Tue. Aug 16th, 2022

Berbagai Jenis Kompresi File dan Format Arsip

Berbagai Jenis Kompresi File dan Format Arsip – Jika Anda adalah pengguna komputer maka Anda mungkin akrab dengan kompresi file dan format file terkompresi. Kami dapat menggunakan format file terkompresi apa pun, tetapi tidak selalu yakin bagaimana cara kerjanya dan apa perbedaannya. Kami selalu menggunakan tanpa mengetahuinya. Sebagian besar waktu itu menciptakan kebingungan antara file terkompresi dan format file arsip untuk melakukan tugas dan tidak dapat memahami mana yang sempurna. Secara umum, format file terkompresi dan arsip memiliki fungsi yang sangat mirip. Jadi, penting untuk mengetahui tentang format file untuk melakukan tugas dengan sempurna pada percobaan pertama.

Kompresi file

freearc – Kompresi file adalah proses di mana semua file yang dipilih menjadi terkompresi dalam ukuran dan ini adalah proses yang sangat sederhana dan aman untuk mengompres file besar. Anda mungkin tahu bahwa file terkompresi membutuhkan lebih sedikit ruang daripada file lain untuk disimpan di drive penyimpanan dan dapat dengan mudah dan cepat dibagikan melalui jaringan. Ini juga memberikan perlindungan dengan fungsi enkripsi dan selalu membutuhkan kata sandi untuk mendekripsi/mendekompresinya.

File arsip

File arsip terdiri dari satu atau lebih file komputer dengan metadata. Ini digunakan untuk mengumpulkan beberapa file data menjadi satu file untuk portabilitas dan penyimpanan sederhana. Itu juga digunakan untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Sebagian besar waktu proses ini sering digunakan untuk perangkat lunak pengemasan untuk distribusi. File arsip dapat menyimpan struktur direktori, mendeteksi kesalahan dan memperbaikinya, komentar sewenang-wenang, dan terkadang menggunakan enkripsi bawaan.

Baca Juga : Program Kompresi Files Gratis ZipGenius

Sekarang, kita akan membahas lima format file terkompresi dan arsip yang sangat populer di kalangan pengguna komputer dan Anda dapat dengan bebas menggunakan salah satu format file ini di MacOS, Linux & Windows.

RITSLETING

ZIP atau Ziczac Inline Pin adalah arsip cum format file terkompresi yang sangat populer. Biasanya digunakan untuk kompresi data. Ini berisi satu atau lebih file dan direktori dan menggunakan .zip sebagai ekstensi file. File dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi WinZip, WinRAR, dan 7-Zip dan hanya diekstraksi oleh aplikasi khusus ini. Ini menggunakan metode kompresi DEFLATE. Ini banyak digunakan di semua Windows, MacOS, dan Linux.

RAR

RAR atau Arsip Roshal adalah format file lain dan lebih populer daripada format ZIP. Format file ini digunakan untuk kompresi data serta pemulihan kesalahan dan juga untuk file spanning. Itu dapat menyimpan banyak file dan menggunakan .rar sebagai ekstensi file. Format file ini dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi WinRAR dan diekstrak dengan aplikasi WinRAR atau WinZip. Format file RAR didukung oleh semua sistem operasi yang ada.

TER

TAR atau Tape Archive digunakan untuk menggabungkan beberapa file menjadi file arsip yang besar. Format file ini biasanya digunakan untuk pengarsipan dan distribusi paket perangkat lunak. Itu juga mempertahankan semua sistem file informatif seperti – izin pengguna dan grup, tanggal dan struktur direktori. Ini menggunakan ekstensi file .tar. Format ini dapat dibuat oleh aplikasi TAR dan banyak digunakan di sistem UNIX dan Linux.

TAR.GZ

Format file TAR.GZ dibuat dengan format TAR Archive dan GZIP (GUNZIP). Ini adalah format file arsip sementara GZIP adalah aplikasi kompresi yang paling umum dan populer. Ini juga dikenal sebagai file TAR terkompresi. File berisi kumpulan file, yang digabungkan dengan menggunakan skema kompresi berbasis file. Ini menggunakan ekstensi file .tar.gz. File ini dapat dibuat dan diekstrak dengan aplikasi TAR dan 7-Zip. Ini sangat didukung dengan Windows, Mac, UNIX, dan Linux.

7Z

7Z populer di kalangan pengguna komputer dan biasa digunakan untuk kompresi dan enkripsi data. Ini menawarkan rasio kompresi yang lebih tinggi daripada format arsip lainnya. Ini adalah format file arsip yang paling direkomendasikan. Ini menggunakan ekstensi file .7z. Aplikasi 7-ZIP sangat penting untuk membuka, membuat, dan mengekstrak file 7Z. Format file ini sangat didukung dengan semua sistem utama di pasar.

Perbedaan antara format file yang disebutkan di atas

Format file ZIP pada dasarnya banyak digunakan untuk mengelompokkan file untuk pengunduhan tunggal melalui Internet. Tapi kompres tar.gz lebih baik daripada zip, tetapi butuh waktu lebih lama untuk mengompres file. Di mana RAR adalah satu-satunya format yang membuat file RAR dan juga membagi arsip terkompresi menjadi beberapa bagian yang tidak dapat dilakukan oleh orang lain.

TAR dapat mengompres banyak file menjadi satu file tar, di mana ZIP dapat mengelompokkan banyak file tetapi hanya bagus untuk kompresi file tunggal. Tetapi tar.gz juga lebih baik daripada tar karena tar.gz dapat dibuat dan diekstraksi oleh beberapa aplikasi seperti TAR dan 7-Zip. Jadi jika Anda mendapatkan arsip terkompresi, Anda harus menggunakan menggabungkan keduanya. Pada awalnya, Anda dapat menggunakan tar untuk memasukkan semua file ke dalam satu file atau format “archive.tar”, kemudian melalui gzip ke format archive.tar.gz. Dalam kasus 7z, kompresi jauh lebih baik daripada zip, yang dapat menghemat ruang Anda.

Pada akhirnya, Anda dapat memilih metode apa pun yang disebutkan di atas tetapi pilih salah satu yang memberi Anda nilai lebih baik. Semoga, artikel ini memberi Anda pandangan yang lebih baik tentang semua format kompresi dan arsip populer. Terlepas dari daftar ini, jika Anda menemukan format file kompresi lain yang lebih baik, jangan ragu untuk membagikannya di bagian komentar di bawah. Terima kasih!

By arcfree