Tue. Aug 16th, 2022

8 Program Perangkat Lunak Kompresi File Terbaik – Program perangkat lunak kompresi file bekerja dengan mengompresi file yang ada di komputer/perangkat untuk menghemat ruang dan mempermudah berbagi konten baik online maupun offline.

8 Program Perangkat Lunak Kompresi File Terbaik

freearc – Perangkat lunak kompresi file terbaik hadir dengan biaya rendah (sebaiknya gratis), mampu mengompresi file ke tingkat yang besar dan memungkinkan pengguna untuk mengompres banyak file sekaligus. Penggunaan utama perangkat lunak kompresi file adalah untuk mengurangi ukuran folder atau file tertentu yang mungkin memakan terlalu banyak ruang.

Manfaat utama menggunakan perangkat lunak kompresi adalah lebih banyak ruang kosong pada perangkat komputasi dan transfer file yang lebih mudah baik melalui stik USB atau platform online seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan layanan berbagi file. Mengurangi ukuran file juga memungkinkan pengguna untuk menyimpan data di perangkat seluler. Aplikasi kompresi file biasanya dapat diandalkan dan aman untuk digunakan.

Baca Juga : Cara Menggunakan 7-Zip untuk Mengompres File

Dalam panduan ini, pembaca akan belajar tentang aplikasi perangkat lunak kompresi file terbaik yang tersedia di pasaran saat ini. Setelah membahas keuntungan dan kerugian dari aplikasi perangkat lunak kompresi file terkemuka di industri, pembaca akan belajar tentang cara kerja program ini, apakah file dapat rusak dalam prosesnya, cara mengubah program zip default pada Windows 10 dan tips lainnya.

Program perangkat lunak kompresi file terbaik diberikan di bawah ini.

1. WinZip

WinZip pada dasarnya adalah alat perangkat lunak kompresi file default untuk pengguna Windows. Penggunaan utama WinZip adalah untuk mengurangi ukuran file dan mengenkripsi konten.

Keuntungan dari WinZip termasuk dukungan untuk banyak jenis file, alat manajemen, kemampuan untuk membagi file yang diberikan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan terhubung ke Google Drive dan Dropbox. Namun, ada beberapa kelemahan, seperti kurangnya dukungan untuk platform non-Windows (walaupun ada versi untuk Mac) dan pengurangan ukuran yang moderat saat file dikompresi.

WinZip memiliki beberapa fitur unik yang membedakan produk ini dari produk lain yang ada di pasaran. WinZip menyediakan fungsi konversi PDF untuk watermarking, enkripsi tingkat bank untuk perlindungan data, banyak opsi berbagi dan dukungan untuk 17 format file. Plus, perangkat lunak ini menawarkan tingkat gratis, uji coba gratis, dan jaminan uang kembali. Secara keseluruhan, sisi kuat WinZip mencakup dukungan hebat untuk Windows, enkripsi berkualitas, dan lebih dari 30 tahun menawarkan produk yang solid.

WinZip menawarkan dua poin harga: Versi “26 Standard” berharga $29,95, sedangkan versi “26 Pro” berharga $49,95. Corel Corporation memiliki WinZip, yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1991.

Setelah WinZip diinstal, perangkat lunak kompresi file bekerja dengan menunjukkan kepada pengguna tombol “Enkripsi” di sudut kiri atas panel jendela Windows Explorer. Mengklik Enkripsi dan kemudian memilih file memulai proses kompresi. Pengguna bebas mengatur kata sandi dan kemudian menyimpan pengaturan.

2. WinRAR

WinRAR adalah program perangkat lunak kompresi file populer lainnya yang bekerja dengan berbagai file multimedia dan dilengkapi dengan beberapa metode kompresi. Penggunaan utama adalah untuk mengekstrak dan membuat file RAR.

Keunggulan WinRAR antara lain rasio kompresi yang tinggi, dukungan untuk berbagai format dan kemampuan untuk membuat file RAR. Namun, kelemahan WinRAR termasuk antarmuka pengguna yang sedikit ketinggalan jaman, menu yang berantakan dan kurangnya tingkat gratis.

WinRAR memiliki beberapa fitur unik, termasuk tema, kecepatan, opsi enkripsi, dan dukungan RAR. Dari segi keamanan, WinRAR sangat bagus dan menggunakan AES 256-bit untuk enkripsi. WinRAR berharga $29 untuk satu pengguna. Pengembang WinRAR adalah Eugene Roshal, dan program ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1995.

WinRAR bekerja dengan menggunakan algoritma kompleks untuk menyimpan dan mentransfer data melalui arsip ZIP atau RAR. Setelah mengunduh WinRAR, pengguna perlu meluncurkan aplikasi, klik opsi “File”, pilih opsi “Buka Arsip”, pilih file RAR, lalu pilih untuk membuka. Untuk membuat arsip RAR, pilih file, klik kanan pada file, pilih “Tambahkan ke Arsip,” lalu pilih ZIP dan kemudian klik “OK.”

3. 7-Zip

7-Zip dianggap sebagai salah satu program perangkat lunak kompresi file terbaik. Penggunaan utama 7-Zip adalah untuk mengompresi file sambil mencoba menjaga ukurannya serendah mungkin.

7-Zip gratis dan menawarkan banyak keuntungan, termasuk fitur untuk menangani file besar dan format unik. Tetapi kelemahan 7-Zip termasuk antarmuka yang tidak nyaman dan kecepatan yang lebih lambat dibandingkan dengan opsi lain yang disebutkan dalam daftar ini.

Fitur unik 7-Zip termasuk format zip perangkat lunak itu sendiri dan fakta bahwa program ini open-source. Nilai jual kuat 7-Zip adalah kurangnya opsi berbayar dan pengelola file terintegrasi. 7-Zip menggunakan enkripsi AES 256-bit saat mengompresi file dan karenanya aman. Alexander Roshal memiliki 7-Zip, dan program ini pertama kali diluncurkan pada 1999.

Setelah 7-Zip diinstal, pengguna harus meluncurkan aplikasi, pilih file yang perlu dikompresi, atur kata sandi dan tekan tombol “OK”.

4. Zip Archiver

Zip Archiver adalah alat kompresi file lain yang menawarkan beberapa fitur paling canggih yang ditemukan di perangkat lunak kompresi file apa pun. Penggunaan utamanya tetap sama, yaitu untuk mengompresi file dan menghemat ruang.

Keuntungan Zip Archiver termasuk fakta bahwa perangkat lunak ini gratis, cepat dan mudah digunakan. Namun, kelemahan Zip Archiver termasuk kurangnya dukungan untuk platform utama dan dukungan format yang terbatas.

Salah satu fitur unik Zip Archiver adalah program perangkat lunaknya menawarkan dukungan cloud untuk hampir semua layanan, termasuk Google Drive dan Dropbox. Salah satu keunggulan alat ini adalah rasio kompresi tinggi yang digunakan untuk menghasilkan beberapa tingkat kompresi. Plus, perangkat lunak ini mendukung beberapa jenis file, termasuk ZIP, RAR, TAR dan 7Z. Dari segi keamanan, Zip Archiver memiliki reputasi yang baik di industri ini. HamsterSoft adalah perusahaan yang memiliki Zip Archiver.

Zip Archiver berfungsi seperti program perangkat lunak kompresi file standar lainnya. Pengguna perlu meluncurkan aplikasi, pilih folder, pilih format, atur kata sandi (atau tidak), lalu klik tombol “Kompres”.

5. PeaZip

PeaZip adalah perangkat lunak kompresi file populer yang menawarkan dukungan untuk Windows, Linux, macOS, dan sistem operasi lainnya. Penggunaan utama PeaZip adalah untuk mengompresi dan mendekompresi file pengguna dengan cara yang sederhana.

Keunggulan PeaZip termasuk dukungan untuk kompresi cepat, dukungan format ekstensif, dan akses ke alat keamanan tambahan. Namun, kekurangannya termasuk sejumlah besar opsi untuk pengguna pemula dan fakta bahwa perangkat lunak ini membutuhkan banyak sumber daya saat mengakses fitur tertentu.

Fitur unik PeaZip adalah program ini open-source, mendukung otentikasi dua faktor dan menawarkan pengelola kata sandi terenkripsi. Sisi kuat PeaZip termasuk kemampuan untuk membagi file dan mencari duplikat. Dari segi keamanan, PeaZip memiliki format PEA eksklusif yang meningkatkan opsi enkripsi dan melindungi identitas pengguna. PEA gratis untuk digunakan dan dimiliki oleh Giorgio Tani melalui perusahaan PeaZip SRL.

PeaZip bekerja seperti perangkat lunak kompresi file lainnya. Pengguna cukup menyeret file yang perlu dikompres menggunakan aplikasi, memilih metode kompresi dan kemudian klik tombol “OK” untuk memulai proses kompresi.

6. Express Zip File Compression

Express Zip File Compression adalah alat perangkat lunak kompresi file lain yang bertujuan untuk keandalan tinggi sehingga pengguna dapat menghemat ruang setiap hari. Penggunaan utama Express Zip File Compression adalah untuk mengompres, membuka zip dan file zip.

Kelebihan Express Zip File Compression termasuk dukungan untuk banyak format file, dukungan multi-disk dan antarmuka yang mudah digunakan. Namun, situs web produk yang berantakan dan pilihan terbatas dalam versi gratis adalah kelemahan utama dari alat ini.

Fitur unik Express Zip File Compression mencakup opsi berbagi lanjutan dan kemampuan untuk menangani beberapa file secara bersamaan. Sisi kuat lainnya dari perangkat lunak ini termasuk antarmuka pengguna yang sederhana dan pengekstrak file yang cepat. Express Zip menawarkan kepada pengguna opsi untuk melindungi file dengan enkripsi dan karenanya sangat aman.

Sementara Express Zip File Compression gratis untuk digunakan di rumah, lisensi komersial mulai dari $19,99. Produk ini dimiliki oleh NCH Software.

Setelah terinstal, alat ini bekerja dengan menampilkan opsi Express Zip ketika pengguna mengklik kanan pada file yang diberikan melalui menu konteks. Setelah memilih opsi, pengguna dapat mengklik “Kompres,” pilih beberapa opsi dan kemudian klik tombol “OK” untuk membiarkan Express Zip mengambil alih sisa proses.

7. ZipGenius

ZipGenius adalah program perangkat lunak kompresi file yang tidak terkenal tetapi masih sangat bagus. Penggunaan utama ZipGenius adalah untuk mengompres dan mengekstrak file zip dengan mudah. Keunggulan ZipGenius termasuk kemampuan untuk membuat file ZIP, antarmuka yang mudah digunakan, tutorial dan sumber daya yang bagus. Namun, kelemahan ZipGenius termasuk situs web yang kurang berkembang dan kurangnya pembaruan rutin, setidaknya untuk antarmuka pengguna.

ZipGenius menawarkan beberapa fitur unik, seperti alat dekompresi dan add-on yang hebat, dan sisi kuat dari perangkat lunak ini termasuk integrasi dengan shell Windows dan ekstraksi file sekali klik. ZipGenius dari segi keamanan sangat baik karena perangkat lunak ini menawarkan alat enkripsi/dekripsi dan perlindungan kata sandi.

Semua fitur tersebut dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki komputer dan koneksi internet karena ZipGenius sepenuhnya gratis. ZipGenius dimiliki oleh The ZipGenius Team, dengan Matteo Riso sebagai pengembangnya.

ZipGenius bekerja dengan cara yang sama seperti kompresor file lainnya. Pengguna harus menginstal aplikasi dan kemudian klik kanan pada file apa pun yang perlu dikompresi. Setelah klik kanan dilakukan, menu konteks akan menampilkan opsi ZipGenius. Mengklik opsi ZipGenius akan membawa pengguna ke prompt lain di mana format dan pengaturan lainnya dikonfigurasi.

8. IZArc

IZArc adalah alat perangkat lunak kompresi file lain yang kurang dikenal yang terutama melayani pengguna Windows. Penggunaan utama IZArc adalah untuk mengompresi dan mendekompresi file yang memakan terlalu banyak ruang.

Keunggulan IZArc termasuk dukungan luas untuk format populer, antarmuka yang sederhana dan dukungan multi-bahasa. Namun, kurangnya dukungan IZArc untuk macOS adalah kerugian besar.

Fitur unik IZArc termasuk dukungan untuk perangkat iOS dan file zip yang mengekstrak sendiri. Kemampuan untuk memperbaiki file zip yang rusak dan mengonversi gambar CD adalah salah satu nilai jual yang kuat dari program perangkat lunak kompresi ini. IZArc gratis untuk digunakan, memiliki fitur keamanan yang baik, menawarkan enkripsi AES 256-bit dan mampu memindai arsip dari virus. Ivan Zahariev memiliki IZArc dan telah mengembangkan perangkat lunak kompresi file di bawah model lisensi Donationware.

Setelah aplikasi IZarc diinstal, pengguna harus pergi ke jendela “File Menu”, klik “New Archive”, pilih file dari prompt yang ditampilkan, beri nama arsip dan kemudian klik “Open.” Setelah memilih semua file yang perlu diarsipkan, klik “OK.”

Apa yang Perlu Diketahui tentang Perangkat Lunak Kompresi File

Hal terpenting yang perlu diketahui tentang perangkat lunak kompresi file adalah tidak semua aplikasi kompresi file dibuat sama. Beberapa fokus pada algoritme kompresi, sementara yang lain mengutamakan kecepatan dan keamanan bersama dengan dukungan format ekstensif. Sebagian besar aplikasi perangkat lunak kompresi file mendukung format ZIP. Namun, ada format lain (agak lebih baik) yang tersedia juga. Karena ada lebih dari satu format kompresi yang tersedia, pengguna harus memastikan untuk mengunduh alat perangkat lunak kompresi file yang dapat menangani sebanyak mungkin format kompresi file.

Aplikasi perangkat lunak kompresi file cukup mudah digunakan, terutama jika pengguna tetap menggunakan yang populer yang disebutkan di atas. Dalam hal penggunaan, semua aplikasi kompresor file mengharuskan pengguna mengunduh aplikasi untuk memilih file yang perlu dikompres. Setelah itu, memilih beberapa opsi terkait enkripsi, kata sandi, dan metode kompresi, pengguna hanya perlu mengklik beberapa tombol untuk menyelesaikan proses kompresi.

Aplikasi kompresi file cukup populer. WinRAR, salah satu aplikasi kompresi file paling populer, memiliki lebih dari 500 juta pengguna. WinZip memiliki lebih dari 10 juta unduhan di Google Play Store saja. ZArchiver, alat perangkat lunak kompresi file populer lainnya, memiliki lebih dari 100 juta unduhan di Google Play Store. Dan daftar aplikasi Google Play Store WinRAR menunjukkan lebih dari 100 juta unduhan.

By arcfree