Thu. Dec 8th, 2022

Cara Menggunakan 7-Zip untuk Mengompres File – Apakah Anda perlu mengompres file? 7-Zip siap membantu! Di sini, kami akan mengungkap cara menggunakan 7-Zip untuk mengompresi dan membuka kompres file. Pada akhir artikel ini, Anda akan menguasai fungsi penting 7-Zip untuk kompresi file.

Cara Menggunakan 7-Zip untuk Mengompres File

freearc  –  7-Zip adalah pengarsip file sumber terbuka dan gratis untuk mengompresi dan membuka kompresi file. Jika ingin menghemat ruang disk atau ingin file Anda lebih portabel, software ini dapat anda gunakan untuk mengompres file Anda menjadi arsip dengan ekstensi .7z .

Inilah mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan 7-Zip:

  • Gratis — Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk menggunakannya.
  • Rasio kompresi tinggi — untuk format ZIP dan GZIP, 7-Zip memiliki rasio kompresi yang lebih baik daripada PKZIP dan WinZip.
  • Gratis untuk penggunaan komersial — 7-Zip dilindungi oleh lisensi GNU LGPL , sehingga memungkinkan Anda untuk menyalin dan mendistribusikan perangkat lunak secara legal.
  • Dilokalkan — perangkat lunak tersedia dalam 87 bahasa.
  • Integrasi Windows — 7-Zip kompatibel dengan Windows Shell.
  • Aman — perangkat lunak ini menggunakan sistem enkripsi file AES-256.

Fitur

Perangkat lunak 7-Zip memiliki format 7Z miliknya sendiri, tetapi dilengkapi sepenuhnya untuk mengompresi file dalam format umum lainnya (termasuk TAR dan ZIP), dan membongkarnya dalam lebih banyak lagi (seperti CPIO, DEB, DMG, ARJ, CAB, CHM) . Dimungkinkan juga untuk membuat arsip yang mengekstraksi sendiri dengan format 7Z.

Baca Juga : IZArc, program untuk mengompres dan mendekompresi file di Windows

7-Zip terintegrasi dengan Windows, dan ini adalah opsi yang lebih kuat daripada alat kompresi bawaan yang disertakan dengan OS desktop Microsoft – Anda mendapatkan lebih banyak fitur dengan yang pertama, itu pasti, termasuk kemampuan untuk memperbaiki arsip.

7-Zip juga menawarkan rasio kompresi yang mengesankan dengan format 7Z-nya, serta dengan file ZIP. Namun, kecepatan kompresi tidak secepat beberapa perangkat lunak saingan.

Anda mendapatkan enkripsi AES-256 yang kuat, dan kemampuan untuk mengenkripsi nama file dan melindungi file dengan kata sandi. 7-Zip tersedia secara global dan menawarkan tidak kurang dari 79 bahasa untuk calon pengguna.

Kelebihan

  • Menu konteks yang mudah digunakan
  • Berbagai format file yang didukung
  • Sangat dapat disesuaikan
  • Gratis

Kekurangan

  • Kecepatan kompresi lambat

Cara Menggunakan 7-Zip untuk Mengompres File

Sebelum masuk ke tutorial, pastikan Anda telah menginstal 7-Zip. Anda dapat menemukan penginstal di halaman resminya .

Berikut cara menggunakan 7-Zip untuk mengompres file:

1. Buka aplikasi 7-Zip, lalu akses file yang ingin dikompres. Pilih file tersebut dan klik Add . Pastikan untuk meletakkan file di direktori yang sama.

2. Di jendela Tambahkan ke Arsip , kelola pengaturan sesuai keinginan. Berikut ini adalah rincian parameter utama:

  • Arsip — berisi nama file arsip Anda.
  • Format arsip — memungkinkan Anda memilih format file. Untuk tingkat kompresi terbaik, pilih 7z.
  • Tingkat kompresi — waktu kompresi meningkat seiring dengan tingkat kompresi. Preset berkisar dari Store (kompresi tercepat) hingga Ultra (waktu kompresi paling lambat dengan ruang paling banyak disimpan).
  • Metode kompresi — pilih opsi LZMA sebagai metode terbaik untuk menangani proses kompresi.
  • Pisahkan ke volume, byte — memungkinkan Anda membagi arsip menjadi beberapa bagian.
  • Enkripsi — memungkinkan Anda mengamankan arsip dengan kata sandi.

3. Setelah selesai, klik OK . File arsip akan muncul di lokasi yang sama dengan file aslinya.

Selain memiliki alat kompresi yang tangguh, 7-Zip juga dapat mengekstrak hingga 31 format file . Jika Anda perlu membuka kompres file, berikut cara melakukannya menggunakan 7-Zip:

1. Klik kanan pada file arsip, lalu pilih 7-Zip -> Extract Here .

2. 7-Zip akan mengekstrak file ke direktori yang sama dengan file arsip asli.

Kesimpulan

Mengompresi file dapat menghemat ruang disk Anda dan membuatnya lebih mudah untuk dipindahkan. Dengan alat kompresi 7-Zip yang tangguh, Anda dapat mengompres file ke dalam berbagai format sesuka hati.

By arcfree