Sat. Jun 15th, 2024

Cara Mengompres File PDF Besar-besaran PDF adalah salah satu format dokumen paling populer baik online maupun offline. Mereka telah menjadi format perdana untuk mendokumentasikan dan menerbitkan artikel akademik, manual teknis, dan eBuku.

Cara Mengompres File PDF Besar-besaran

freearc Versi Adobe Acrobat terbaru memungkinkan dokumen PDF diekspor ke dan diimpor dari berbagai format berpemilik lainnya. Dibandingkan dengan dokumen kata, bagaimanapun, versi PDF dari file yang sama akan menempati lebih banyak ruang disk. Selanjutnya, file PDF besar tidak cocok untuk lampiran email.

Acrobat

Editor dokumen PDF di Acrobat dapat melakukan beberapa hal untuk mengurangi ukuran keseluruhan. Misalnya, ubah gambar menjadi format JPEG atau GIF, bukan bitmap, untuk mengurangi ukuran dokumen. Mengurangi ukuran font juga akan mengurangi ukuran dokumen. Selanjutnya, jika dokumen berupa teks biasa, Anda dapat mengonversi dokumen PDF menjadi skala abu-abu.

Format skala abu-abu dapat menurunkan ukuran dokumen hingga lebih dari 50 persen, yang merupakan perbedaan besar ketika berhadapan dengan ukuran file PDF yang sangat besar.

Baca Juga : 3 Cara Mengompres File Besar 

WinZip

Winzip adalah perangkat lunak kompresor default untuk sistem operasi Windows dan Mac. Versi terbaru Winzip tersedia untuk jejak gratis selama 45 hari. Versi lama juga tersedia untuk diunduh dan bebas digunakan tanpa batas waktu. Untuk mengompres file PDF, cari file di folder dan klik kanan di atasnya. Pilih “Kirim Ke | Folder Terkompresi (zip).” Meskipun mungkin berbeda dari satu dokumen PDF ke yang lain, Winzip dapat mengurangi ukuran file sebanyak 20 persen.

WinRaR

WinRAR adalah perangkat lunak pengarsipan file shareware. Di antara fitur lainnya, perangkat lunak ini menawarkan utilitas untuk mengompres file besar dari semua format. Saat file diekstraksi dari WinRAR, seperti dengan WinZip, dokumen yang diambil akan mempertahankan format aslinya.

Kompresor tidak berkompromi dengan salah satu elemen dokumen. Untuk mengompres dokumen PDF, setelah WinRAR diinstal, cari file di folder dan klik kanan di atasnya. Pilih “Tambahkan ke rar.” WinRAR adalah perangkat lunak gratis dan meskipun mungkin berbeda dari satu dokumen PDF ke dokumen lainnya, ini dapat mengurangi ukuran file sebanyak 25 persen.

Metode Lain

Ada perangkat lunak kompresor PDF khusus yang mengecilkan file PDF besar menjadi ukuran yang lebih kecil. Lihat bagian Sumber Daya untuk tautan unduhan. Ada juga situs web yang mengompres file PDF secara online. Kompresor online mengharuskan Anda untuk mengunggah dan mengirimkan file PDF dan kemudian mengunduh file dari situs web setelah dikompresi. Lihat bagian sumber daya di bawah ini untuk tautannya.

Adobe Acrobat 9

Cara termudah untuk mengurangi ukuran file dokumen PDF adalah, daripada mengklik Ikon “Simpan”, klik “File” dan klik “Simpan sebagai” setiap kali Anda membuat perubahan pada dokumen. Adobe Acrobat 9 memiliki fitur yang secara otomatis mengoptimalkan ukuran file dalam satu langkah.

Pilihan lainnya adalah dengan memilih “Document | Reduce File Size” untuk memperkecil ukuran file. Perintah Kurangi Ukuran File memampatkan struktur dokumen, gambar, dan ukuran font. Format file tidak akan tetap sama setelah kompresi dan ini dapat mempengaruhi kualitas dokumen.

Cara Mengubah Rasio Skala di PDF

Terkadang ukuran file PDF tidak ideal. PDF satu halaman mungkin terlalu besar atau terlalu kecil untuk kebutuhan Anda, sementara dokumen multi halaman mungkin memiliki beberapa halaman yang diskalakan dalam ukuran letter, yang lain dalam ukuran legal, dan lainnya yang bukan ukuran standar sama sekali.

Bagaimana Anda menskalakan atau mengubah ukuran PDF bergantung pada apakah itu satu halaman atau tidak. Halaman tunggal biasanya dapat diskalakan seperti yang Anda lakukan pada gambar. PDF multi halaman bisa lebih merepotkan.

Mengubah Ukuran File PDF Satu Halaman

Jika PDF Anda adalah satu halaman, Anda dapat menskalakannya seperti file gambar lainnya, asalkan file pengeditan gambar Anda mendukung PDF dan sebagian besar melakukannya. Anda dapat mengubah ukuran PDF dalam inci, piksel, sentimeter, atau dengan menentukan persentase. Sebagian besar editor gambar membatasi proporsi secara default, tetapi Anda dapat menimpanya dengan mengeklik kotak centang.

Di Adobe Photoshop, skala PDF satu halaman menggunakan alat Transform. Buka PDF di Photoshop, pilih seluruh gambar, pilih “Transform” di menu Edit dan klik “Scale.” Masukkan ukuran di bidang untuk tujuan itu.

Jika Anda tidak memiliki Photoshop, Anda dapat menggunakan GIMP editor gambar gratis untuk melakukan hal yang sama. Buka file PDF di GIMP, klik item menu “Gambar” dan pilih “Skala” dari menu tarik-turun. Kemudian, tentukan ukuran yang Anda inginkan.

Skalakan Dokumen PDF Dengan Acrobat

Jika Anda ingin menskalakan PDF untuk tujuan pencetakan dan Anda memiliki versi Adobe Acrobat 2017, 2020 atau DC – Anda dapat menggunakannya untuk menskalakan dokumen untuk dicetak.

  • Buka file di Adobe Acrobat.
  • Pilih “Print” dari menu File atau tekan “Ctrl-P” pada keyboard.
  • Pilih “Ukuran” lalu pilih opsi ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Opsi Paskan menambah ukuran halaman kecil dan mengurangi ukuran halaman besar sehingga masing-masing halaman pas dengan ukuran kertas yang sama. Opsi Kecilkan Halaman yang Berukuran Besar hanya mengubah ukuran halaman besar, meninggalkan halaman kecil dengan ukuran cetak yang sama.

Jika Anda ingin menyesuaikan skala, gunakan opsi Skala Kustom. Anda kemudian dapat menentukan seberapa banyak Anda ingin menskalakan setiap gambar dengan menentukan nilai persentase.

Mengubah ukuran PDF di Windows 10 Cetak ke PDF

Microsoft Windows 10 memiliki opsi Cetak ke PDF yang praktis dalam opsi printernya. Namun, itu terbatas pada apa yang dapat dilakukannya. Itu dapat secara otomatis menskalakan halaman agar sesuai dengan ukuran kertas yang Anda gunakan tetapi tidak memberi Anda opsi lanjutan yang dilakukan Adobe Acrobat.

Buka PDF di program apa pun yang Anda inginkan, seperti Edge atau Chrome, dan tekan “Ctrl-P” untuk memilih opsi Cetak. Atau, klik kanan PDF di File Explorer dan pilih opsi “Cetak”.

Saat kotak dialog Cetak terbuka, pilih “Microsoft Print to PDF.” Pilih opsi Potret atau Lanskap di opsi Orientasi, lalu pilih semua halaman yang ingin Anda cetak.

Menggunakan Kompresor PDF Online

Jika ukuran file PDF terlalu besar dan Anda ingin mengurangi ukurannya, Anda dapat menggunakan kompresor PDF online gratis, seperti situs web SmallPDF atau ILovePDF . Ada banyak lainnya tersedia secara online yang pada dasarnya bekerja dengan cara yang sama. Meskipun umumnya memberikan kualitas yang baik untuk ukuran file, Anda harus selalu meninjau file setelah dikompresi.

Saat Anda membuka situs web, klik opsi untuk mengunggah PDF Anda atau seret file dari File Explorer ke tengah halaman web. Setelah beberapa saat, situs web akan mengecilkan ukuran PDF dan mengunduhnya ke komputer Anda segera atau meminta Anda untuk mengunduhnya sendiri.

By arcfree