Thu. Feb 2nd, 2023

8 Alternatif WinZip Gratis Terbaik – WinZip adalah alat kompresi berguna yang dilengkapi dengan transfer yang lebih mudah. Kedua perangkat lunak ini memungkinkan Anda mengirim banyak file tanpa kerumitan karena memampatkan semua file menjadi satu file. Sayangnya, WinZip pada dasarnya adalah perangkat lunak berbayar meskipun menawarkan uji coba gratis selama 30 hari. Jika Anda memerlukan alat gratis dengan fungsi serupa, lihat rekomendasi alternatif WinZip gratis berikut.

8 Alternatif WinZip Gratis Terbaik

freearc – Mengapa Anda memerlukan rekomendasi untuk memilih alternatif WinZip? Saat ini, banyak alat kompresi tersedia di internet tetapi tidak semuanya bekerja dengan baik. Memilih yang terbaik bisa menjadi tantangan nyata, terutama jika Anda tidak terlalu menyukai bidang ini. Pastikan untuk memilih hanya perangkat lunak yang andal seperti yang disebutkan di bawah ini.

Alat kompresi berikut didedikasikan untuk membantu Anda mentransfer file dengan mudah. Sejumlah software seperti 7-Zip, Zipware, dan FreeArc telah banyak digunakan di seluruh dunia sehingga Anda bisa mengandalkannya untuk mengompres file. Ada beberapa utilitas lain yang direkomendasikan untuk membantu meningkatkan pengalaman pengarsipan Anda. Berikut ini adalah melihat lebih dekat alternatif WinZip:

1. 7-Zip

Mengompresi dan mendekompresi file menjadi lebih mudah dengan 7-Zip. Program praktis ini bersifat open source, artinya dapat diunduh dan diinstal secara bebas di perangkat apa pun. Sama seperti WinZip, alternatif ini memungkinkan Anda mengemas dan membongkar folder dan file dengan mudah. Meskipun open-source, 7-Zip menawarkan kompresi yang andal dengan hasil 10 persen lebih baik dibandingkan perangkat lunak serupa lainnya.

Baca Juga : Bagaimana Cara Kerja Kompresi File?

Mengunduh dan menginstal 7-zip tidak akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja komputer desktop Anda. Fakta bahwa ukurannya sekecil 1MB menjadikan 7-zip perangkat lunak ringan yang tidak akan membuat PC Anda lamban. Ini karena program menggunakan sumber daya sistem tanpa membawa materi dari luar.

Alat kompresi ini mendukung berbagai format termasuk 7z, ZIP, GZIP, dan TAR. Itu juga dapat membongkar lebih banyak format file termasuk CHM, DMG, dan ARJ. Dengan kemampuan kompres hingga 70 persen, 7-zip menawarkan solusi transfer file yang lebih mudah. Jika Anda menjalankan OS Windows, alat yang sudah ada sejak 2019 ini bisa menjadi alternatif yang bagus dibandingkan WinZip.

2. B1 Free Archiver

B1 Free Archiver adalah nama yang bagus untuk disebutkan dalam daftar alternatif WinZip. Perangkat lunak kompresi ini membantu menyederhanakan cara Anda untuk meng-zip dan meng-unzip file dan folder apa pun, memungkinkan Anda untuk mentransfer banyak file dengan mudah. Seperti halnya 7-zip, B1 Free Archiver adalah program sumber terbuka yang dapat diunduh dan dipasang secara gratis.

Alat lintas platform mendukung sistem operasi utama termasuk Windows, Linux, Mac, dan Android. Hadir dengan antarmuka yang sederhana dan user-friendly, wajar jika software ini menjadi favorit di kalangan pelajar dan pemula. Selain itu, B1 Free Archiver dapat digunakan baik online maupun offline sehingga Anda dapat mengompres dan mendekompresi file dan folder tanpa masalah.

Pengarsip online sangat mudah digunakan. Yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi situs web dari browser Anda dan mengunggah file atau folder yang diinginkan. Klik kompres dan tunggu pengarsip online melakukan tugasnya. Setelah selesai, unduh file atau folder yang dikompresi. Untungnya, B1 Free Archiver mendukung banyak format termasuk 7z, RAR, B1, dan JAR.

3. Bandizip

Bagian terburuk dari menginstal perangkat lunak gratis adalah penambahan malware atau adware . Tetapi jika Anda mencoba mencari alat kompresi yang gratis dan aman, Bandizip bisa menjadi pilihan yang bagus. Program ini dirancang untuk memindai ancaman dan malware sebelum dibuka, sehingga komputer Anda akan tetap aman dan terlindungi. Ini juga dikenal sebagai program yang efisien dan cepat untuk menghemat waktu Anda.

Bandizip hadir dengan banyak fitur seperti seret dan lepas. Fungsi ini memungkinkan Anda untuk menyeret file atau folder yang diinginkan dan menjatuhkannya ke antarmuka Bandizip. Dukungan Unicode adalah sorotan lain untuk dinikmati dari perangkat lunak, memungkinkan Anda mengemas dan membongkar file dengan karakter khusus seperti Cina, Jepang, atau Korea. Belum lagi ia menawarkan fitur pratinjau untuk membantu Anda menemukan arsip yang tepat.

Antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna membuat Bandizip mudah dipahami, bahkan untuk pemula. Ini mendukung format kompresi utama seperti RAR, Zip, dan 7z. Selain fitur yang mudah digunakan, utilitas ini membantu memastikan keamanan data Anda. Berkat peningkatan algoritme yang mencegah orang yang tidak diinginkan membaca file Anda. Jika Anda menjalankan Windows di desktop atau laptop, pengarsipan ini bisa menjadi pilihan yang bagus.

4. PeaZip

Alternatif WinZip gratis lainnya dengan kinerja luar biasa adalah PeaZip. Alat kompresi lintas platform ini bekerja dengan baik di Windows dan Linux tetapi tidak tersedia di Mac dan Android. Meskipun dukungan terbatas untuk OS, program ini hadir dengan sorotan dan fitur untuk mengemas dan membongkar file serta folder. Anda tidak hanya dapat melakukan zip dan unzip, tetapi Anda juga dapat mengelola file dengan perangkat lunak ini.

Di antara sorotan dan fitur yang dibawa oleh alat praktis ini adalah pengelola kata sandi. Dengan fungsi ini, Anda dapat menetapkan kata sandi utama yang dapat digunakan untuk semua file. Kata sandi ini menjauhkan file dan folder Anda dari orang yang tidak diinginkan, sehingga keamanan data Anda dapat terlindungi dengan baik. Selain pengelola kata sandi, ia juga memiliki kemampuan enkripsi dan dekripsi.

Alat ini memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan jelas yang cukup mudah digunakan. Ini juga mendukung banyak format file untuk kenyamanan terbaik. Untuk ukuran file, PeaZip cukup ringan karena hanya 10MB. Jika Anda mencari alat kompresi gratis yang tidak membuat komputer Anda lamban, PeaZip bisa menjadi pilihan yang tepat.

5. ExtractNow

Dirancang khusus untuk Windows, ExtractNow adalah pengarsipan sumber terbuka yang membantu mengompres dan mendekompresi file Anda. Alternatif WinZip ini dapat berjalan dengan baik di Windows 98 dan lebih tinggi, sehingga cocok untuk sebagian besar komputer modern. Meskipun gratis, ExtractNow memiliki banyak fitur yang membantu menangani file dan folder Anda sebelum mentransfer.

Kemampuan untuk mengatur folder otomatis adalah salah satu keunggulan yang dibawa oleh alat ini. Seperti halnya Bandizip, ini juga dilengkapi fungsi seret dan lepas yang memungkinkan Anda menyeret file yang diinginkan dan meletakkannya ke antarmuka. Tanpa perlu menjelajah dari komputer Anda, pengarsipan ini membantu menghemat banyak waktu Anda. Atau, Anda juga dapat mengklik kanan file tersebut dan memilih dari opsi menu untuk mengekstrak dengan alat ini.

ExtractNow ramah bagi pemula, berkat antarmukanya yang intuitif dan sederhana. Karena mendukung sebagian besar format zip, memiliki alat ini di komputer Anda sudah cukup untuk menangani format file apa pun. Sama seperti alat kompresi lainnya, pengarsipan ini tidak akan menghabiskan banyak ruang di PC Anda atau membuatnya lamban. Yang terpenting, alat ini 100 persen gratis sehingga Anda dapat mengunduh dan menginstalnya di perangkat apa pun.

6. Hamster Zip Archiver

Salah satu software kompresi yang paling direkomendasikan adalah Hamster Zip Archiver. Ada banyak alasan untuk memilih alat ini daripada WinZip seperti mudah dan gratis untuk diunduh, navigasi yang mudah, dan desain yang intuitif. Pengarsipan ramah pemula, berkat antarmuka yang sederhana namun keren yang mudah dimengerti. Ini juga menawarkan beberapa fitur untuk membantu Anda mengemas dan membongkar file.

Apa yang membuatnya lebih baik? Ini tentunya dukungan untuk mengakses cloud dengan nyaman. Pengguna dapat menggunakan teknologi cloud populer seperti Google Drive, One Drive, Dropbox, dan YandexDisk yang membantu membuat salinan file penting. Ini juga memungkinkan Anda mengirim foto atau proyek dengan mudah. Dengan rasio kompresi yang tinggi, Anda dapat memberikan hasil yang luar biasa tanpa ukuran file yang terlalu besar.

Hamster Zip Archiver bukanlah perangkat lunak lintas platform, artinya hanya berjalan pada sistem operasi tertentu. Ini dikembangkan untuk pengguna Windows, sehingga pengguna Linux dan Mac tidak dapat memanfaatkan fitur-fiturnya. Alat ini, bagaimanapun, mendukung beberapa format zip termasuk zip, rar, tar, dan 7z. Ini bisa merepotkan jika Anda akan meng-zip file dalam format yang berbeda.

7. Ashampoo Zip

Berikutnya dalam daftar, ada Ashampoo Zip yang bisa menjadi pilihan bagus untuk pengguna Windows. Salah satu alternatif WinZip terbaik ini gratis untuk diunduh tetapi dapat memberi Anda lebih dari yang diharapkan. Alat kompresi ini ringan namun kuat, memungkinkan Anda menikmati program tanpa menghabiskan banyak sumber daya sistem. Dengan dukungan untuk lebih dari 60 format zip yang berbeda, Anda dapat dengan mudah menangani file zip, rar, arc, xpi, dan lainnya.

Utilitas kompresi tidak hanya menawarkan fungsi paket dan unpack dasar tetapi juga dilengkapi dengan kemampuan untuk membuat file yang dapat diekstraksi sendiri. Fitur ini membantu perangkat lunak untuk memperbaiki arsip yang rusak, sehingga Anda tidak perlu kehilangan file penting. Fitur praktis ini biasanya ditemukan di utilitas berbayar, tetapi jarang ditemukan di perangkat lunak sumber terbuka.

Seperti Hamster Zip Archiver, Ashampoo Zip mendukung fungsi cloud yang memungkinkan Anda menggunakan layanan cloud dari One Drive, Google Drive hingga Dropbox. Selain itu, alat kompresi ini memberi Anda fungsi pratinjau yang memungkinkan Anda menemukan file yang diinginkan tanpa mengekstraksi. Semua kemudahan itu dibalut dengan antarmuka yang menarik dan sederhana bagi setiap penggunanya.

8. FreeArc

FreeArc adalah kompresi sumber terbuka dan utilitas pengelola file yang dikembangkan untuk Windows dan Linux. Software ini diklaim menggabungkan fitur terbaik dari 7-zip dan RAR seperti arsip padat yang dapat diperbarui dan kompresi yang dipilih secara otomatis. Ini juga menawarkan rasio kompresi yang tinggi untuk transfer yang lebih mudah dan kualitas file yang terjaga. Yang terpenting, FreeArc bekerja dengan lancar tanpa masalah besar.

Pengarsipan ini dirancang dengan antarmuka yang cukup mudah dan sederhana, memungkinkan pengguna dari berbagai tingkat keahlian untuk menggunakannya dengan nyaman. Belum lagi FreeArc hadir dengan kinerja yang lebih baik dan kecepatan yang lebih tinggi, terutama jika dibandingkan dengan utilitas kompresi sumber terbuka lainnya. Mengepak dan membongkar folder semakin mudah dengan software ini.

FreeArc mendukung berbagai format file termasuk zip, rar, dan 7z. Tetapi ia memiliki format arsipnya sendiri, yaitu .arc. Dengan menggunakan pengarsipan ini, Anda dapat menikmati sejumlah fitur seperti kompresi yang solid, kemampuan pengarsipan yang dapat diekstrak sendiri, perlindungan arsip, dan lapisan pemulihan. Ini juga mendukung enkripsi dan plugin Total Commander yang mungkin menarik bagi pengguna dengan tingkat keahlian yang lebih tinggi.

Itulah 8 alternatif WinZip gratis terbaik dan paling direkomendasikan untuk diingat. Semua utilitas kompresi di atas dapat diandalkan dan mampu memberikan performa hebat pada perangkat yang kompatibel. Jika Anda memerlukan pengarsip serbaguna tetapi WinZip bukanlah pilihan yang baik, beberapa alternatif di atas membantu menangani file dan folder Anda. Cukup pilih salah satu yang memenuhi preferensi Anda!

By arcfree