Tue. Aug 16th, 2022

10 Alternatif WinRAR Gratis – Kita semua bekerja dengan file terkompresi setiap hari. File terkompresi tidak hanya menghabiskan ruang penyimpanan yang rendah, tetapi juga mengurangi waktu transmisi melalui internet.

10 Alternatif WinRAR Gratis

 Baca Juga : 5 Pengarsip File Sumber Terbuka Untuk Menghemat Ruang Disk

freearcWinRAR adalah salah satu program kompresi paling membantu yang pernah dirancang. Alat ini memungkinkan Anda untuk mengompres dan mengarsipkan file , mengunci file, membagi file, mengekstraknya ke komputer Anda, dan bahkan menguncinya.

Meskipun WinRAR dapat memampatkan data file ke beberapa titik dan meningkatkan efisiensi transfer melalui internet, ia memiliki beberapa kekurangan. Pertama, ini adalah alat premium, dan sebagian besar pengguna tidak mampu membayar biayanya.

Kecepatan kompresi dan dekompresi WinRAR dapat bervariasi tergantung pada kemampuan mesin. Selain itu, Anda mungkin mengalami kesulitan yang signifikan ketika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan saat bekerja dengan kendala perangkat keras.

Saat bekerja dengan WinRAR, menangani beberapa sumber daya perangkat keras komputer dapat menjadi tantangan. Selain itu, beroperasi dengan tiga atau empat arsip pada saat yang sama dapat menjadi sedikit berlebihan untuk komputer yang lebih lambat.

Jadi, jika Anda memerlukan perangkat lunak kompresi-dekompresi tetapi menemukan bahwa WinRAR tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, alternatif WinRAR gratis yang paling dapat diterima patut dipertimbangkan.

Dengan banyak alat kompresi file di luar sana, memilih salah satu yang memenuhi kebutuhan Anda dapat menjadi tantangan, jadi, kami membuat panduan ini untuk membuat seluruh proses menjadi mudah.

Alternatif WinRAR Gratis

1. PeaZip

PeaZip adalah alternatif yang berharga untuk WinRAR. Untuk berbagai format output, termasuk PEA, ARC, ZIP, dan 7Z, aplikasi PeaZip dapat membuat arsip yang dilindungi kata sandi menggunakan enkripsi AES 256-bit.

Fitur penjadwalan PeaZip memudahkan untuk menjadwalkan arsip file menggunakan Penjadwal Tugas Windows. Pengguna dapat dengan mudah mencadangkan file ke drive lain yang terkait dan program mengompres file dengan cepat untuk menghemat ruang pada hard drive.

PeaZip adalah program kecil yang memungkinkan Anda untuk membuka dan menghasilkan file terkompresi. Pengelola kata sandi adalah salah satu fitur terbaik perangkat lunak, memungkinkan Anda membuat kata sandi utama untuk semua file.

Aplikasi ini memiliki alat kompresi, memungkinkan Anda untuk membuka dan mengompres lebih dari 150 jenis file yang berbeda. 7Z, ARC, dan BZip2 adalah beberapa format yang didukung oleh program ini.

PeaZip lebih dari cukup dalam hal ukuran file dan kinerja. Ini hanya menggunakan 10MB ruang penyimpanan komputer Anda sehingga dapat berjalan di mesin dan laptop yang lebih lama.

Selain itu, program ini memiliki kecepatan pemrosesan yang lebih cepat untuk jenis file yang berbeda dari WinRAR. PeaZip memungkinkan otentikasi dua faktor untuk tujuan keamanan, tidak seperti WinRAR, yang tidak memiliki fitur keamanan yang luar biasa ini.

PeaZip menyertakan fitur konversi arsip, penghapusan aman setelah pengarsipan, antarmuka sederhana untuk membangun tata letak arsip, dan kemampuan untuk melihat, mengubah, dan menyimpan baris perintah untuk suatu tugas.

Dibandingkan dengan WinRAR, PeaZip juga dapat mengedit arsip RAR yang tersedia, menambah atau menghapus file, dan memodifikasi file yang ada di dalam arsip, berkat backend Rar.exe.

2. 7-Zip

7-Zip adalah program lintas platform yang memungkinkan Anda mengompres dan mendekompresi file dengan mudah. Alat sumber terbuka ini gratis untuk diunduh dan digunakan, dan memberi Anda banyak keserbagunaan.

Program ini, seperti WinRAR, dirancang untuk membuat dan membuka arsip, sehingga Anda dapat mempercayainya untuk menangani arsip apa pun. 7-Zip dikatakan memberikan kompresi 10% lebih besar daripada perangkat lunak WinRAR.

7-Zip lebih disukai daripada WinRAR karena mendukung lebih banyak format file, lebih mudah digunakan, dan mengintegrasikan konteks klik kanan. Perangkat lunak ini juga dapat digunakan untuk membuka file RAR.

Mengompresi file dapat membantu Anda menghemat ruang pada hard drive Anda sekaligus membuatnya lebih mudah untuk dipindahkan. Jika Anda ingin cepat zip atau unzip sebagian besar format file terkompresi, termasuk 7z, GZIP, TAR, ZIP, RAR, dan lain-lain, 7-Zip adalah semua yang Anda butuhkan. Ini kompatibel dengan sistem operasi Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Tidak seperti WinRAR, yang memerlukan biaya lisensi, 7-Zip adalah perangkat lunak open-source yang gratis untuk digunakan. Apa lagi yang bisa dilakukan program ini? Saat Anda mengompres folder ke format 7-Zip menggunakan program ini, Anda akan mendapatkan kompresi hingga 70 persen.

Mengompresi file dapat membantu Anda menghemat ruang pada hard drive Anda sekaligus membuatnya lebih mudah untuk dipindahkan. Program ini akan memampatkan file Anda dan menyimpannya sebagai arsip 7-Zip.

7-Zip hadir dalam format sistem yang mendukung kompresi yang lebih mudah. Anehnya, perangkat lunak dan platform lain sekarang mendukung format ini.

Akhirnya, 7-Zip sangat ringan, dengan berat kurang dari 1MB. Selain itu, ia menggunakan sumber daya sistem daripada mengimpor bahan eksternal, yang memperlambat mesin Anda.

Jika Anda mencari alternatif WinRAR gratis untuk Mac OS, 7-Zip memiliki setara WinRAR yang disebut Keka, 7-Zip resmi untuk Mac.

3. B1 Free Archiver

Jika Anda menginginkan utilitas luar biasa dengan fitur dasar, B1 Free Archiver adalah program untuk Anda. Aplikasi ini bekerja dengan baik dengan berbagai sistem operasi, termasuk Linux dan Windows, tidak seperti WinRAR, yang hanya bekerja pada Windows.

Ini juga berfungsi dengan benar di Android sehingga Anda dapat menginstalnya di perangkat seluler Anda. B1 Free Archiver dapat membuka format arsip yang paling umum, termasuk B1, 7Z, ZIP, RAR, GZIP, BZ2, GZ, TAR, dan ISO. Selain itu, dapat membuat arsip .b1 dan .zip.

Di sisi lain, WinRAR hanya mendukung file ZIP, RAR, 7Z, CAB, LZH, ZIPX, ISO, TAR, XZ, BZ2, GZiP, Z, UUE, GZ, 001, ARJ, dan JAR.

Aplikasi ini juga membuat arsip terpisah, yang terdiri dari banyak bagian dengan berbagai ukuran dan arsip yang diaktifkan kata sandi yang dienkripsi menggunakan metode AES 256-bit yang andal.

Dengan program ini, privasi Anda dijamin karena tidak mengumpulkan informasi pribadi. Selain itu, itu tidak membawa perangkat lunak berbahaya ke PC Anda .

B1 Free Archiver mendukung pengarsip online dan offline untuk kenyamanan maksimal. Selain itu, alat ini 100% gratis dibandingkan dengan WinRAR yang mahal.

Seolah itu belum cukup, program ini dapat digunakan di komputer manapun, dan lebih mudah digunakan tanpa panduan atau manual yang lengkap. Alat ini juga bekerja pada kecepatan yang sangat tinggi dengan arsip yang luas dan banyak file.

4. Zipware

Zipware membuat kompresi dan dekompresi menjadi lebih mudah dan efisien. Antarmuka yang ramah pengguna lebih baik daripada WinRAR, membuat Zipware cocok untuk pemula.

Ini berisi tombol yang cerah dan berwarna-warni dengan semua pengaturan yang Anda perlukan. Fakta bahwa program ini sepenuhnya gratis untuk diunduh dan digunakan, dibandingkan dengan WinRAR, sangat luar biasa.

Zipware kompatibel dengan berbagai format arsip, termasuk rar, rar5, dan 7zip. Ini juga berfungsi dengan format arsip Linux seperti tar dan gzip.

Program ini dibuat untuk memberikan kinerja yang konsisten dan cepat, memungkinkan Anda bekerja dengan arsip ekstensif secara efisien. Untungnya, Zipware adalah program ringan dengan ukuran file hanya 3.0MB.

Zipware lebih aman daripada Winrar. Tidak seperti WinRAR, yang meminta penginstalan perangkat lunak antivirus, Zipware dapat memindai virus secara otomatis. Elemen sorot membantu Anda menjaga komputer Anda tetap sehat dan bebas dari virus.

Aplikasi ini adalah kabar baik bagi pengguna Windows karena dibuat khusus untuk platform ini. Yang mengatakan, pastikan PC Anda menjalankan Windows XP atau lebih tinggi.

Membandingkan alat ini dengan WinRAR, tentu patut dicoba karena mencakup beberapa fitur keamanan dan penyesuaian yang bermanfaat. Belum lagi, ini sangat cepat dan andal.

5. Hamster Zip Archiver

Untuk sistem Windows, Hamster Zip Archiver adalah salah satu alternatif WinRAR teratas. Hamster Zip Archiver adalah aplikasi kompresi dan pengarsipan file yang kuat dan mudah digunakan untuk sistem operasi Windows.

Ini berisi fitur-fitur seperti tingkat kompresi yang berbeda, perlindungan kata sandi untuk file dan folder yang diarsipkan, dan bahkan pemisahan file untuk kompresi data.

Untuk menawarkan hasil yang paling menyenangkan, pengarsip yang tangguh ini menggunakan seluruh sumber daya komputer Anda. Ini menggunakan algoritma ‘Very Fast Zip’ yang diperbarui untuk membuat zip dan mengarsipkan file, mencapai perpaduan yang baik antara penghematan ruang penyimpanan dan penghematan waktu. Ini adalah fitur yang tidak akan Anda temukan di WinRAR.

Program ini memiliki desain yang sederhana dan navigasi yang lebih ramah pengguna daripada WinRAR. Hamster Zip Archiver menghadirkan banyak fitur untuk meningkatkan pengalaman kompres-dekompresi Anda.

Umumnya, Hamster Zip Archiver adalah alat gratis yang berguna untuk diunduh, terutama jika Anda tidak ingin menggunakan uang Anda di WinRAR.

6. The Unarchiver

Unarchiver adalah perangkat lunak dekompresi data freeware berpemilik yang mendukung lebih banyak format daripada program pengurai arsip bawaan Mac, WinRAR (sebelumnya dikenal sebagai “BOMArchiveHelper).

Itu juga dapat menangani nama file dengan pengkodean karakter berbeda yang dihasilkan dengan sistem operasi yang mendukung pengkodean tersebut. Mac OS X Lion atau yang lebih baru diperlukan untuk versi terbaru.

Program baris perintah terkait, Unar, dan lsar adalah perangkat lunak gratis (gratis) yang dilisensikan di bawah LGPL dan berjalan di Microsoft Windows, Linux, dan MacOS.

Tidak seperti WinRAR, kemampuan Unarchiver untuk mendukung berbagai format kuno, seperti StuffIt, gambar disk AmigaOS, dan arsip LZH / LZX, adalah fitur penting.

Dan tidak seperti WinRAR, yang hanya mendukung Windows, Unarchiver bekerja dengan sistem operasi Windows dan Mac, membuatnya lebih fleksibel.

Dikreditkan dalam kode sumber adalah penggunaan libxad, perpustakaan format file Amiga. Agren juga merekayasa balik format StuffIt dan StuffIt X berpemilik, dan kodenya adalah salah satu implementasi open-source paling menyeluruh dari format ini.

7. Ashampoo Zip

Saat mencari alternatif WinRAR, Ashampoo Zip harus dipertimbangkan. Dibandingkan dengan WinRAR, program kompresi kecil dan kuat ini dapat membuat dan mengekstrak arsip dalam lebih dari 60 format berbeda, termasuk arc, rar, zip, xpi, dan banyak lainnya.

Dengan kemampuan multi-core untuk pemrosesan yang lebih cepat, perangkat lunak ini dikenal dengan kinerjanya yang cepat dan stabil yang lebih baik daripada Winrar. Untungnya, mesin ZIP sangat ideal untuk pemula dan pengguna tingkat lanjut.

Ashampoo ZIP Free mendukung standar AES 256 bit untuk enkripsi arsip. File individu dalam arsip dapat dilindungi kata sandi sementara sisa arsip dibiarkan tidak terlindungi, atau seluruh arsip dapat dilindungi kata sandi.

Untuk Windows 7 dan Windows 8, Ashampoo ZIP Free menawarkan fitur yang mudah digunakan seperti daftar lompatan dan tampilan kemajuan pada ikon bilah tugas.

Antarmuka pengguna berbasis ubin, mirip dengan Windows 8, dan menyediakan akses mudah ke semua fungsi vital. File juga dapat disesuaikan untuk kustomisasi, seperti di Windows 8.

Ini tidak hanya memiliki fungsi standar seperti membuka dan menghasilkan arsip, tetapi juga dapat membuat file yang mengekstraksi sendiri. Itu dapat memperbaiki arsip yang rusak, yang merupakan fitur luar biasa yang tidak dimiliki WinRAR.

Versi terbaru memiliki browser cloud yang memudahkan untuk mentransfer file ke layanan seperti Google Drive, One Drive, dan Dropbox. Opsi pratinjau adalah fitur fantastis lain yang disediakan oleh Ashampoo Zip.

Ini memungkinkan Anda melihat pratinjau file arsip tanpa harus mengekstraknya ke komputer Anda, dan ini hanya berfungsi untuk lima file pertama.

Kecepatan cepat, dukungan layar 4K, dan tidak ada perangkat lunak tambahan merupakan aspek yang lebih menonjol. Secara umum, Ashampoo Zip adalah alat kompresi yang sangat baik dibandingkan dengan WinRAR.

8. Bandizip

Apakah Anda mencari alat kompresi file yang akan membantu menjaga perangkat Anda lebih aman? Bandizip mungkin merupakan pilihan yang sangat baik untuk diunduh, dan ini adalah salah satu pengganti WinRAR yang paling fantastis.

Alat ini memungkinkan Anda untuk memindai virus sebelum membuka, memastikan keamanan file untuk menyelamatkan mesin Anda dari infeksi. Ini membuatnya lebih baik daripada WinRAR, yang tidak secara otomatis memindai virus.

Bandizip adalah pengarsip kompresi, dekompresi, penelusuran, dan pengeditan semua dalam satu paket. Ia juga menawarkan ekstraksi untuk lebih dari 30 format seperti RAR5, RAR, 7Z, dan ZIP dibandingkan dengan WinRAR, yang hanya mendukung beberapa format file ZIP, RAR, 7Z, CAB, LZH, ZIPX, ISO, TAR, XZ, BZ2, File GZiP, Z, UUE, GZ, 001, ARJ, dan JAR.

Alat ini memampatkan arsip dengan multi-volume dan kata sandi. Selain itu, dengan bantuan multi-core, kompresi cepat berlangsung dengan cepat.

Aplikasi ini menarik dan memberikan kecepatan pemrosesan secepat kilat. Bandizip gratis dibandingkan dengan WinRAR, yang merupakan alat premium.

9. ExtractNow

ExtractNow dapat digunakan sebagai pengganti WinRAR oleh pengguna Windows yang berpengalaman. Ini karena program ini kompatibel dengan Windows 98 dan versi Windows yang lebih baru. Anda harus memeriksa versi Windows Anda sebelum mengunduhnya.

Alat ini sepenuhnya gratis, dan tidak ada versi berbayar yang tersedia. Namun, itu mengompres dan mendekompresi file dan folder dengan cukup baik.

Aplikasi ini juga memungkinkan pencarian di seluruh folder untuk arsip. Tidak seperti WinRAR, ExtractNow melacak direktori arsip dan mengekstraknya secara otomatis.

Alat ini mengecualikan daftar file yang tidak boleh diekstraksi. Itu juga melakukan integrasi dengan Windows Explorer melalui asosiasi tipe file dan menu konteks.

Pemrograman Lua dalam perangkat lunak digunakan untuk memungkinkan kustomisasi ekstensif. Perangkat lunak ini juga memberikan dukungan untuk antarmuka pengguna multibahasa.

ExtractNow adalah pilihan yang sangat baik untuk pelajar karena desainnya yang bersih, lugas, dan sederhana. Program ini mendukung format ZIP yang paling umum.

Anda hanya perlu mengompres file dengan drag and drop file dan biarkan program menangani sisanya. Atau, Anda dapat mengklik kanan file di Explorer dan memilih ExtractNow dari menu konteks.

Program ini memiliki banyak hal indah untuk ditawarkan. Ini tidak hanya mendukung berbagai file ZIP tetapi juga memiliki beberapa fungsi yang berharga.

Program ini memungkinkan Anda untuk membuat folder otomatis di mana semua file yang diekstrak akan disimpan. Atau, Anda dapat memilih jalur secara manual.

10. BreeZip

BreeZip adalah pengarsipan yang kuat dengan kecepatan pemrosesan yang sangat cepat. Ini memungkinkan Anda membuka, melihat, menelusuri, dan mengekstrak file arsip.

Anda cukup membuat arsip menggunakan GUI, yang terlihat seperti penjelajah file, dan membuat arsip yang dilindungi kata sandi.

BreeZip adalah alternatif yang sangat baik untuk WinRAR jika Anda bekerja dengan format arsip populer. Program ini mendukung format kompresi populer, termasuk tar, rar, gzip, 7 zip, dan zip.

Tidak hanya itu. BreeZip juga bekerja pada kecepatan pemrosesan yang lebih cepat daripada WinRAR.

Aplikasi ini juga mengekstrak file arsip dengan mulus. Alat ini juga mengelola dan membuka ritsleting file terkompresi. BreeZip hadir dengan banyak utilitas untuk membuat kompresi dan dekompresi tanpa kerumitan.

Selain memproduksi dan membuka file arsip, program ini memiliki fitur lain seperti browsing, melihat, dan mengekstrak file.

BreeZip dapat membuka format RAR dan mengonversi RAR ke ZIP. Saat Anda membuka arsip BreeZip, konten akan ditampilkan. Ini memungkinkan Anda untuk memilih file dan folder yang ingin Anda ekstrak.

By arcfree