Sat. Jul 13th, 2024

10 Program Zip Gratis Terbaik – Saya telah menyusun daftar program zip gratis terbaik untuk Windows dan Mac OS yang dapat bersaing dengan WinZip populer dan alternatif berbayar lainnya dalam hal fungsionalitas.

10 Program Zip Gratis Terbaik

 Baca Juga : Informasi Kompresi File Yang Sangat Penting

freearc – Jika Anda baru mulai bekerja dengan arsip Zip atau tidak sering menggunakannya, saya sarankan untuk mencoba program gratis di bawah ini.

1. 7-Zip

-Membuat arsip multi-volume
-Mendukung enkripsi dengan algoritma AES
-Mendukung akselerasi perangkat keras
-Kompresi tinggi
-Membutuhkan PC yang kuat untuk bekerja dengan file besar
-Tidak dapat membuat arsip SFX multi-volume

7-Zip adalah pengarsipan file gratis dengan nilai kompresi data yang tinggi. Program ini mendukung beberapa algoritma kompresi termasuk LZMA, Bzip2, PPMd, LZMA2, Deflate dan Deflate64. Juga, ia bekerja dengan berbagai format file seperti BZIP2 (BZ2, TB2, TBZ, TBZ2), ZIP, 7z, TAR, dll.

File unzipper gratis ini dirancang untuk bekerja pada platform Windows. Untuk kompresi, 7-Zip menggunakan banyak utas, yang memungkinkan Anda untuk segera menggunakan hingga 8 aliran untuk mengompresi satu file.

Selain itu, program ini dapat membuat arsip self-extracting. File Achiever ini cocok untuk pemula dan profesional. Perlu disebutkan bahwa 7-Zip telah diunduh lebih dari 450 juta kali.

2. WinRAR

-Membuat arsip RAR dan ZIP
-Panjang jalur maksimum hingga 2048 karakter
-Kemampuan untuk menambahkan komentar teks ke arsip
-Ukuran file maksimum hingga 16 exabytes
-Kecepatan ekstraksi file lambat
-Menggunakan semua sumber daya sistem saat menjalankan

WinRAR adalah pengarsip file untuk Windows, tetapi ada juga versi untuk Linux dan Android. Dengan perangkat lunak unzip gratis ini, Anda dapat membuat arsip RAR dan ZIP serta mengekstrak file seperti RAR, TAR, UUE, XZ, Z, ZIP, dll.

Program ini dapat membuat arsip yang mengekstrak sendiri, menambahkan komentar teks ke arsip dan mengenkripsi arsip menggunakan algoritma AES. Juga, dimungkinkan untuk membuat arsip multi-volume dan berkelanjutan.

Menjadi agak serbaguna dan mudah digunakan, WinRAR akan menjadi pilihan yang cocok untuk para profesional dan pemula.

3. PeaZip

-UI multibahasa
-Kecepatan kompresi tinggi
-Mendukung arsip multi-volume
-Berdasarkan enkripsi AES 256
-Tidak sepenuhnya mendukung pengkodean UTF-8
-Masalah antarmuka selama pengarsipan file

PeaZip adalah pengarsipan file lintas platform gratis dengan kode sumber terbuka. Ini dapat bekerja dengan lebih dari 150 format arsip untuk pengarsipan file (ZIP, Z, BZ2, GZ, ARC, WIM, UPX, XZ) dan mengekstrak (ISO, ACE, CAB, CHM, CPIO, ARJ, dll.)

Dengan program ini, Anda dapat menelusuri konten dalam arsip tanpa perlu membongkarnya. Selain itu, PeaZip memiliki fitur enkripsi AES-256, kata sandi dan generator kunci, serta uji kinerja sistem. Selain itu, dimungkinkan untuk menyempurnakan pengaturan kompresi.

PeaZip dapat bekerja dengan arsip multi-volume, yang akan berguna bagi pengguna berpengalaman. Pemula akan menghargai fitur ekstraktor file gratis ini, terutama antarmuka intuitifnya.

4. The Unarchiver

-Mendukung format lama (StuffIt dan DiskDoubler)
-Membuka file yang disimpan dalam standar pengkodean yang berbeda
-Membutuhkan sumber daya sistem minimum
-Secara otomatis mengenali format file
-Bekerja secara tidak benar selama ekstraksi file

Unarchiver adalah pengarsipan file lintas platform gratis yang mendukung lebih banyak format file daripada ekstraktor ZIP bawaan di Mac. Program ini bekerja dengan file arsip umum seperti 7-ZIP, ZIP, RAR (termasuk v5), GZIP, TAR, dan BZIP2.

Unarchiver dapat membaca format lama seperti LZH, ARJ, StuffIt, DiskDoubler, dan ARC. Juga, ini membuka jenis file lain, seperti gambar disk ISO dan BIN. Program ini dirancang untuk secara otomatis mendeteksi pengkodean nama file, yang memungkinkan Anda untuk membuka file dari bagian mana pun di dunia tanpa kerumitan.

5. File Roller

-Dapat membuat dan mengubah arsip
-Kemampuan untuk melihat konten arsip tanpa perlu mengekstrak file
-Bilah alat yang dapat disesuaikan
-Dapat mengekstrak file individual dari arsip
-Memiliki satu dasbor
-Tidak ada pembaruan

Jika Anda mencari program zip gratis terbaik, File Roller akan menjadi pilihan yang bagus. Ini adalah pengarsipan file gratis dan mudah digunakan dari lingkungan desktop GNOME. Program ini mendukung berbagai file arsip seperti Compress, TAR, BZIP2, GZIP, LZOP, ZIP, LHA, RAR, JAR, ZOO, AR, ARJ dan lain-lain. Dirancang untuk Linux, pengelola arsip ini dapat membanggakan fungsionalitas yang baik, kemampuan untuk memeriksa integritas file, dan UI multibahasa yang nyaman.

Ini memiliki semua alat yang diperlukan untuk pengarsipan, melihat dan mengekstrak data arsip. Satu-satunya kelemahan File Roller adalah kurangnya pembaruan. Namun demikian, program ini cocok untuk amatir dan pro.

6. P7Zip

-Kompatibel dengan Linux dan Mac OS
-Mendukung sejumlah besar file arsip
-Mudah digunakan
-Masalah saat bekerja dengan arsip multi-volume
-Hanya mendukung arsip 7z yang tidak terenkripsi

P7Zip adalah alternatif Mac yang populer untuk 7Zip. Ini mendukung berbagai file untuk pengepakan dan pembongkaran, misalnya, Z, BZ2, UPX, GZ, WIM, ARC, XZ, dan ZIP.

Program ini memungkinkan Anda untuk mengompresi file, menambah dan menghapus file sebagai paket terkompresi, membongkar arsip, menelusuri konten dalam arsip, dan bahkan melihat file untuk memastikannya berfungsi dengan benar. P7Zip tidak memiliki antarmuka pengguna. Program ini bekerja dari baris perintah menggunakan Terminal.

7. FreeArc

-Membuat arsip yang solid
-Membuat arsip dan penginstal yang mengekstrak sendiri
-Menggunakan HTTP
-Mengembalikan arsip yang rusak
-Tidak mendukung arsip multi-volume
-Tidak ada ikon sebelum nama file/folder

FreeArc adalah program unzip file gratis dengan rasio kompresi tinggi. Ini memiliki berbagai algoritma kompresi seperti LZMA, GRZip, Tornado, PPMd, TrueAudio, serta filter tambahan LZP, REP, DELTA, DICT, BCJ, dan MM.

Karena banyaknya algoritme dengan pemilihan otomatis, ia memiliki rasio dan kecepatan kompresi data yang tinggi. Selain itu, FreeArc memiliki fungsionalitas yang kaya. Anda dapat memindahkan file ke arsip, menggabungkan arsip, menyimpan komentar arsip ke file, memulihkan arsip, dan lainnya. Program ini cocok untuk pekerjaan sehari-hari dan penggunaan profesional.

8. Ark

-Membuat arsip menggunakan mekanisme drag-and-drop
-Mendukung pengeditan file dalam arsip menggunakan perangkat lunak pihak ketiga
-Program lintas platform
-Dapat diintegrasikan dengan Konqueror dan Dolphin
-Memerlukan penginstalan program baris perintah

Ark adalah program sumber terbuka untuk mengompresi dan membuka ritsleting arsip. Ia bekerja dengan berbagai format arsip dalam lingkungan KDE. Dengan Ark, Anda dapat melihat, mengekstrak, membuat, dan memodifikasi file dan arsip.

Seperti program zip gratis lainnya, Ark mendukung berbagai jenis arsip, misalnya, TAR, GZIP, BZIP2, RAR, dan ZIP. Program ini memiliki antarmuka yang sederhana. Di bagian atas ruang kerja, Anda dapat melihat menu dengan tombol kontrol (Buat, Buka, Tambah File, Tambah Folder, Hapus, Ekstrak, dan Pratinjau). Ark memiliki fungsi yang layak dan mudah digunakan yang menjadikannya pilihan yang sempurna untuk orang-orang, yang membutuhkan program dengan dukungan format yang luas.

9. Zipware

-Beroperasi pada algoritma enkripsi AES-256
-Membuat arsip yang dilindungi kata sandi
-Memiliki fitur Drag & Drop
-Pengelola kata sandi bawaan
-Hanya untuk Windows
-Tidak berfungsi dengan baik saat memproses arsip multi-volume

Zipware adalah alat pengarsipan gratis, sumber terbuka dan kaya fitur yang mendukung jenis arsip paling populer, termasuk RAR5 terbaru. Dengan program ini, Anda dapat membuat arsip sederhana dan mengekstrak sendiri dengan data publik dan terenkripsi, membaginya menjadi beberapa volume terkait dengan ukuran berbeda serta mengonversinya ke format file paling umum seperti ZIP dan 7z.

Ada lima derajat kompresi file untuk dipilih. Setiap level akan menentukan ukuran arsip yang dihasilkan. Zipware memiliki antarmuka yang sangat sederhana. Selain itu, semua data yang Anda gunakan dilindungi oleh algoritma enkripsi AES-256 dan ZipCrypto.

10. HaoZip

-Perlindungan kata sandi
-Mengembalikan arsip yang rusak
-Mendukung teknologi multi-threading
-Membuat arsip multi-volume
-Tidak membuat arsip format RAR
-Kompatibilitas Windows saja

Saya memasukkan Haozip pada daftar program unzip gratis terbaik saya karena fitur-fiturnya yang kuat.

Perangkat lunak ini dapat berjalan pada sistem operasi Windows 32-bit dan 64-bit dan memungkinkan Anda untuk mengompres, membongkar, dan mengekstrak hampir semua jenis arsip populer.

Ia bekerja dengan lebih dari 50 jenis file termasuk BZIP2, ZIP, RAR, 7Z, ISO, UDF, ACE, TAR, UUE, CAB, dll. Haozip dapat membuat arsip SFX multi-volume (mengekstraksi sendiri) dan penginstal SFX di 7z format.

Karena antarmukanya yang sederhana dan multibahasa, alat pengarsipan ini adalah pilihan yang sempurna baik untuk amatir maupun profesional.

By arcfree