda harus mengetik:

zip animal.zip cat.txt dog.jpg

File Anda akan “mengempis” — istilah Linux untuk mengompresi — dan kemudian membentuk file ZIP. Itu akan muncul di direktori yang sama dengan file asli, dan Anda akan melihat persentase yang menunjukkan seberapa terkompresi setiap file.

Cara zip file di iPhone atau iPad

1. Buka aplikasi File dan temukan file yang ingin Anda zip.

2. Di iPhone, ketuk tiga titik (…) di pojok kanan atas, lalu Pilih . Di iPad, cukup ketuk Pilih di sudut kanan atas.

3. Ketuk semua dokumen yang ingin Anda zip.

4. Pilih tiga titik (iPhone) atau Lainnya (iPad) di sudut kanan bawah dan tekan Compress .

File ZIP akan disimpan ke folder yang Anda pilih.

Cara zip file di Android

Tergantung pada perangkat Android Anda, Anda mungkin memiliki aplikasi File Manager sebagai cara bawaan untuk membuat file ZIP. Tetapi jika tidak ada, mengunduh aplikasi pihak ketiga seperti WinZip adalah cara mudah untuk meng-zip file Anda. Perhatikan bahwa untuk menggunakan semua fitur WinZip, Anda harus membeli versi premium.

Menggunakan Manajer File

1. Buka aplikasi File Manager dan pindahkan semua lalat yang ingin Anda kompres ke satu folder.

2. Ketuk tiga titik di sudut kanan.

3. Pilih semua item yang ingin Anda zip, dan di bagian bawah ketuk Kompres .

4. Kemudian pilih Simpan dan folder baru akan dibuat dengan file terkompresi.

Menggunakan WinZip

1. Unduh dan buka WinZip , lalu berikan akses ke file Anda saat diminta.

2. Anda akan melihat daftar folder, masing-masing dengan jenis media yang berbeda di perangkat Anda. Buka folder pilihan Anda.

3. Jika Anda memilih satu file, tekan tiga titik langsung di sebelah kanannya. Jika Anda memilih beberapa file, tahan jari Anda pada salah satu file, lalu pilih semua file yang Anda inginkan.

4. Ketuk Zip .

5. Pilih lokasi penyimpanan (Penyimpanan, google Drive, dll.) dan pilih Zip here .

Cara membuka zip file di Windows 10

File ZIP berisi beberapa file terkompresi di dalamnya, mengurangi ukuran keseluruhan file untuk menghemat ruang penyimpanan. Tetapi untuk menggunakan file-file itu, Anda harus mengekstraknya. Untungnya, Windows 10 memiliki alat bawaan untuk melakukan hal itu. Berikut cara unzip file di Windows 10.

Lihat apa yang ada di dalam file ZIP

Sebelum Anda mulai membuka ritsleting file, Anda mungkin ingin memeriksa apa yang ada di dalamnya. Kembali pada hari itu, Anda harus mengunduh perangkat lunak pihak ketiga untuk melakukan ini. Sekarang, Windows memungkinkan Anda mengintip ke dalam hanya dengan mengklik dua kali file tersebut—dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan dengan folder. Anda juga dapat membuka file di dalam file ZIP dengan mengklik dua kali.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun Anda dapat melihat file tersebut, Anda harus membuka ritsletingnya sebelum benar-benar menggunakannya . Jika tidak, Anda tidak akan dapat menyimpan suntingan apa pun yang Anda buat pada file tersebut, dan file penginstalan tidak akan berfungsi dengan baik jika Anda mencoba menjalankannya.

Buka zip semua file dalam file ZIP

Jika file ZIP berisi banyak file, Anda dapat meng-unzip semuanya sekaligus. Pertama, cari file ZIP dan kemudian klik kanan. Di menu konteks yang muncul, klik “Ekstrak Semua.”

Atau, Anda dapat mengklik dua kali file ZIP untuk membukanya dan kemudian klik “Ekstrak Semua” di sudut kanan atas File Explorer.

Anda kemudian akan diminta untuk memilih tujuan untuk file yang diekstraksi. Lokasi file ZIP saat ini akan menjadi lokasi yang dipilih untuk file yang diekstraksi secara default. Jika Anda ingin mengubahnya, klik “Jelajahi”.

File Explorer akan terbuka. Arahkan ke lokasi Anda ingin mengekstrak file dan kemudian klik “Pilih Folder.”

Setelah dipilih, klik tombol “Ekstrak”.

Windows sekarang akan mulai membuka ritsleting file. Waktu yang diperlukan untuk mengekstrak file tergantung pada ukuran dan jumlah file. Setelah proses selesai, file yang tidak di-zip akan muncul di folder di tujuan yang dipilih.

Klik dua kali folder file yang tidak di-zip untuk mengakses dan menggunakan file.

Buka zip satu file dalam file ZIP

Jika Anda tidak memerlukan semua file dalam file ZIP, Anda dapat mengekstrak satu file darinya. Pertama, cari dan klik dua kali file ZIP untuk membukanya. Selanjutnya, klik file yang ingin Anda unzip untuk memilihnya. File disorot dengan warna biru saat dipilih.

Baca Juga : Software Kompresi File Gratis Zip Archiver

Setelah dipilih, cukup klik dan seret file ke lokasi baru. File tersebut kemudian disalin ke lokasi baru.

Anda juga dapat menggunakan alat pihak ketiga

Jika Anda jarang bekerja dengan file ZIP, fitur asli Windows 10 sudah cukup. Tetapi jika Anda sering melakukan zip dan unzip file, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan alat pihak ketiga—khususnya, 7-Zip . Ini benar-benar gratis, memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi daripada alat Windows 10, memungkinkan Anda untuk mengenkripsi dan melindungi file Anda dengan kata sandi , dan memungkinkan Anda membuka jenis file arsip lain selain dari ZIP, seperti RAR, ISO, FAT, dan banyak lagi.

Setelah selesai mengaduk-aduk 7-Zip, lihat pilihan kami yang lain untuk perangkat lunak gratis terbaik untuk PC Anda . Ada banyak pilihan bagus tanpa biaya di luar sana.

Apa itu 7-Zip

7-Zip adalah pengarsip file sumber terbuka dan gratis, utilitas yang digunakan untuk menempatkan grup file dalam wadah terkompresi yang dikenal sebagai “arsip”. Ini dikembangkan oleh Igor Pavlov dan pertama kali dirilis pada tahun 1999. 7-Zip memiliki format arsip sendiri yang disebut 7z , tetapi dapat membaca dan menulis beberapa format lainnya.

Program ini dapat digunakan dari antarmuka baris perintah sebagai perintah p7zip , atau melalui antarmuka pengguna grafis yang juga dilengkapi integrasi shell. Sebagian besar kode sumber 7-Zip berada di bawah lisensi LGPL-2.1 atau yang lebih baru ; kode unRAR , bagaimanapun, berada di bawah lisensi LGPL-2.1-atau yang lebih baru dengan “pembatasan unRAR”, yang menyatakan bahwa pengembang tidak diizinkan menggunakan kode untuk merekayasa balik algoritma kompresi RAR .

Sejak versi 21.01 alpha, dukungan Linux awal telah ditambahkan ke upstream alih-alih proyek p7zip.

7z

Secara default, 7-Zip membuat arsip format 7z dengan .7z ekstensi file . Setiap arsip dapat berisi beberapa direktori dan file. Sebagai format wadah , keamanan atau pengurangan ukuran dicapai dengan mencari kesamaan di seluruh data menggunakan kombinasi filter yang ditumpuk. Ini dapat terdiri dari pra-prosesor, algoritma kompresi , dan filter enkripsi .

Kompresi inti 7z menggunakan berbagai algoritma , yang paling umum adalah bzip2 , PPMd , LZMA2 , dan LZMA . Dikembangkan oleh Pavlov, LZMA adalah sistem yang relatif baru, memulai debutnya sebagai bagian dari format 7z. LZMA menggunakan kamus geser berbasis LZ dengan ukuran hingga 3840 MB, didukung oleh coder jangkauan .

Format file asli 7z terbuka dan modular . Nama file disimpan sebagai Unicode .

Pada tahun 2011, TopTenReviews menemukan bahwa kompresi 7z setidaknya 17% lebih baik daripada ZIP , dan situs 7-Zip sendiri sejak tahun 2002 melaporkan bahwa meskipun hasil rasio kompresi sangat bergantung pada data yang digunakan untuk pengujian, “Biasanya, 7-Zip mengompres ke format 7z 30–70% lebih baik daripada format zip, dan 7-Zip mengompres ke format zip 2–10% lebih baik daripada kebanyakan program kompatibel zip lainnya.”

Spesifikasi format file 7z didistribusikan dengan kode sumber program, di sub-direktori “doc”.

Format lain

7-Zip mendukung sejumlah format arsip kompresi dan non-kompresi lainnya (baik untuk mengemas dan membongkar), termasuk ZIP , gzip , bzip2 , xz , tar , dan WIM . Utilitas ini juga mendukung pembongkaran APM , ar , ARJ , chm , cpio , deb , FLV , JAR , LHA/LZH , LZMA , MSLZ, Office Open XML , onepkg , RAR , RPM , smzip ,SWF , XAR , dan Z arsip dan cramfs , DMG , FAT , HFS , ISO , MBR , NTFS , SquashFS , UDF , dan gambar disk VHD . 7-Zip mendukung format ZIPX untuk membongkar saja. Ini telah mendapat dukungan ini setidaknya sejak versi 9.20, yang dirilis pada akhir 2010.

7-Zip dapat membuka beberapa file MSI , memungkinkan akses ke file meta di dalamnya bersama dengan konten utama. Beberapa format penginstal Microsoft CABINET FILES ( kompresi LZX ) dan NSIS (LZMA) dapat dibuka. Demikian pula, beberapa program Microsoft yang dapat dijalankan ( .EXEs ) yang merupakan arsip yang mengekstrak sendiri atau mengandung konten yang diarsipkan (misalnya, beberapa file pengaturan) dapat dibuka sebagai arsip.

Saat mengompresi file ZIP atau gzip, 7-Zip menggunakan encoder DEFLATE -nya sendiri , yang dapat mencapai kompresi lebih tinggi, tetapi dengan kecepatan lebih rendah, daripada implementasi zlib DEFLATE yang lebih umum. Implementasi 7-Zip deflate encoder tersedia secara terpisah sebagai bagian dari rangkaian alat AdvanceCOMP .

Mesin dekompresi untuk arsip RAR dikembangkan menggunakan kode sumber yang tersedia secara bebas dari program unRAR, yang memiliki batasan lisensi terhadap pembuatan kompresor RAR. 7-Zip v15.06 dan yang lebih baru mendukung ekstraksi file dalam format RAR5. Beberapa sistem pencadangan menggunakan format yang didukung oleh program pengarsipan seperti 7-Zip; misalnya, beberapa cadangan Androidtar dalam format, dan dapat diekstraksi oleh pengarsip seperti 7-Zip.

7-Zip ZS, port 7-Zip FM dengan dukungan Zstandard .zst (dan format lainnya), dikembangkan oleh Tino Reichardt.

Modern7z, plugin Zstandard .zst (dan format lainnya) untuk 7-Zip FM, dikembangkan oleh Denis Anisimov (TC4shell).

Catatan: Saat Anda membeli sesuatu setelah mengklik tautan di artikel kami, kami mungkin mendapat komisi kecil. Baca kebijakan tautan afiliasi kami untuk detail selengkapnya.

By arcfree