Thu. Feb 2nd, 2023

3 Cara Mengonversi IMG ke ISO dengan Mudah – Baik IMG dan ISO adalah format file yang digunakan untuk file gambar. Namun, format file ISO didukung oleh lebih banyak perangkat lunak. Oleh karena itu, terkadang, Anda mungkin perlu mengonversi IMG ke ISO. Posting dari MiniTool Partition Wizard ini menawarkan 3 cara untuk menyelesaikan pekerjaan itu.

3 Cara Mengonversi IMG ke ISO dengan Mudah

freearc – Baik IMG dan ISO adalah format arsip yang digunakan untuk membuat file gambar untuk mengemas konten seluruh perangkat penyimpanan. File-file dengan ekstensi file .img atau .iso disebut file gambar. Sebenarnya, file gambar tersebut mirip dengan file zip sampai batas tertentu.

Semuanya membuat rangkaian file tertentu menjadi satu file dalam format tertentu untuk memudahkan pengguna mengunduh dan menggunakannya. Jika Anda membuka file gambar di Windows, Anda dapat melihat file gambar biasanya berisi beberapa file.

ISO hanya dapat mengarsipkan media penyimpanan yang menggunakan sistem file ISO 9660 dan UDF (CD atau DVD). Tidak seperti ISO, IMG tidak hanya dapat mengarsipkan disk optik, tetapi juga disk (biasanya mengacu pada Floppy Disk atau Disket).

Namun, ISO lebih populer dan banyak program pembakar tidak mengenali berkas IMG. Oleh karena itu, terkadang, Anda mungkin perlu mengonversi IMG ke ISO terlebih dahulu. Untuk melakukan itu, Anda dapat merujuk ke metode berikut.

Baca Juga : 8 Alternatif WinZip Gratis Terbaik

Metode 1. Konversi IMG ke ISO dengan Mengubah Ekstensi File

IMG didasarkan pada format ISO, menambahkan kemampuan untuk mengarsipkan media penyimpanan menggunakan sistem file lain. Oleh karena itu, IMG kompatibel dengan ISO. Saat Anda mengarsipkan CD atau DVD, konten yang dihasilkan menggunakan IMG dan ISO adalah sama.

Dalam hal ini, struktur file IMG identik dengan file ISO dan Anda dapat mengonversi IMG ke ISO dengan mengubah ekstensi file. Berikut panduannya:

Langkah 1: Pastikan Anda dapat melihat ekstensi file IMG.

Buka File Explorer .
Klik File di pojok kiri atas.
Klik Ubah folder dan opsi pencarian .
Di jendela baru, lewati ke Lihat
Hapus centang Sembunyikan ekstensi untuk jenis file yang dikenal .

Langkah 2: Sekarang, ubah nama ekstensi file IMG dari ” .img ” menjadi ” .iso “.

Metode 2. Konversikan IMG ke ISO dengan Perangkat Lunak Pihak Ketiga

Dalam kebanyakan kasus, metode pertama tidak akan berhasil. Untuk kenyamanan, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk mengonversi IMG ke ISO. Ada banyak program seperti itu. Berikut daftar beberapa di antaranya:

IMG ke ISO . Ini adalah utilitas perangkat lunak kecil gratis yang menggunakan teknologi Virtual Hard Disk (VHD) Microsoft. Anda perlu menjalankannya dengan hak administrator dalam mode kompatibilitas di Windows Vista/7.
Gunung OSF . Ini juga gratis. Selain itu, ia menawarkan pembaruan rutin dan mendukung Windows 7 SP1, 8, 10, & Server 2008 & 2012 64-bit.
PowerISO . Ini adalah program gratis yang mendukung sebagian besar format file gambar dan versi sistem operasi.

Metode 3. Konversikan IMG ke ISO dengan Perangkat Lunak CD-ROM Virtual

Secara umum, melalui cara-cara di atas, Anda dapat mengonversi IMG ke ISO dengan mudah. Tetapi beberapa orang juga menawarkan ide lain tentang cara mengonversi IMG ke ISO. Silakan buka file IMG dengan program CD-ROM virtual, jadikan CD-ROM virtual. Kemudian, silakan gunakan perangkat lunak pembakar untuk menyalin konten di CD virtual. Dengan cara ini, Anda dapat mengonversi IMG ke ISO.

2 Cara Mengonversi File 7z ke Format ISO dengan Mudah

Terkadang, Anda telah mengunduh file 7z tetapi perangkat lunak Anda hanya mendukung file ISO. Dalam hal ini, Anda mungkin ingin mengonversi 7z ke ISO . Posting ini dari MiniTool Partition Wizard menawarkan 2 cara untuk melakukannya.

Apa itu 7z?

7z adalah format file arsip terkompresi yang mendukung beberapa kompresi data, enkripsi, dan algoritme pra-pemrosesan yang berbeda. Format 7z awalnya muncul seperti yang diterapkan oleh pengarsipan 7-Zip.

7-Zip adalah program kompresi data sumber terbuka. Saat ini, pesaing utama di pasar adalah WinZip dan WinRAR. 7-Zip mendukung banyak format file terkompresi/tidak terkompresi, termasuk ZIP, CAB, RAR, ARJ, Z, gzip, bzip2, LLHA, tar, cpio, RPM, dan ISO.

Apa itu ISO?

ISO adalah format arsip yang digunakan untuk membuat file gambar yang mengemas konten seluruh perangkat CD/DVD. Format ini didukung secara luas oleh banyak program. Selain itu, file ISO dapat dibuka dengan perangkat lunak 7-Zip.

Cara Mengonversi 7z ke ISO

Untuk mengonversi 7z ke ISO, Anda dapat mencoba 2 metode berikut.

Metode 1. Ekstrak File 7z Terlebih Dahulu

Seperti yang kita semua tahu, 7z adalah format file arsip terkompresi. Oleh karena itu, Anda dapat mengekstraknya menggunakan sebagian besar program kompresi (WinRAR, WinZip, dll.). Metode ini didasarkan pada poin ini. Silakan merujuk ke langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Ekstrak file 7z menggunakan perangkat lunak kompresi. Jika file yang diekstrak adalah file ISO, berarti penulis mengkompres ISO menjadi 7z. Kemudian, Anda tidak perlu melakukan langkah kedua.

Langkah 2: Gunakan perangkat lunak (seperti UltraISO, WinISO, WinImage, Daemon Tools, dll.) untuk membuat file yang diekstraksi menjadi file ISO. Jika file yang diekstraksi dari file 7z bukan file ISO, Anda harus mengambil langkah ini.

Melalui cara ini, Anda dapat mengonversi file dari format 7z ke ISO dengan mudah.

Metode 2. Konversikan 7z ke ISO Online

Jarang ada perangkat lunak yang menawarkan fitur untuk mengonversi file 7z ke file ISO. Namun masih ada beberapa situs web yang menawarkan fitur ini, misalnya ezyZip dan MConverter.

Untuk ezyZip:

Langkah 1: Klik tautan ini dan Anda akan masuk ke halaman ezyZip 7z ke ISO.

Langkah 2: Di bagian atas halaman, Anda akan melihat Select 7z file to convert . Klik tombol ini dan pilih file 7z yang ingin Anda konversi. Kemudian, lakukan operasi konversi dan simpan file ISO ke PC Anda.

Untuk MConverter:

Langkah 1: Klik tautan ini dan Anda akan masuk ke situs web MConverter.

Langkah 2: Unggah file 7z dengan menyeret atau menjelajah. Kemudian, pilih format file yang ingin Anda konversi dan format file yang ingin Anda konversi. Kemudian, tunggu hasilnya.

Secara umum, jika file 7z berukuran kecil, cara kedua layak digunakan, karena tidak mengharuskan Anda menginstal program pembuatan ISO. Namun jika file 7z berukuran besar, saya sarankan untuk menggunakan cara pertama, karena proses upload atau download di cara 2 bisa memakan waktu lama.

By arcfree