Sat. Jul 13th, 2024

Cara Mengompres File Agar Lebih Kecil – Salah satu cara untuk menyimpan lebih banyak data saat Anda kekurangan ruang hard drive adalah dengan menggunakan kompresi untuk membuat file dan folder yang sudah Anda miliki di drive menggunakan lebih sedikit ruang. Di masa lalu, utilitas seperti Winzip digunakan untuk tujuan ini, tetapi Windows XP memiliki utilitas kompresi bawaan yang melakukan pekerjaan yang sama.

Cara Mengompres File Agar Lebih Kecil

freearc – Cara membuat beberapa folder zip, buka Komputer Saya akan temukan folder tempat Anda ingin membuat folder zip (arsip). Buka folder tersebut dan pilih folder File > New > Compressed (format zip). Ketik beberapa nama untuk membuat folder yang sudah terkompresi dan Anda tekan Enter. Folder yang terkompresi baru akan sudah memiliki beberapa ikon ZIP yang akan menunjukkan bahwa semua file di dalamnya telah dikompresi. Kompres & # 40; atau Kecilkan & # 41; Seret saja ke folder itu. Untuk membuka zip (atau memulihkan), seret dari folder zip.

Folder terkompresi bahkan mendukung opsi kata sandi, memungkinkan Anda menggunakannya sebagai tempat untuk menyimpan informasi sensitif. Namun, Anda harus berhati-hati saat menggunakan fitur ini. Kata sandi tidak dapat dipulihkan. Jika Anda lupa, data Anda yang tersimpan di folder terkompresi akan hilang selamanya. Untuk menambahkan kata sandi, buka folder terkompresi dan pilih File, Tambahkan Kata Sandi.

Selain fitur folder terkompresi, Windows XP mendukung jenis kompresi lain jika hard drive Anda diformat sebagai volume NTFS. Anda dapat melihatnya jika hard drive Anda diformat dengan NTFS dengan membuka My Computer dan kemudian melihat bagian detail di kiri bawah.

Kompresi NTFS berbeda dari folder terkompresi karena folder terkompresi NTFS muncul seperti folder lainnya. Sistem operasi mengompres dan mendekompresinya dengan cepat setiap kali Anda mengakses dan menutupnya. Folder terkompresi NTFS tidak memiliki ritsleting pada ikonnya. Namun, Anda dapat mengatur Windows untuk menampilkannya dalam warna yang berbeda jika Anda ingin mengetahui folder mana yang dikompresi NTFS dan mana yang tidak.

Baca Juga : Inilah Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kompresi Data

Untuk mengatur folder terkompresi NTFS, klik kanan pada folder yang ingin Anda gunakan dan pilih Properties. Di tab Umum, klik tombol Lanjutan. Di bagian bawah jendela, Anda akan melihat kotak centang yang memungkinkan Anda mengompres konten untuk menghemat ruang disk. Jika Anda ingin menampilkan folder terkompresi NTFS menggunakan warna berbeda, pilih Alat, Opsi Folder dari jendela Explorer. Kemudian pada tab View, pastikan Show Encrypted or Compressed NTFS files in color dicentang.

Apa itu file zip?

File zip adalah cara mengelompokkan , atau mengarsipkan , beberapa file sehingga bertindak seperti satu file. Misalnya, Anda ingin mengirim email folder dokumen Word ke seseorang. Anda dapat melampirkan setiap file satu per satu, tetapi itu akan memakan waktu lama terutama jika ada banyak dokumen. Solusi yang lebih baik adalah dengan memasukkan semua file ke dalam file zip, dan kemudian melampirkan file zip ke email Anda.

Keuntungan lain dari file zip adalah bahwa mereka dikompresi , yang berarti ukuran file total lebih kecil. Jika Anda mengirim file zip melalui email ke seseorang atau mengeposkannya ke Web, dibutuhkan lebih sedikit waktu untuk mengunggah dan penerima Anda juga dapat mengunduhnya dengan lebih cepat.

Membuat file zip

Baik Anda menggunakan Windows atau macOS, Anda tidak memerlukan perangkat lunak tambahan untuk membuat dan membuka file zip. Itu karena fitur file zip dasar dibangun ke dalam sistem operasi.

Menambahkan kata sandi ke file zip Anda

Beberapa orang lebih suka menggunakan program file zip seperti 7-Zip , PeaZip , dan StuffIt . Program-program ini memiliki fitur tambahan, seperti perlindungan kata sandi . Jika Anda menambahkan kata sandi ke file zip Anda, penting untuk memberi tahu penerima apa kata sandinya sehingga mereka dapat membukanya.

Untuk membuka file zip di Windows

Windows memperlakukan file zip seperti folder. Anda dapat membuka file zip, memindahkan file masuk dan keluar, dan membuka file individual seperti yang Anda lakukan jika mereka berada di folder.

Karena Windows memudahkan untuk bekerja dengan file zip, umumnya tidak perlu membuka zipnya. Namun, jika Anda lebih suka membuka ritsletingnya, Anda cukup mengeklik kanan ikon berkas zip dan memilih Ekstrak Semua .

Untuk membuka file zip di macOS

Membuka file zip di macOS sedikit berbeda dari Windows. Alih-alih membuka file zip secara langsung, itu akan membuka zip file dan menempatkannya di folder baru . Anda kemudian dapat membuka folder untuk mengakses file individual.

By arcfree