Sun. Oct 24th, 2021

Alternatif WinZip gratis terbaik 2021: kompres dan ekstrak arsip file – Alternatif WinZip gratis terbaik membuat mengompresi dan mengekstrak arsip file menjadi mudah, sementara juga termasuk menambahkan fungsionalitas tambahan dibandingkan dengan yang dibundel dengan Windows.

Alternatif WinZip Gratis Terbaik 2021: Kompres dan Ekstrak Arsip File

 Baca Juga : 5 Alat Gratis Untuk Membantu Anda Mengelola File dan Folder di PC

freearc – WinZip adalah perangkat lunak paling terkenal untuk membuat dan membuka arsip file terkompresi, tetapi itu bukan satu-satunya pilihan dan ada banyak alternatif gratis luar biasa yang perlu diselidiki sebelum Anda membuka dompet Anda.

Windows (dari XP dan seterusnya) memiliki alat kompresi bawaan, diakses dengan mengklik kanan satu atau lebih folder/file, dan memilih ‘Kirim ke > Folder terkompresi (zip)’. Ini bagus untuk penggunaan yang sangat sesekali, tetapi sangat terbatas. Itu hanya dapat membaca dan membuat file ZIP (ada lusinan format lain).

Selain itu, utilitas zip Windows bawaan tidak memungkinkan Anda membuat banyak volume dengan ukuran tertentu, tidak dapat memperbaiki arsip yang rusak, dan tidak mendukung enkripsi. Bahkan, jika Anda menggunakannya untuk mengompres file terenkripsi, file tersebut akan didekripsi saat diekstraksi.

Oleh karena itu banyak pengguna akan menginginkan alternatif untuk utilitas Windows dan ada baiknya mengetahui opsi apa yang tersedia selain WinZip. Inilah alternatif WinZip gratis terbaik yang bisa kami temukan.

1. 7-zip

7-Zip adalah open source, artinya benar-benar gratis, bahkan untuk penggunaan komersial. Ini hanya berukuran 1MB, dan dapat mengemas dan membongkar hampir semua arsip file terkompresi yang dapat Anda gunakan.

7-Zip bukanlah alternatif WinZip yang paling menarik, tetapi dirancang dengan sangat baik sehingga Anda tidak akan melewatkan antarmuka apik dari perangkat berbayar yang setara. Anda dapat menemukan file yang akan diarsipkan menggunakan pohon file bergaya Windows Explorer sederhana, atau seret dan lepas ke jendela utama.

Format 7z-nya sendiri dirancang untuk kompresi tinggi, dan didukung oleh hampir semua alat pengarsipan file – baik berbayar maupun gratis – menjadikannya pilihan ideal untuk berbagi. 7-Zip juga dapat membuat arsip 7z yang mengekstrak sendiri.

Anda dapat menerapkan perlindungan kata sandi ke arsip yang dikemas dan membaginya menjadi beberapa volume, yang berguna untuk berbagi arsip yang sangat besar. Satu-satunya fitur utama yang hilang adalah kemampuan untuk memperbaiki arsip yang rusak – selain itu, ini adalah program yang benar-benar luar biasa.

2. PeaZip

PeaZip adalah alternatif WinZip open source lainnya, tetapi dengan beberapa fitur tambahan dalam paket yang jauh lebih besar (sekitar 10MB dibandingkan dengan 1MB 7-Zip).

Instalasi standar PeaZip akan membuat asosiasi file dan menambahkan opsi menu konteks secara otomatis, yang mungkin tidak Anda inginkan jika Anda mencobanya untuk pertama kali. Pilih ‘Kustom’ jika Anda ingin membuat pilihan sendiri.

PeaZip kompatibel dengan hampir semua format file terkompresi yang ada. PEA, formatnya sendiri, memprioritaskan keamanan daripada kompresi, dengan pemeriksaan integritas opsional dan enkripsi yang diautentikasi. Tidak seperti 7-Zip, ia dapat memperbaiki arsip yang rusak.

Fitur tambahannya yang praktis mencakup kemampuan untuk mengonversi format arsip dan menguji arsip untuk kesalahan. Itu tidak dapat mengelompokkan gambar kompres atau tanda air seperti yang dapat dilakukan oleh beberapa alat lain di sini, tetapi dapat memutar dan memotongnya untuk Anda.

3. Zip Free

Banyak alternatif Winzip gratis menyembunyikan fitur terbaik mereka di balik sistem menu yang kompleks. Ashampoo Zip Free adalah pengecualian langka, dengan antarmuka yang jelas dan mode sentuh opsional dengan ikon yang lebih besar dan ramah ketuk.

Banyak opsi yang ditampilkan di layar splash utama adalah tautan ke aplikasi berbayar seperti alat enkripsi dan dekripsi khusus, tetapi jangan biarkan ini membuat Anda pergi; semua hal penting yang akan Anda temukan di perangkat lunak kompresi file gratis lainnya ada dan benar, termasuk pembuatan arsip, ekstraksi, perbaikan, dan penulisan ZIP multi-volume.

Menariknya, Ashampoo Zip Free juga memberikan pratinjau file sebelum Anda mengekstrak arsip. Ini bisa sangat berguna, tetapi itu terjadi secara otomatis jadi jangan khawatir jika file musik mulai diputar dengan mouse.

Ashampoo Zip Free tidak menawarkan banyak pilihan, dan setiap fiturnya disajikan dan dijelaskan dengan jelas. Pengguna tingkat lanjut mungkin lebih menyukai penyesuaian yang lebih halus yang disediakan oleh alat seperti 7-Zip, tetapi untuk pengguna rata-rata ini adalah pilihan yang sangat baik.

4. Zipware

Zipware terlihat sebagus perangkat lunak kompresi file premium, dan sangat mudah digunakan. Cukup pilih ‘Baru’ atau ‘Buka’, pilih file sumber atau arsip Anda, atur beberapa pengaturan opsional dan selesai.

Fitur menonjol Zipware adalah pemindaian virus terintegrasi: jika arsip berukuran di bawah 32 GB, Anda dapat memeriksanya dari ancaman dengan VirusTotal. Ini mungkin tidak menarik bagi pengguna yang kuat, tetapi merupakan tambahan yang bermanfaat bagi siapa saja yang tidak yakin tentang mengekstrak arsip yang diunduh (atau siapa yang mengenal seseorang dengan kecenderungan untuk secara tidak sengaja membuka hal-hal seperti itu).

Zipware gratis untuk digunakan, tetapi jika Anda memutuskan untuk tetap menggunakannya, situs web mengundang Anda untuk memberikan donasi untuk mendukung pengembangannya – permintaan yang masuk akal jika Anda mampu membelinya.

5. Zip Archiver

Zip Archiver Hamstersoft adalah alternatif gratis lain untuk WinZip yang juga dirancang dengan baik sebagai banyak aplikasi berbayar. Navigasinya mudah, dengan sentuhan intuitif seperti penggeser sederhana untuk menyesuaikan tingkat kompresi dan kemampuan mengunggah arsip ke layanan cloud.

Namun, kesederhanaan ini ada harganya. Hamster Zip Archiver menawarkan opsi yang jauh lebih sedikit saat membuat arsip, dan meskipun dapat membuka berbagai format file terkompresi, Hamster hanya dapat membuat file ZIP dan 7z.

Ada satu kelemahan lain yang harus diperhatikan: Penginstal utama Hamster Zip Archiver adalah dalam bahasa Inggris, tetapi jika Anda memilih untuk memperbarui perangkat lunak secara manual, Anda mungkin akan dihadapkan pada beberapa opsi dalam bahasa Rusia asli pengembang. Berhati-hatilah agar tidak secara tidak sengaja menyetujui untuk menginstal perangkat lunak tambahan atau plugin browser yang tidak Anda inginkan.

By arcfree