Tue. Apr 16th, 2024

Cara Membuat Kompresi Files Zip dalam Langkah Mudah Ini, Mempelajari cara membuat file zip adalah keterampilan mudah yang harus diketahui semua orang. Bagaimanapun, semua orang menggunakan komputer saat ini, dari pelajar hingga pebisnis. Kami menempatkan begitu banyak barang di PC kami, seperti foto, video, dan dokumen lainnya. Jika Anda tidak menghapusnya, Anda dapat dengan cepat mengisi penyimpanan internal perangkat Anda.

File mengambil format baru yang memberikan kualitas lebih baik dari yang sebelumnya. Namun, ini juga berarti mereka mengkonsumsi lebih banyak ruang. Lebih buruk lagi, Anda mungkin tidak ingin menghapusnya karena berbagai alasan. Jika Anda membiarkannya menumpuk di PC Anda, komputer Anda mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk boot dan berjalan.

Menurut freearc.org Untungnya, file zip memungkinkan Anda mengurangi ukurannya sambil mempertahankan kualitasnya. Saat Anda membuka ritsletingnya, Anda mendapatkan semua file dalam bentuk aslinya. Jika tidak ada yang salah, file tidak akan memiliki kesalahan atau masalah lainnya. Meskipun Anda dapat mengunduh perangkat lunak pihak ketiga untuk membuat file zip, sistem operasi utama sudah memiliki fitur tersebut.

Apa itu file zip ?

ZIP adalah format file yang sering digunakan untuk mengompresi file atau lebih di satu lokasi. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengambil lebih sedikit ruang. Pada gilirannya, orang dapat dengan mudah mengirimnya ke orang lain.

Anda mungkin bingung apakah itu file atau folder zip. Meskipun muncul dengan ikon folder, itu adalah file, dan hanya saja ia bekerja mirip dengan folder biasa.

Terlebih lagi, file tidak mengalami penurunan kualitas atau kesalahan. Ekstrak konten file zip Anda, dan mereka mendapatkan kembali ukuran dan kualitas file aslinya.

Untuk menjelaskan lebih lanjut, katakanlah arsip Anda adalah pakaian yang akan Anda bawa dalam perjalanan. Jika Anda membuangnya begitu saja di bagasi Anda, itu mungkin akan cepat penuh, dan kemeja lainnya mungkin tidak muat lagi di dalamnya.

Baca Juga : Software Kompresi File Terbaik 2021

File zip seperti melipat pakaian terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam bagasi, dan mereka jauh lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam. Jika Anda mengeluarkannya, buka lipatannya, dan mereka masih baik-baik saja.

Seperti yang kami katakan, sebagian besar sistem operasi memungkinkan Anda bekerja dengan file zip, dan itulah mengapa kami akan membahas cara melakukannya di Windows dan Mac . Untuk memudahkan pembaca, kami akan mempersingkat “zip” menjadi “zip”.

Mengapa saya harus membuat file zip ?

Mengetahui cara membuat file zip dapat membuat perbedaan dalam penyimpanan dokumen Anda. Barang-barang di dalamnya tidak akan memakan banyak ruang, dan format file terbaru seringkali lebih besar.

Tahukah Anda bahwa beberapa cryptocurrency seperti Filecoin bekerja untuk menyediakan penyimpanan bagi orang-orang? Ruang penyimpanan sangat penting sehingga cryptos ingin menemukan solusi!

Juga, ini membantu dalam mengirim file. Katakanlah Anda ingin mengirim foto liburan terbaru Anda ke teman melalui email. Jika Anda melampirkannya dalam keadaan aslinya, mereka mungkin tidak sesuai dengan batas file maksimum.

Membuat zip file dan folder memungkinkan Anda memenuhi persyaratan itu. Pada gilirannya, Anda cenderung mengirim semua foto dalam satu email, dan penerima juga akan mendapatkannya lebih cepat.

Haruskah saya membuat file zip ?

Sebelum Anda mempelajari cara membuat file zip, Anda harus mengetahui potensi masalah dengannya. Mari kita daftar satu per satu di bawah ini:

  • Batas kompresi – Jika file asli sudah kecil, Anda mungkin tidak dapat melakukan zip. Ini terutama berlaku untuk file musik dan gambar. Namun, file suara Anda mungkin lebih besar dari rata-rata, dan foto Anda mungkin memiliki resolusi dan ukuran yang tinggi. Jika hal ini terjadi, Anda mungkin masih ingin zip mereka.
  • Keamanan – Jika Anda mendapatkan file zip yang dibuat oleh aplikasi pihak ketiga, Anda mungkin tidak sepenuhnya yakin apa yang dapat dilakukannya. Terlebih lagi, format ZIP lainnya bisa menjadi rusak, dan begitu itu terjadi, semua yang ada di dalamnya juga akan terpengaruh.
  • Masalah seluler – Anda mungkin harus menginstal aplikasi pihak ketiga sehingga Anda dapat menambahkan file dan zip di ponsel cerdas Anda. Ada begitu banyak di luar sana, jadi Anda mungkin menginstal satu yang dapat membahayakan perangkat Anda.

Anda mungkin ingin tetap menggunakan fitur zip sistem operasi Anda, dan itu lebih aman daripada mengambil risiko dengan perangkat lunak pihak ketiga.

Terlebih lagi, ini akan memastikan orang lain dapat membuka file zip Anda dengan komputer mereka. Program lain mungkin memiliki fitur tambahan yang tidak dapat digunakan oleh penerima.

Cara membuat file zip di Windows 10

  1. Temukan file atau folder yang ingin Anda kompres menjadi file zip.
  2. Klik kanan file atau folder.
  3. Pilih Kirim ke.
  4. Kemudian, pilih opsi folder Terkompresi (zip).
  5. Anda akan melihat folder zip baru dengan nama dan lokasi yang sama. Jika Anda ingin mengganti namanya, klik kanan foldernya
  6. Pilih Rename, lalu masukkan nama baru.

Baca Juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang laserfiche

Cara unzip atau ekstrak file zip di Windows 10

  1. Temukan folder zip yang berisi konten yang Anda butuhkan.
  2. Jika Anda hanya membutuhkan file atau folder tertentu, klik dua kali file zip tersebut. Kemudian, seret file yang dipilih dari folder zip ke lokasi baru.
  3. Jika Anda membutuhkan semua yang ada di dalamnya, klik kanan folder tersebut. Selanjutnya, klik Ekstrak Semua, lalu ikuti petunjuknya.

Cara zip dan unzip file di Mac (Big Sur 11.0)

  1. Control-klik file atau folder yang ingin Anda zip. Anda juga dapat mengetuknya menggunakan dua jari.
  2. Pilih Kompres dari menu pintasan.
  3. Jika Anda memilih file atau folder individual, versi terkompresi akan memiliki nama file atau folder asli diikuti dengan ekstensi “.zip”. Juga, jika Anda memilih beberapa file atau folder, nama file terkompresi akan menjadi “Arsip.zip.”
  4. Jika Anda perlu memperluasnya lagi, cukup klik dua kali file atau folder zip.

Pikiran terakhir

Anda telah belajar cara membuat file zip, tetapi itu baru permulaan. Anda dapat menambahkan fitur lain seperti kata sandi. Namun, ini mungkin tidak ideal jika Anda mengirim file zip ini.

Pada catatan itu, berhati-hatilah saat mengunduh dan membuka file terkompresi. Jika tidak, virus jahat mungkin muncul sebagai kejutan yang tidak menyenangkan!

Terlepas dari upaya terbaik Anda, serangan siber lebih sulit dihindari saat ini. Itulah mengapa asuransi cyber penting saat ini. Klik di sini untuk mempelajari cara memanfaatkan perlindungan ini .

By arcfree