Sat. Jun 15th, 2024

Cara Mengompres File Menjadi Ukuran Kecil Dan Menghemat Ruang – Mengompresi file dapat membantu Anda mengurangi keseluruhan jejak file sehingga lebih mudah untuk dibagikan atau diunggah ke cloud. Mengirim file 100MB atau file 500MB, mana yang lebih cepat? Jelas ukuran yang lebih kecil berarti lebih sedikit waktu untuk mengunggah dan juga mengkonsumsi lebih sedikit ruang dan data untuk transfer.

Cara Mengompres File Menjadi Ukuran Kecil Dan Menghemat Ruang

 Baca Juga : 4 Cara Mengompres File Dengan Tinggi [130 GB hingga 70 KB]

freearc – Ada banyak alasan mengapa Anda perlu mengompres file. Salah satu alasan utamanya, adalah ketika Anda perlu mengunggah file ke cloud. Anda dapat menghemat waktu mengunggah dan juga karena file dikompresi, itu akan membutuhkan lebih sedikit ruang daripada file yang tidak dikompresi. Juga mudah untuk melampirkan file terkompresi dengan email.

Anda mungkin telah menemukan beberapa format file terkompresi yang umum seperti zip dan rar. Ini adalah metode kompresi yang paling umum digunakan. Komputer Windows memiliki dukungan bawaan untuk file ZIP. Anda juga pernah melihat opsi untuk mengunduh lampiran email sebagai file Zip di Gmail?

Mengapa kompres file?
Menghemat waktu? Anda menghemat waktu saat mengunggah. Terutama ketika Anda memiliki koneksi internet yang lambat, mungkin perlu waktu lama untuk mengunggah file secara online. Juga jika filenya cukup besar, mungkin perlu waktu untuk mengunggahnya. Tetapi jika Anda mengompres file dan kemudian mengunggah, Anda dapat menghemat waktu saat mengunggah. Juga akan lebih mudah bagi orang yang mengunduhnya. Mereka harus mengunduh file yang lebih kecil dibandingkan dengan file aslinya.

Tetapi Anda mungkin bertanya, bagaimana dengan waktu yang dibutuhkan untuk mengompres file? Yah ya… Memang butuh beberapa waktu untuk mengompresi file berdasarkan jenis file dan algoritma kompresi. Tetapi apakah Anda lebih suka mengunggah dan file yang lebih besar atau file yang lebih kecil? Bagi saya, saya tidak keberatan membuang waktu offline untuk mengompresi dan kemudian mengunggahnya.

Hemat bandwidth saat Mengunggah/Mengunduh: Anda dapat menghemat data internet saat mengunggah atau mengunduh file terkompresi yang lebih kecil. Jika Anda memiliki paket data terbatas, Anda dapat mengompres file terlebih dahulu sebelum mengunggahnya atau berbagi dengan orang lain. Akan lebih mudah untuk berbagi file dari jarak jauh saat dikompresi.

Keamanan dan Kemudahan Mengelola File: Jika Anda perlu mengirim sekelompok file ke seseorang atau perlu menyimpannya di suatu tempat, Anda dapat mengompres file/folder menjadi file terkompresi. Ini berarti Anda dapat mengirim file terkompresi tunggal alih-alih mengirim semua file individual. Anda dapat mengelola file dengan lebih baik dengan cara ini.

Juga sebagian besar perangkat lunak kompresi memungkinkan Anda untuk mengenkripsi file terkompresi dengan kata sandi. Jadi jika Anda perlu menyimpan file dengan aman atau ingin mengirim beberapa file rahasia dengan seseorang, Anda cukup mengompresnya dengan kata sandi. Hanya jika Anda memiliki kata sandi, file tersebut dapat diekstraksi.

Mengompresi Berbagai Format File

Rasio kompresi adalah rasio antara file sebelum kompresi dan setelah kompresi. Rasio kompresi dapat bervariasi dengan format file. Tidak semua format file dapat sangat dikompresi.

Anda mungkin telah melihat bahwa ada banyak artikel tentang Cara Mengkompres File dari 10GB hingga 10MB dan semuanya. Jenis hasil ini tidak dapat diperoleh untuk semua jenis file dan jenis file. Jadi apakah ini benar? Yah semacam…. Saya sendiri telah mengunduh file serupa dan menguji rasio kompresi sendiri. Anda dapat mencapai kompresi semacam ini hanya ketika semua file murni mentah dan tidak terkompresi.

Penafian: Anda tidak dapat mengompres semua jenis file dari 10GB hingga 100MB. Tapi Anda bisa mendapatkan kompresi yang baik dengan teknik tertentu.

Banyak format yang biasa kita gunakan sudah dalam format terkompresi. Jenis file ini tidak dapat dikompresi lebih lanjut. Juga perlu diingat bahwa tidak ada gunanya mengompresi file yang sudah dikompresi.

Cara Sangat Mengompres file 1GB ke File 100KB (Bukti Terlampir)
Saya mengatakan bahwa Anda dapat sangat mengompres file besar ke ukuran yang sangat kecil. Berikut adalah cara saya mengkompres file 1 GB menjadi file hanya 100KB menggunakan WinRAR.

Tapi izinkan saya memberi tahu Anda bagaimana saya bisa mencapai tingkat kompresi ini. Di sini Anda dapat melihat

Ukuran file asli: 1GB

Ukuran File Terkompresi: 100KB

Rasio Kompresi: ~0%

Tunggu….WTF? Berikut adalah info file RAR:

Nah file 1GB yang saya gunakan untuk pengujian adalah file dummy yang saya buat menggunakan Dummy File Creator. File tidak memiliki nilai apa pun di dalamnya. Inilah mengapa kami dapat mencapai tingkat kompresi ini.

Jadi apa yang Anda pelajari dari tes di atas? Bisakah seseorang mengompres file yang sangat besar menjadi file yang sangat kecil? Jawabannya iya. Tetapi bisakah Anda mengompres file dengan beberapa format file umum seperti jpg, mp4, pdf, txt, dll dengan rasio kompresi ini? Tidak, Anda tidak bisa.

Cara Mengompres File Menjadi Ukuran Lebih Kecil
Sekarang mari kita masuk ke sisi praktisnya. Kami tidak mengompres file tanpa info apa pun di dalamnya, kami perlu mengompres beberapa jenis file atau file yang paling umum digunakan di komputer atau ponsel kami. Anda tidak akan bisa mendapatkan rasio kompresi yang sangat tinggi dengan beberapa jenis file. Ini berbeda berdasarkan format file.

Kita akan melihat beberapa format file yang paling umum digunakan dan beberapa perangkat lunak kompresi file terbaik dan terpopuler yang dapat Anda gunakan. Saya akan mencoba membandingkannya dan semoga menemukan yang terbaik untuk mengompresi file.

Beberapa software kompresi file yang umum digunakan: WinRAR, 7Zip, PeaZip, WinArc dll

Cara Mengompresi File Menggunakan Perangkat Lunak Kompresi yang Berbeda
Untuk Referensi, saya menggunakan file pdf dan beberapa file psd (Photoshop Document). Berikut adalah ukuran asli dari file-file ini sebelum kompresi. Rasio kompresi dan waktu juga akan tergantung pada konfigurasi komputer. Kompresi file bisa menjadi proses yang sangat intensif ketika Anda menggunakan algoritma kompresi yang sangat tinggi. Jika sistem sangat mampu, Anda bisa mendapatkan kompresi yang baik dengan waktu yang lebih sedikit.

File Test.pdf: 58,2 MB

File PSD (5 File): 268MB

Sekarang mari kita lihat seberapa baik kinerja alat dan format kompresi file yang tersedia. Saya hanya akan menguji beberapa format dan alat kompresi file yang paling populer.

Cara Mengompres File dengan Tinggi Menggunakan WinRAR
WinRAR tidak diragukan lagi merupakan perangkat lunak kompresi file yang paling populer. File akan dikompresi ke dalam format pemanggil .rar. Kompresi file RAR menawarkan kompresi yang cukup baik tergantung pada jenis file. WinRAR baru-baru ini memperkenalkan WinRAR5 yang memperkenalkan algoritma kompresi rar5 baru yang memberikan lebih banyak kompresi dibandingkan dengan algoritma rar normal.

Langkah 1: Unduh dan Instal WinRAR jika Anda belum memilikinya – di sini .

Langkah 2: Setelah selesai, Anda dapat menemukan folder atau file dan kemudian klik kanan untuk membuka menu konteks.

Langkah 3: Klik Tambahkan ke arsip yang menampilkan UI WinRAR.

Langkah 4: Di sinilah Anda dapat mengubah pengaturan kompresi untuk mendapatkan kompresi semaksimal mungkin. Ada dua opsi utama yang perlu kita ubah: Format Arsip, Metode Kompresi, dan Ukuran Kamus.

Langkah 5: Untuk kompresi maksimum, ubah atribut seperti yang ditunjukkan:

Jenis Arsip: RAR5

Metode Kompresi: Terbaik

Ukuran Kamus: 4096 KB

Jika sistem Anda tidak mampu, jangan menambah ukuran kamus di atas 1024 KB karena dapat menyebabkan sistem berhenti merespons.

Pastikan juga Anda tidak menjalankan aplikasi lain di latar belakang saat mengompresi file menggunakan pengaturan ini karena memerlukan banyak sumber daya.

RAR5 adalah jenis format yang relatif baru yang didukung oleh WinRAR dan Anda harus memiliki WinRAR untuk mengekstrak file juga. Jadi jika Anda membutuhkan lebih banyak kompatibilitas, Anda dapat tetap menggunakan tipe arsip RAR normal. Tetapi Anda tidak akan mendapatkan rasio kompresi karena Anda akan menggunakan RAR5.

Di RAR5, ukuran kamus kompresi maksimum ditingkatkan menjadi 1GB yang memberikan keunggulan dibandingkan RAR4.

Hasil Kompresi:
File Test.pdf: 4,62 MB

File PSD: 55.7 MB

Cara Mengompres File dengan Tinggi Menggunakan 7-Zip
7-Zip adalah pesaing hebat dalam hal rasio kompresi file. 7-Zip gratis dan open source. Ini menggunakan format miliknya sendiri .7z untuk file terkompresi. Ada beberapa algoritma kompresi berbeda yang tersedia di 7-Zip. Kita akan melihat pengaturan terbaik untuk mencapai kompresi terbaik menggunakan 7-Zip.

“Biasanya, 7-Zip mengompres ke format 7z 30–70% lebih baik daripada format zip”

Langkah 1: Unduh dan Instal 7-Zip .

Langkah 2: Setelah instalasi selesai, Anda dapat memilih file/folder yang akan dikompres dan kemudian klik kanan untuk membuka menu konteks.

Langkah 3: Pilih 7-Zip dan kemudian Tambahkan ke arsip untuk membuka UI pengaturan kompresi tempat kita dapat mengonfigurasi opsi kompresi.

Langkah 4: Ubah pengaturan seperti yang ditunjukkan di bawah ini untuk mendapatkan kompresi maksimum menggunakan 7-Zip:

Format Arsip: 7z

Tingkat Kompresi: Ultra

Metode Kompresi: LZMA2

Ukuran Kamus: Pilih maks

Hasil Kompresi:
File Test.pdf: 3,77 MB

File PSD: 48,8 MB

Cara Mengompres file dengan FreeArc
Arc adalah format kompresi lain yang dikembangkan oleh FreeArc. Ini adalah alat kompresi file sumber terbuka dan gratis yang dapat digunakan untuk memampatkan file besar ke ukuran kecil. Tingkat kompresi yang Anda dapatkan dengan menggunakan FreeArc cukup bagus. Ini mendukung algoritma kompresi yang berbeda seperti zip, 7z, rar, ace, uharc, ccm, dll.

Anda dapat mencapai kompresi yang layak menggunakan FreeArc tetapi tidak banyak digunakan untuk kompresi. Jadi, Anda mungkin memiliki masalah kompatibilitas saat dibagikan secara online kepada orang lain. Mereka perlu menginstal alat kompresi yang didukung busur untuk mendekompresi file.

Dibandingkan dengan arc, rar dan 7z lebih populer dan banyak digunakan.

Langkah 1: Unduh dan Instal .

Langkah 2: Buka FreeArc dan Pilih file/folder yang akan dikompres.

Langkah 3: Klik Tambah atau tekan Ctrl + A. Jendela baru akan muncul dengan beberapa opsi. Di bawah tab Kompresi, pilih Tingkat Kompresi Maksimum.

Langkah 4: Klik Ok untuk mulai membuat file arsip.

Hasil Kompresi:
File Test.pdf : 3.84MB

File PSD: 49,6 MB

Cara Sangat Mengompres file menggunakan UHARC
Ini adalah jenis metode kompresi yang paling populer di antara mereka yang RIP game PC. Pernahkah Anda menemukan pengaturan game yang sangat terkompresi? Kebanyakan dari mereka menggunakan kompresi UHARC untuk mendapatkan rasio kompresi yang tinggi. Format file terkompresi akan menjadi “.uha”.

Sebagian besar kompresi dan dekompresi UHARC dilakukan menggunakan baris perintah untuk mendapatkan kompresi paling banyak. Tetapi kami memiliki versi GUI dari alat kompresi UHARC yang disebut WinUHA. Itulah yang akan kita gunakan hari ini.

UHARC akan memakan waktu lebih lama daripada yang lain karena dapat menawarkan tingkat kompresi yang lebih tinggi. Juga dekompresi akan memakan waktu juga. Agak ketinggalan jaman, tapi saya akan tetap menunjukkan Cara mengompres menggunakan UHARC.

Langkah 1: Unduh dan Instal WinUHA .

Langkah 2: Buka WinUHA dan Arahkan ke direktori dan pilih file/folder yang akan dikompres.

Langkah 3: Klik Tambahkan yang dipilih. Anda akan melihat UI tempat Anda dapat membuat perubahan pada kompresi. Pilih ALZ-3 di bagian kompresi. Centang kotak Kompresi Multimedia jika Anda memiliki file multimedia.

Langkah 4: Klik OK untuk mulai mengompresi.

Hasil Kompresi:
File Test.pdf: 3,95 MB

File PSD: 68,3 MB

Anda tidak akan mendapatkan banyak perbedaan dalam rasio kompresi dengan semua alat ini. Mereka hanya akan berbeda sedikit. Jadi hal berikutnya yang kita lihat adalah seberapa populer formatnya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendekompresi file. File RAR dan 7-Zip mengekstrak sedikit lebih cepat dibandingkan dengan format lain.

Beberapa Perangkat Lunak Lain yang Perlu Diperiksa

PeaZip adalah perangkat lunak kompresi file terkenal lainnya yang mendukung beberapa metode kompresi. Perangkat lunak ini memiliki antarmuka yang segar dan bersih. PeaZip sekali lagi gratis dan open source seperti 7-Zip. PeaZip dapat mengekstrak file 7-Zip dan rar dan juga mendukung lebih dari 180 format file.

Pikiran Akhir

Kompresi file adalah cara yang bagus untuk menghemat ruang dan bandwidth. Anda dapat berbagi file terkompresi dengan mudah melalui internet. Selalu diingat bahwa rasio kompresi akan tergantung pada jenis file. Jika file sudah dikompresi seperti jpg atau mp4, maka tidak dapat dikompresi lebih lanjut.

Jadi ada banyak situs web tempat Anda dapat mengunduh konten yang sangat terkompresi seperti 20GB hingga 20MB. Namun perlu diingat bahwa jenis file ini tidak memiliki jaminan apakah akan berfungsi. Saya telah menunjukkan kepada Anda kemungkinan untuk mengkompresi file dengan sangat baik, tetapi file dan format yang tidak berguna dapat dikompresi seberat ini.

By arcfree