Cara Mengunci Folder di Komputer Windows dan MacOS

Cara Mengunci Folder di Komputer Windows dan MacOS – Komputer atau laptop Anda mungkin memiliki folder yang berisi informasi sensitif dan pribadi. Namun, Anda tidak tahu cara melindungi folder ini agar tidak dibuka oleh orang lain.

Cara Mengunci Folder di Komputer Windows dan MacOS

 Baca Juga : Inilah Folder dan File Default Windows yang Tidak Boleh Dihapus

freearc – Faktanya, Anda tahu bahwa sistem operasi pada Windows atau MacOs memberi Anda opsi untuk melindungi folder-folder ini dengan kata sandi!

Silakan lihat langkah-langkah berikut

Windows 10

Bila Kamu melaksanakan Windows 10 Membela, sesungguhnya terdapat sistem proteksi bawaan. Bila seorang memindahkan file Kamu ke pc lain, berupaya mengakses konten Kamu, mereka butuh mengenali tutur isyarat akun Kamu.

Tetapi, butuh diketahui, siapa juga yang memakai pc serta akun Kamu hendak senantiasa mempunyai akses.

Buat menata berkas Kamu dengan tutur isyarat dapat mengikut tahap selanjutnya:

Klik kanan pada file yang Kamu seleksi serta seleksi“ Properties” dari menu.

Timbul kotak yang berisikan perinci dari berkas yang Kamu mau proteksi, Klik“ Advanced” dibagian kolom“ General”.

Centang kotak di sisi“ Encrypt contents to secure informasi” dibagian dasar. Kemudian klik“ OK”.

Klik“ Apply”

serta kala dimohon, seleksi apakah Kamu mau seluruh berkas dalam direktori itu dienkripsi, ataupun cuma berkas tingkatan atas. Sehabis Kamu menyudahi, klik“ OK”.

Cara mengenkripsi ataupun mengancing berkas hendak tergantung dari dimensi serta konten berkas alhasil butuh sebagian dikala buat menyelesaikannya.

Sehabis berakhir, informasi Kamu hendak dienkripsi serta dilindungi dari siapa juga di akun ataupun sistem lain. Berkas Kamu serta seluruh informasinya saat ini dilindungi tutur isyarat oleh akun Kamu.

Opsi pengarsipan

Tidak hanya itu, terdapat alternatif lain untuk konsumen Windows dengan cara biasa ialah dengan menggunakan program dokumentasi pihak kegita ataupun sebagian wujud fitur lunak kompresi buat meningkatkan tutur isyarat ke berkas.

Opsinya merupakan memakai 7- Zip, program kompresi ZIP pangkal terbuka( open- source) yang telah ada dengan cara free kepunyaan developer Rusia, Igor Pavlov.

Berikut caranya:

Buka laman unduhan 7- Zip serta seleksi unduhan yang pas buat Kamu. Beberapa besar konsumen wajib memilah tipe Windows 64- bit x64. Sehabis mengunduh, instal semacam yang Kamu jalani pada fitur lunak lain serta jalankan.

Temui berkas yang mau Kamu proteksi dengan tutur isyarat dalam antarmuka 7- Zip penting serta klik ciri bonus hijau di ujung kiri atas aplikasi. Metode yang lain, hela serta bebas berkas di mana saja dalam antarmuka 7- Zip penting.

Seleksi ZIP

dari menu drop- down pas di sisi alternatif bentuk“ Arsip” buat membenarkan berkas senantiasa cocok di pc tanpa menginstal 7- Zip.

Setelah itu, masukkan kembali tutur isyarat yang Kamu mau buat berkas itu di kolom bacaan yang terdapat di bagian kanan kotak jendela.

Klik tombol OK

sehabis berakhir memuat tutur sandinya serta izinkan faedah buat membuat imitasi terkompresi serta terenkripsi dari berkas yang mau Kamu proteksi tutur isyarat.

Sehabis file ZIP yang dilindungi tutur isyarat terbuat, ujilah buat membenarkan kalau itu berperan dengan betul dengan berupaya mengakses konten apa juga yang terdapat di dalamnya.

Sehabis Kamu ketahui itu dilindungi, lenyap berkas asli alhasil tidak dapat lagi ditemui. Tidak butuh mempunyai 2 ilustrasi informasi yang serupa, paling utama sebab berkas asli senantiasa tidak aman.

Baca Juga : Dapatkah Windows 10 32-bit Ganti Ke Windows 10 64-bit

MacOs

Berlainan dengan Windows, MacOs Apple tidak mempunyai keahlian asli buat meningkatkan proteksi berkas dengan tutur isyarat.

Tetapi, Kamu bisa meningkatkan tutur isyarat dengan membuat image disk terenkrispi lewat“ Disk Utility” asli sistem pembedahan— suatu aplikasi yang telah diinstal tadinya di nyaris seluruh fitur Mac.

Selanjutnya metode buat membuat berkas Kamu terenkripsi dengan“ Disk Utility”:

Buka“ finder” Kamu serta klik berkas“ Applications” buat menciptakan” Disk Utility”.

Metode mudahnya Kamu bisa memakai Spotlight, perlengkapan pelacak di Mac buat mencari aplikasi ini dengan mengetik“ Disk Utility”. Sehabis bertemu, buka aplikasinya.

Sehabis aplikasi dibuka, klik“ File” di kafe atas sisi logo Apple.

Seleksi“ New Images” serta seleksi“ Image from Berkas”. Dari mari, Kamu bisa menciptakan file yang mau Kamu proteksi dengan tutur isyarat.

Sehabis memilah foldernya, tekan tombol“ Seleksi”.

Timbul kotak hal perinci berkas hendak ditaruh dengan julukan apa serta di mana, klik pada bagian dibawah yang bertuliskan“ Image Bentuk” serta seleksi“ baca atau catat”. Kemudian klik di sisi bagian yang tercatat“ Enkripsi” serta seleksi enkripsi AES 128- bit.

Saat ini Kamu hendak dimohon buat membagikan tutur isyarat pada berkas yang Kamu mau proteksi. Masukkan tutur isyarat yang Kamu mau, kemudian klik“ Seleksi”. Sehabis Kamu berakhir, klik“ Simpan”. Faedah Disk hendak mengerjakan serta memberitahu Kamu dikala berakhir.

Sehabis image disk yang dilindungi tutur isyarat terbuat, yakinkan itu berperan begitu juga mestinya dengan berupaya mengakses isinya.

Buka berkas yang telah dilindungi dengan tutur isyarat itu. Yakinkan itu berperan begitu juga mestinya dengan berupaya mengakses kontennya dengan memasukkan tutur isyarat Kamu.

Sehabis ditentukan dilindungi begitu juga mestinya, lenyap berkas asli alhasil tidak dapat lagi ditemui. Ini sejenis memasukkan flash disk ke Mac Kamu, beliau tidak berupa berkas melainkan disk lagi yang membutuhkan otentikasi( tutur isyarat) dikala Kamu berupaya membukanya.