Thu. Feb 2nd, 2023

Cara Mengompres File Besar di Windows – File besar sulit dibagikan melalui email atau melalui media lain apa pun tanpa terlebih dahulu mengompresnya. Windows memudahkan untuk mengompres file besar melalui proses zip. Layanan alternatif juga tersedia dengan lapisan keamanan tambahan dan opsi berbagi untuk ukuran file besar.

Cara Mengompres File Besar di Windows

freearc – Kompresi adalah alat yang berguna, terutama bagi individu yang sering menggunakan dan berbagi file musik, grafik, dan data berat lainnya.

Format Kompresi File

Menurut penulis teknologi Scott Granneman , ada lebih dari 20 format kompresi file untuk melayani berbagai tujuan tertentu. Beberapa bersifat eksklusif dan memerlukan izin khusus, sementara yang lain bekerja pada sistem operasi tertentu seperti iOS atau Linux. Banyak format yang tidak jelas dan tidak umum digunakan.

Windows paling sering menggunakan pemformatan zip, dan sistem operasi lain, termasuk macOS, juga memberikan perlakuan preferensial zip. Format file zip berfungsi di semua platform karena ditempatkan di domain publik; dengan demikian, itu tidak terbatas pada sistem operasi tunggal apa pun. Jenis file Jar dan War juga umum untuk kebutuhan kompresi khusus Java yang berjalan di server berbasis web.

Baca Juga : Cara Mengkompres File ISO di komputer

Meskipun ada banyak format kompresi, pengguna Windows hampir selalu kembali menggunakan opsi zip. Jika Anda memiliki file besar yang berisi musik, grafik, atau media lain, fungsi zip mengurangi ukuran file secara signifikan, membuatnya lebih mudah untuk dibagikan dan dikelola. Ini juga merupakan cara paling efisien untuk mengompres file di Windows dengan cepat.

Zip File

Windows hanya memerlukan beberapa langkah cepat untuk meng-zip file atau folder, seperti yang dijelaskan oleh Tech-Ease . Pertama, akses file atau folder tertentu yang ingin Anda zip. Anda juga dapat membuat dan memberi nama folder baru dan memasukkan banyak file ke dalam folder ini. Membuat zip seluruh folder membantu pengaturan selama folder tidak kelebihan beban dengan sejumlah besar data.

Setelah file atau folder siap untuk dikompresi, klik kanan untuk membuka menu opsi. Gulir ke bawah menu hingga Anda mencapai opsi “Kompres (zip)” dan klik untuk mengompres file atau folder. Ini menyimpan file terkompresi di folder baru, yang harus Anda ganti namanya untuk mencerminkan konten folder. Apakah Anda ingin mengurangi ukuran PDF untuk email atau grafik lengkap, proses yang sama berlaku.

Sebagai alternatif, Anda dapat membuat folder zip baru dengan mengeklik opsi “File” dan “New” di bilah alat pengelola file. Pilih label folder “Kompresi (zip)” untuk membuat folder baru untuk file Anda. Tambahkan semua file yang ingin Anda kompres ke folder baru ini dan ganti namanya sehingga Anda dapat mengidentifikasinya di masa mendatang. Sekarang Anda dapat menyimpan atau berbagi file terkompresi.

Alternatif File Zip

Meskipun zip file itu mudah dan efisien, itu tidak selalu merupakan opsi paling praktis untuk berbagi file. Bahkan ukuran file zip terkompresi terkadang terlalu besar untuk email dan opsi berbagi lainnya. Dalam hal ini, menggunakan layanan berbagi file pihak ketiga berguna. Layanan pihak ketiga menghosting file di server mereka dan menghasilkan tautan untuk dibagikan.

Cari layanan dengan pengaturan keamanan pelanggan untuk memastikan Anda memegang kendali penuh atas file dan penayangan. Anda ingin mengontrol opsi tampilan dan menetapkan batas waktu untuk kedaluwarsa file setelah jangka waktu tertentu. Mode hanya lihat bekerja dengan baik untuk foto dan video untuk mencegah penyalinan dan pencurian. Luangkan waktu untuk menemukan layanan gratis atau berbayar dengan pengaturan yang memenuhi kriteria berbagi file Anda.

Cara Melampirkan Lagu ke Email

Email tidak dirancang untuk mengirim file besar. Melampirkan file dokumen dan beberapa file foto tidak menjadi masalah serius, tetapi file lagu memerlukan transfer data yang besar, yang tidak diizinkan oleh sebagian besar penyedia email. Untungnya, platform musik digital dan metode berbagi file populer lainnya memudahkan pengiriman email satu lagu atau beberapa lagu.

Zip File

Metode tradisional dan umum untuk mengirim file besar melalui email memerlukan kompresi data menjadi file zip. File terkompresi masih menyimpan lagu, tetapi dalam format dengan ukuran file yang jauh lebih kecil. Pihak penerima harus membuka zip file untuk mengakses konten.

File zip dan unzip memerlukan aplikasi pihak ketiga yang sederhana atau akses ke internet untuk opsi gratis berbasis cloud di beberapa sistem operasi. Windows dan macOS memiliki proses zip yang dibangun ke dalam sistem dengan akses dan instruksi yang mudah. Keduanya hanya membutuhkan satu menit untuk membuat folder baru yang dapat digunakan untuk transfer email.

Mengikuti petunjuk Dukungan Microsoft , buka komputer Anda, akses file Anda dan klik kanan file atau folder musik yang berisi file musik. Klik “Kirim Ke” diikuti dengan “Folder terkompresi” untuk menghasilkan file zip baru. Menurut MacRumors , prosesnya pada dasarnya sama di macOS. Cukup cari file dan klik kanan untuk menghasilkan menu drop-down dan kemudian klik “Kompres” untuk membuat file zip.

Setelah file zip baru dibuat, klik kanan lagi dan pilih “Ubah nama”. Pilih nama baru untuk file atau folder musik dan unggah sebagai lampiran ke email tertentu. Klik “Kirim”, dan email dikirimkan secara normal.

Berbagi Pihak Ketiga

Opsi pihak ketiga sering menawarkan cara terbaik untuk berbagi file musik melalui email. Mereka biasanya menghosting file musik dan mengizinkan akses ke siapa saja yang memiliki tautan. Anda dapat mengirim tautan melalui teks di iPhone atau ponsel Android dan juga melalui email. Data selalu dihosting melalui penyedia, dan Anda memiliki opsi untuk menetapkan batas waktu sehingga file hanya dapat diakses selama jangka waktu tertentu.

Pencarian Google cepat mengungkapkan beberapa layanan transfer file. Banyak yang gratis untuk penggunaan dasar dengan harga peningkatan untuk pengguna yang sering. Salah satu manfaat utama menggunakan layanan transfer adalah keamanan. Cari layanan yang mapan dan teliti keamanannya jika file musik itu unik dan berharga.

Lagu orisinal yang Anda kirim untuk didengarkan dengan cepat adalah kandidat utama untuk layanan transfer. Tetapkan batas waktu agar akses file berakhir setelah jangka waktu yang ditentukan dan atur keamanan untuk mencegah file diunduh. Saat Anda menggunakan pendekatan ini, file musik berharga Anda mudah dibagikan tetapi juga terlindungi.

Berbagi Gaya Platform

Platform seperti musik Spotify dan Apple memungkinkan untuk berbagi lagu dan daftar putar. Anda dapat membagikan seluruh akun sehingga pengguna lain dapat melihat daftar putar atau berbagi secara pribadi melalui teks atau email. Penerima memerlukan akun pelanggan untuk membuka tautan dan memutar musik. Gaya berbagi ini nyaman, dan menghilangkan kebutuhan penyimpanan file di komputer Anda.

Sebagian besar platform beroperasi dengan sistem biaya berlangganan. Rencanakan untuk membayar biaya bulanan untuk layanan premium dan kemampuan untuk berbagi daftar putar dengan mudah bersama teman dan keluarga. Platformnya populer, dan banyak yang menawarkan harga paket keluarga.

By arcfree