Tue. Jun 28th, 2022

Cara Mengompresi File ke Arsip ZIP di Windows – “Zipping” di Windows adalah saat Anda menggabungkan beberapa file ke dalam satu folder seperti file dengan ekstensi file .zip. Ini terbuka seperti folder tetapi bertindak seperti file, karena itu adalah satu item. Ini juga memampatkan file untuk menghemat ruang disk.

Cara Mengompresi File ke Arsip ZIP di Windows

freearc  – Pelajari cara membuat file ZIP di Windows 10, 8, dan 7.  Anda dapat mengompres file di Windows dengan mudah menggunakan File Explorer. Berikut caranya:

1. Menggunakan File Explorer, navigasikan ke tempat file atau folder yang ingin Anda buat menjadi file ZIP. File-file ini dapat di mana saja di komputer Anda, termasuk hard drive eksternal dan internal.

Tip ; Menekan Tombol Windows + E akan membuka Windows File Explorer.

Baca Juga : Software Kompresi File Terbaik 2022 

2. Pilih file yang ingin Anda kompres. Jika Anda ingin zip semua file di satu lokasi, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard Ctrl + A untuk memilih semuanya.

Jika mereka tidak berada di satu lokasi, tekan dan tahan tombol kiri mouse dan seret semua objek yang ingin Anda pilih. Item yang Anda pilih akan memiliki kotak biru muda di sekelilingnya, seperti yang terlihat di sini.

Tip ; Tekan dan tahan tombol Ctrl sambil memilih file yang ingin Anda zip. Ini akan secara otomatis memilih setiap file yang berada di antara dua item yang Anda klik. Sekali lagi, semua item yang Anda pilih akan disorot dengan kotak biru muda.

3. Setelah file Anda dipilih, klik kanan salah satunya untuk membuka menu opsi. Pilih Kirim ke > Folder terkompresi (zip) .

Jika Anda mengirim semua file dalam folder tertentu, opsi lainnya adalah memilih seluruh folder. Misalnya, jika foldernya adalah Documents > Email items > Stuff to send , Anda bisa masuk ke folder Email items dan klik kanan Stuff to send untuk membuat file ZIP.

Tip ; Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak file ke arsip setelah file ZIP dibuat, cukup seret file tepat di atas file ZIP dan file akan ditambahkan secara otomatis.

4. Setelah Anda zip file, folder baru muncul di sebelah koleksi asli dengan ritsleting besar di atasnya, menunjukkan bahwa itu telah di-zip. Ini akan secara otomatis menggunakan nama file terakhir yang Anda zip.

Anda dapat membiarkan namanya apa adanya atau mengubahnya menjadi apa pun yang Anda suka. Klik kanan file ZIP dan pilih Ganti Nama .

Sekarang file siap dikirim ke orang lain, dicadangkan di hard drive lain, atau disimpan di layanan penyimpanan cloud favorit Anda. Salah satu kegunaan terbaik dari file zip adalah untuk mengompresi gambar besar untuk dikirim melalui email, mengunggah ke situs web, dan sebagainya.

Yang Perlu Diketahui

  • Temukan dan pilih file yang ingin Anda kompres di File Explorer, lalu klik kanan dan pilih Send to > Compressed (zip) folder .
  • Folder baru muncul di sebelah file asli dengan ritsleting besar di atasnya, menunjukkan bahwa itu zip.
  • File ZIP baru secara otomatis menggunakan nama file terakhir yang Anda zip. Untuk mengubahnya, klik kanan padanya dan pilih Rename.

Apa itu File ZIP?

File dengan ekstensi file ZIP adalah file terkompresi ZIP dan merupakan format arsip yang paling banyak digunakan. Seperti format file arsip lainnya, yang satu ini hanyalah kumpulan dari satu atau lebih file dan/atau folder, tetapi dikompresi menjadi satu file untuk transportasi dan kompresi yang mudah.

Penggunaan File ZIP

Penggunaan paling umum untuk file ZIP adalah untuk unduhan perangkat lunak. Membuat zip program perangkat lunak menghemat ruang penyimpanan di server, mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengunduhnya ke komputer, dan menyimpan ratusan atau ribuan file yang tertata rapi dalam satu file.

Cara Membuka File ZIP

Cara termudah untuk membuka file ZIP adalah dengan mengklik dua kali dan biarkan komputer Anda menunjukkan folder dan file yang ada di dalamnya. Di sebagian besar sistem operasi, termasuk Windows dan macOS, file ZIP ditangani secara internal, tanpa memerlukan perangkat lunak tambahan apa pun.

Alat dan Kemampuan Lainnya

Namun, ada banyak alat kompresi/dekompresi yang dapat digunakan untuk membuka (dan membuat!) file ZIP . Ada alasan mengapa mereka sering disebut sebagai alat zip/unzip!

Termasuk Windows, hampir semua program yang meng- unzip file ZIP juga memiliki kemampuan untuk meng- zipnya ; dengan kata lain, mereka dapat memampatkan satu atau lebih file ke dalam format ZIP. Beberapa juga dapat mengenkripsi dan melindungi mereka dengan kata sandi.

Cara Mengonversi File ZIP

File hanya dapat dikonversi ke format yang serupa. Misalnya, Anda tidak dapat mengonversi gambar JPG menjadi video MP4 , sama seperti Anda tidak dapat mengonversi file ZIP ke PDF atau MP3 .

Jika ini membingungkan, ingatlah bahwa file ZIP hanyalah wadah yang menyimpan versi terkompresi dari file sebenarnya yang Anda cari. Jadi, jika ada file di dalam file ZIP yang ingin Anda konversi—seperti PDF ke DOCX atau MP3 ke AC3 —Anda harus mengekstrak file terlebih dahulu menggunakan salah satu metode yang dijelaskan di bagian di atas, lalu mengonversi file yang diekstrak tersebut dengan pengonversi berkas .

Dengan demikian, mengonversi antar format arsip adalah permainan yang adil (lihat di bawah), sama seperti bagaimana Anda dapat mengonversi antar format gambar. Jadi, jika Anda ingin mengonversi ZIP ke 7Z atau TAR.GZ, Anda hanya perlu mencari konverter yang mendukung format tersebut.

By arcfree